Olahraga

Hobby Memasak Bisa Jaga Kesehatan Mental dan Kebahagiaan Lansia

5 menit baca
Resize 2496x1404Hobby Memasak Bisa Jaga Kesehatan Mental dan Kebahagiaan Lansia

Salah satu tanda yang bisa terlihat ketika seseorang memasuki usia lanjut adalah berkurang tingkat keaktifannya. Hal ini disebabkan karena secara alamiah saat seseorang memasuki usia lanjut akan mengalami penurunan kondisi fisik dan stamina. Selain itu, kondisi kesehatan juga dapat menjadi penyebab yang membuat seseorang menjadi kurang aktif di usia tua.
 
Padahal dengan melakukan kegiatan, Kesayangan bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga lansia agar tetap produktif dan berani lebih percaya diri. Cara yang mudah untuk membuat Kesayangan tetap aktif di usia tua adalah dengan menjalankan hobi atau kegiatan ringan yang menyenangkan, seperti memasak. Baik Kesayangan pria atau wanita, memasak tak hanya membuat mereka lebih aktif namun juga percaya diri.



Menyenangkan dan Bermanfaat, Ajak Kesayangan Agar Coba Memasak!

Kegiatan memasak sebagai hobi atau aktivitas yang dilakukan oleh Kesayangan tentunya baik dilakukan. Di masa yang serba cepat, membuat makanan sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan makanan yang higienis dan sehat. Selain itu, bergerak saat memasak juga memiliki manfaat untuk menjaga kelenturan dan stamina Kesayangan. Hobi yang satu ini pun bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan mental Kesayangan.
 
Apa aja ya kira-kira manfaat yang bisa Kesayangan dapatkan dengan melakukan kegiatan atau hobi yang mudah dan menyenangkan ini? Simak penjelasannya di bawah ini:
 
1. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika Kesayangan dapat membuat sebuah resep baru, tentu dirinya akan merasa bahagia dan lebih pede. Selain itu jika makanan yang dibuat oleh Kesayangan mendapat pujian dari Caring People atau orang-orang yang dekat, hal tersebut bisa menjadi dukungan dan motivasi untuk Kesayangan agar berani lebih pede dengan hobi atau kegiatan memasaknya. Caring People bisa membantu Kesayangan dengan memberikan buku resep masakan kesukaannya.
 
2. Menjadi mood booster

Aroma bumbu-bumbu yang digunakan ketika memasak bisa berguna sebagai penenang pikiran dan mood booster bagi Kesayangan. Sementara itu dengan melihat kombinasi warna yang beragam saat memasak bisa menjadi cara untuk menenangkan diri bagi Kesayangan atau semacam terapi mini untuk menjaga suasana hatinya.

Baca Juga: Pintar Memilih Makanan Supaya Kesayangan Tetap Sehat
 
3. Menjaga fungsi kognitif

Memasak adalah hobi atau kegiatan yang menuntut orang yang melakukannya dengan lebih aktif. Memotong, mengolah, mengaduk hingga berpindah ketika memasukkan bahan dari tempat penyimpanan ke tungku, semuanya menuntut gerakan dan aktivitas fisik. Hal ini tentunya baik untuk Kesayangan karena bisa membantu mencegah penurunan fungsi kognitif.
 
4. Mengasah kreativitas

Memasak itu adalah kegiatan dan hobi yang dapat mengasah kretivitas. Mencampur bumbu, memperhatikan tekstur bahan dan menghias makanan yang telah jadi membutuhkan sisi imajinatif dan kreativitas Kesayangan. Ketika mendapatkan sebuah resep baru, Kesayangan dapat membuat kreasi yang ada sehingga resep tersebut terasa lebih personal dengan manambahkan atau mengganti bahan. Tentunya, hal tersebut membutuhkan sebuah pengetahuan tersendiri serta sisi kreatif dari Kesayangan.
 
5. Melatih fokus dan kesabaran

Kegiatan atau hobi menyenangkan yang satu ini bisa melatih fokus, konsentrasi dan kesabaran Kesayangan. Saat memasak, Kesayangan harus memerhatikan setiap detil hal yang dilakukan agar masakan atau resep yang dibuat berhasil. Kemudian, memasak dapat melatih kesabaran Kesayangan, karena tiap masakan bahkan bahan baku memiliki waktu pengolahan yang berbeda-beda.



Hobi Memasak Mampu Menjaga Kesehatan Kesayangan

Mungkin hal ini jarang disadari, tetapi ternyata memasak adalah sebuah kegiatan atau hobi yang punya banyak sekali manfaat seperti kesehatan Kesayangan. Untuk itu, tidak ada salahnya Caring People meluangkan waktu untuk ikut serta memasak bersama Kesayangan.

Baca Juga: Berkarya di Usia Senja? Yuk Ikuti Tips Agar Kesayangan Tetap Aktif dan Percaya Diri
 
Memasak mampu mencegah Alzheimer hingga menjadi sebuah sarana pengembangan diri. Tetapi terkadang masih ada Kesayangan yang enggan melakukan hobi atau kegiatan tersebut karena terhalang kondisi kesehatan tertentu, misalnya inkontinensia urine.
 
Jika inkontinensia urine masih menjadi alasan utama Kesayangan masih enggan melakukan aktivitas, berikan Confidence Pants sebagai solusi agar Kesayangan bisa berani lebih pede beraktivitas dan melakukan hobinya. Confidence Pants memiliki penyerapan hingga 6x lebih banyak, agar menjaga Kesayangan tetap kering sepanjang hari.
 
Dengan bahan Lycra, Confidence Pants elastis dan pas dibadan sehingga Kesayangan bebas bergerak aktif. Dilengkapi dengan SAP antibacteria aman digunakan seharian dan bisa mengurangi risiko iritasi akibat jamur dan kuman di area sensitif kesayangan.