Travel

7 Tips Ibadah Haji Nyaman Meski dengan Inkontinensia Urin

5 menit baca

Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang paling dinantikan umat Islam di dunia. Bahkan untuk melakukannya harus menunggu giliran sekian tahun lamanya hingga berkesempatan untuk berangkat ke tanah suci. Tak jarang Kesayangan baru berkesempatan melakukan ibadah haji di usia lanjut.

Jika Kesayangan menderita inkontinensia urin, tentu masih diperbolehkan untuk melakukan ibadah haji. Seperti Fatwa MUI nomor 16999 yang menjelaskan bahwa seseorang dengan inkontinensia urin yang sedang berihram dapat menggunakan celana pendek atau popok dewasa untuk menjaga tubuh dan pakaiannya saat berkemih.

Simak beberapa tips berikut ini agar Kesayangan dengan inkontinensia urin merasa nyaman selama ibadah haji.

1.  Persiapkan Fisik Tetap Fit

Ibadah haji cukup menguras stamina fisik sehingga penting untuk berlatih dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin agar tubuh terbiasa. Hal ini akan sangat membantu kondisi fisik Kesayangan tetap fit selama menjalankan ibadah haji.

Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari selama 3 - 5 kali dalam seminggu. Sebaiknya mulai berlatih minimal 6 bulan sebelum keberangkatan agar tubuh benar-benar siap dan telah terbiasa. Jika Kesayangan memiliki masalah kesehatan, konsultasikan dulu pada dokter tentang latihan fisik apa yang tepat.

2.  Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat sangat membantu Kesayangan agar tetap fit selama menjalankan ibadah haji nantinya. Pastikan Kesayangan makan makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta pastikan kebutuhan protein juga tercukupi. Konsumsi suplemen jika perlu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh Kesayangan.

Selain makanan sehat, penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum air putih yang cukup. Hindari minuman berwarna dan mengandung kafein seperti teh, kopi, cokelat dan soda.

3.  Rutin Lakukan Senam Otot Dasar Panggul atau Senam Kegel

Senam kegel atau senam otot dasar panggul bermanfaat untuk membantu memperkuat sfingter urine dan otot-otot dasar panggul, yaitu otot yang membantu mengontrol buang air kecil. Lakukan senam kegel 4 - 6 kali sehari sebanyak 3 set dengan 10 hingga 15 kali repetisi.

4. Periksa Kondisi Kesehatan secara Rutin

Selain menjaga pola hidup yang sehat sebagai persiapan, memeriksakan kondisi kesehatan Kesayangan secara rutin sebelum keberangkatan juga sangat diperlukan. Apalagi jika Kesayangan memiliki penyakit tertentu yang perlu dikonsultasikan kepada dokter. Jangan lupa minum obat sesuai anjuran dokter jika diperlukan.

5. Waktu Tidur Cukup

Memenuhi waktu istirahat yang cukup akan sangat berpengaruh pada kondisi kebugaran tubuh. Pastikan Kesayangan mendapatkan tidur berkualitas dan terpenuhi secara kuantitas sebanyak 7 - 8 jam per hari. Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih segar dan berstamina.

6. Gunakan Popok Dewasa Berkualitas

Kesayangan dengan inkontinensia urin adalah jemaah haji dengan kondisi khusus yang membutuhkan kenyamanan ekstra. Salah satu solusinya adalah memilih popok yang tepat dan berkualitas. Confidence merupakan pilihan popok dewasa berkualitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan Kesayangan.

Gunakan Confidence popok celana untuk Kesayangan yang aktif agar lebih nyaman bergerak selama beribadah. Confidence popok celana Heavy Flow memiliki daya serap ekstra agar tak perlu takut bocor saat beribadah.

Confidence popok celana Heavy Flow juga berbahan Lycra yang elastis sehingga pas di badan dan mengikuti bentuk tubuh seperti memakai celana dalam biasa. Selain itu, Kesayangan tidak perlu khawatir alami pertumbuhan bakteri dan jamur di sekitar area sensitif karena adanya SAP antibakteri.

7.  Positive Thinking dan Enjoy aja!

Terakhir, jangan lupa memotivasi Kesayangan untuk tetap positive thinking dan menikmati setiap proses ibadah agar merasa tidak terbebani sehingga lebih percaya diri. Gak perlu lagi deh overthinking karena inkontinensia urin, percayakan solusinya dengan Confidence.

Jadi, sudah siapkah Kesayanganmu menjalankan ibadah haji tahun ini? Semoga ibadahnya lancar dan menjadi haji mabrur ya!


Referensi :
Halodoc - Idap Inkontinensia Urin, Ini Cara Mengatasinya
Kemenag RI - Tip Nyaman dan Aman di Pesawat Selama Perjalanan Haji
KlikDokter - Menahan Kencing Saat Ibadah Haji Bisa Picu 5 Penyakit Ini
Bisnis.com - Banyak Jemaah Haji Usia Lanjut, Ini Tips Jaga Kebugaran Dari Menteri Kesehatan