Olahraga

Tetap Berkarya di Hari Tua, 8 Rekomendasi Ide Bisnis untuk Kesayangan

5 menit baca

Bukan tak mungkin Kesayangan dapat bekerja setelah pensiun. Selain tetap memperoleh penghasilan, Kesayangan juga dapat bugar karena tubuh dan pikirannya masih aktif digunakan. Bahkan, Kesayangan memiliki keuntungan karena studi mengatakan bahwa puncak dari kecerdasan emosional terjadi setelah usia 60 tahun seperti yang dijelaskan oleh psikolog Professor Robert Levenson dari University of California di Berkeley.

Ketika memasuki usia lanjut memang peluang bisnis yang bisa dilakukan tidak sebanyak saat usia produktif. Beberapa faktor yang dipertimbangkan yaitu fleksibilitas, keterbatasan dana, risiko dan tenaga. Namun bukan berarti tidak ada peluang bisnis yang menjanjikan meski dimulai dari usia senja.

Ide bisnis yang paling mudah untuk dilakukan Kesayangan lebih banyak didominasi oleh layanan jasa. Apalagi untuk Kesayangan yang memiliki keterampilan tinggi dan pengalaman saat di usia produktifnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi ide bisnis yang cocok untuk Kesayangan.

Jasa konsultasi

Konsultasi adalah salah satu bisnis favorit di kalangan pensiunan. Setelah puluhan tahun mengembangkan keahlian dalam karir saat usia produktif, kini waktunya menyusun jam sesuai dengan tarif yang diberlakukan sendiri. Selain itu, ilmu yang didapatkan dari pengalaman dapat dihargai lebih tinggi daripada sekedar teori.

Menurut American Economic Journal, 60 persen orang Amerika berusia 60 dan 70-an akan kembali bekerja dengan jadwal yang lebih fleksibel. Salah satunya untuk mengembangkan bisnis konsultasi. Konsultasi adalah peluang bagus terutama di bidang keuangan, hukum, manajemen bisnis, SDM, pemasaran dan kedokteran.

Kerajinan Tangan

Kerajinan menjadi usaha yang cocok bagi pensiunan yang memiliki hobi untuk mengisi waktu dan uang tambahan. Banyak Kesayangan yang mulai memiliki hobi baru setelah memasuki masa pensiun seperti melukis, merajut, dan lainnya. Hal ini bisa menjadi nilai tambah untuk diperjualbelikan. Sambil menikmati hobi, dapat juga menghasilkan uang.

Perawatan hewan peliharaan

Semakin bertambahnya usia, Kesayangan memiliki rasa empati yang lebih besar. Untuk Kesayangan yang memiliki kecintaan dengan hewan, hal ini juga dapat menjadi peluang usaha. Apalagi kepemilikan hewan peliharaan semakin meningkat selama dekade terakhir.

Kesayangan dapat membuka jasa salon hewan peliharaan, penitipan hewan dan lainnya. Jasa ini cocok untuk Kesayangan, utamanya yang tinggal diperkotaan dengan tingkat kesibukan tinggi.

Agrobisnis

Berkebun telah menjadi hobi para pensiunan. Apalagi tanaman kembali booming saat pandemi. Hal ini menarik karena sebagian besar orang kesulitan menanam tanaman dari biji sehingga memilih membeli tanaman yang sudah tumbuh. Merawat tanaman juga butuh pengetahuan dan keterampilan.

Beberapa tanaman yang paling sering dicari seperti adenium, aglaonema, euphorbia, anturium, anggrek, begonia, bonsai, keladi hias dan palem-paleman. Bisnis ini juga dapat menjadi bisnis rumahan yang dapat dipasarkan secara offline maupun online.

Investasi perumahan

Real estate adalah jenis investasi yang berkaitan dengan bisnis properti yang mencakup rumah, kos, apartemen, gedung dan bangunan lain. Jika Kesayangan memiliki cukup modal atau aset properti, bisnis ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan sumber arus kas yang stabil.

Pilihan ide yang dapat dilakukan selain menyewakan rumah (kontrak) atau kos-kosan, saat ini juga sedang marak membutuhkan home studio untuk shooting. Properti dapat direnovasi bagian interiornya agar lebih kekinian, kemudian disewakan per jam atau harian.

Tidak harus memiliki bangunan terpisah, beberapa Kesayangan memulainya dari rumah yang ditinggali dengan menyewakan kamar melalui beberapa aplikasi. Banyak pensiunan mempertimbangkan perampingan rumah setelah anak-anak tumbuh dewasa dan meninggalkan rumah.

Waralaba

Waralaba telah populer di kalangan pemilik usaha kecil untuk waktu yang lama. Meski harus membayar biaya awal waralaba dan royalti secara berulang, Kesayangan akan tetap mendapatkan panduan cara memulai bisnis.

Sebaiknya memilih waralaba yang sudah memiliki akreditasi baik dan mendatangkan pelanggan secara otomatis. Adanya layanan pesan antar melalui aplikasi jasa kirim juga dapat dipertimbangkan untuk memiliki waralaba yang dapat dimulai dari rumah.

Bimbingan Akademik

Bimbingan belajar adalah usaha yang bagus khususnya bagi Kesayangan yang memiliki keahlian khusus. Pensiunan guru sekolah dapat membuka bimbingan belajar rumahan berdasarkan bidang yang ditekuni. Positifnya, bisnis ini dapat dilakukan tanpa tekanan dari manajemen kelas dan administrasi sekolah.

Bagi Kesayangan yang memiliki keahlian tinggi seperti di bidang keuangan, hukum, atau ilmu lainnya dapat membuka jasa bimbingan untuk para mahasiswa. Mengingat kursus khusus mahasiswa lebih jarang ditemukan dibandingkan kursus murid sekolah.

Tidak harus dilakukan secara offline, dengan adanya kemajuan teknologi jasa ini juga dapat dilakukan secara online agar lebih praktis. Persiapan tes untuk masuk perguruan tinggi atau tes profesional lainnya membutuhkan tutor dengan pengalaman daripada sekedar teori.

Menulis

Tidak hanya menyampaikan ilmu melalui tutor, Kesayangan yang memiliki hobi menulis juga dapat menyampaikan ilmunya dengan tulisan. Dapat berupa artikel, buku maupun kontributor pada situs online. Banyak redaksi yang membuka lowongan untuk pekerja lepas menjadi copywriter atau kontributor tulisan.

Pengalaman yang dimiliki Kesayangan dapat menjadi ilmu bernilai tinggi dan memiliki sudut pandang yang menarik jika disampaikan dalam publikasi tulisan. Selain itu, menjadi penulis juga lebih fleksibel serta Kesayangan tetap mempelajari topik-topik baru.

Jadi, sudah mempertimbangkan ide bisnis apa yang cocok untuk Kesayangan? Selalu dukung Kesayangan tetap aktif dan pede dengan Confidence. Kini Confidence hadir dalam kemasan