Olahraga

Olahraga yang Pas untuk Kesayangan Pengidap Penyakit Jantung

5 menit baca

Mungkin Caring People bertanya-tanya, apakah boleh jika Kesayangan dengan mengidap penyakit jantung melakukan aktivitas olahraga? Ya, sebenarnya diperbolehkan namun tetap dalam pengawasan dan pilih olahraga yang dianjurkan. Karena pada dasarnya olahraga itu punya banyak manfaatnya, salah satunya membantu membuka ruang jantung makin lebar sehingga organ ini dapat memompa lebih banyak darah. 

Tidak hanya itu dengan olahraga, dinding jantung yang makin tebal membuatnya mampu memompa darah dengan lebih kuat dan menguatkan otot-otot jantung. Tapi tidak semua olahraga diperbolehkan ya Caring People, ada beberapa olahraga yang pas buat orang dengan penyakit jantung.  

1. Jalan santai

Mungkin cara ini sangat mudah dilakukan ya Caring People, cukup ajak Kesayangan berjalan santai keliling komplek yang merupakan olahraga kardio yang tidak banyak membutuhkan tenaga, tetapi cukup efektif meningkatkan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Lakukan olahraga ini selama kurang lebih 30 menit atau 8 km per minggu.   

2. Tai Chi

Olahraga yang berasal dari negeri tirai bambu ini, memang cukup menarik untuk orang tua, karena olahraga ini termasuk kategori peregangan ringan dengan gerak lambat dan terfokus. Olahraga ini punya banyak manfaat salah satunya mengasah konsentrasi, mengendalikan pernafasan dan mengatur irama tubuh yang dapat meredakan stres. Tidak hanya itu, manfaat gerak lambat tai chi dapat menguatkan otot jantung.

3. Berenang

Berenang bisa jadi salah satu rekomendasi olahraga yang baik untuk Kesayangan yang mengidap penyakit jantung, karena renang salah satu olahraga low-impact terbaik. Olahraga air ini punya banyak manfaatnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah, membuat pernafasan jadi lebih baik, menormalkan detak jantung dan tekanan darah.

4. Yoga

Salah satu olahraga yang populer dengan teknik pernafasan dan meditasi ini telah terbukti memiliki efek positif terhadap peradangan, stres, sistem saraf otonom jantung, serta mencegah faktor risiko penyakit kardiovaskular. Yoga juga dipercaya mampu meningkatkan kesadaran untuk menerapkan gaya hidup sehat bagi pasien penyakit jantung. Tak hanya itu, yoga juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, bahkan mengendalikan denyut jantung serta tekanan darah.
 
Itu dia Caring People, olahraga-olahraga terbaik untuk Kesayangan dengan penyakit jantung, tetapi ada hal-hal yang harus diperhatikan ya, yaitu; jangan memaksakan orang tua untuk tetap olahraga jika dalam kondisi tidak enak badan, berhenti olahraga jika detak jantung terlalu cepat dan tidak beraturan, mulai dengan perlahan sesuaikan dengan kemampuan diri orang tua, hindari mandi dengan air dingin atau panas setelah olahraga, jangan olahraga jika di luar terlalu panas dan lembab. Dukung aktivitas olahraga di atas dengan nutrisi yang baik, banyak konsumsi air putih dan konsultasi kepada expert.
 
Agar supaya olahraga Kesayangan makin nyaman, berikan mereka Confidence Popok Celana Heavy Flow dengan daya serap hingga 6x dan daya tampung hingga 1200 cc, berbahan lycra sehingga elastis dan pas di badan, dan dilengkapi dengan SAP Anti Bakteria untuk menghindari ruam-ruam pada kulit. Confidence Popok Celana Heavy Flow akan membuat Kesayangan menjadi lebih aktif & percaya diri. 
 
Yuk jadikan orang tua kita tetap sehat dan bugar dengan olahraga dan tentunya dengan menggunakan popok dewasa berkualitas terbaik, yaitu Confidence. Selamat mencoba Caring People!

Referensi: 
https://jovee.id/olahraga-aman-untuk-penderita-jantung/