Olahraga

Jenis Olahraga Paling Aman untuk Senior

5 menit baca
Jenis Olahraga Paling Aman untuk Senior

Olahraga merupakan kegiatan yang memiliki dan memberikan begitu banyak energi positif yang sangat baik untuk tubuh serta kesehatan Anda, bukan hanya pada masa sekarang saja atau masa muda akan tetapi juga efek nantinya pada saat usia Anda mulai semakin bertambah tua. Oleh sebab itulah, setiap orang dari berbagai usia hampir setiap hari dianjurkan untuk berolahraga setidaknya dilakukan dengan durasi singkat dan dengan gerakan olahraga yang paling dasar serta yang paling mudah untuk dilakukan sendiri di sekitar rumah atau di dalam rumah sekalipun.

Memiliki tubuh yang ideal serta kesehatan yang terjaga dengan baik melalui olahraga tentu saja idaman dan keinginan semua orang, akan tetapi untuk bisa memiliki tubuh ideal serta kesehatan yang baik tentu saja membutuhkan pengorbanan dan juga ketekunan di dalam diri untuk bisa berolahraga dengan rutin dan rajin demi memiliki impian itu semua. Tidak sedikit dari orang-orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal dan juga kesehatan yang baik tetapi malah malas untuk berolahraga yang dikarenakan banyak faktor, terutama yang paling banyak adalah rasa malas berolahraga yang ada di dalam diri seseorang. Faktor tersebut tentu saja harus bisa untuk diatasi secepat mungkin, agar nantinya Anda tidak akan menyesal di kemudian hari pada masa tua nanti.

Untuk melakukan olahraga pada dasarnya tidak harus dengan pergi ke pusat olahraga yang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk penyewaan tempat dan juga peralatan olahraga yang nantinya akan Anda gunakan. Berolahraga dengan memanfaatkan lingkungan di sekitar rumah menjadi salah satu cara terbaik dan juga murah yang bisa Anda lakukan agar tetap memiliki tubuh yang sehat tetapi tanpa perlu takut dengan masalah biaya. Jenis olahraga lari menjadi yang sangat mudah untuk dilakukan, bisa dilakukan setiap pagi sebelum Anda melakukan aktivitas harian Anda, atau juga dilakukan di sore hari atau bahkan di malam hari.

Konsep FITT

Dalam menemani orang tua berolahraga, sebaiknya Anda mengetahui dulu konsep FITT (Frekuensi, Intensity, Time, Type) yang dapat membantu memilih waktu serta jenis olahraga untuk orang tua. Konsep FITT meliputi:

Frekuensi

Merupakan jumlah pengulangan latihan dalam jangka waktu tertentu, seperti misalnya 3 kali dalam seminggu.

Intensity

Adalah berat ringannya beban latihan yang diberikan. Intensitas yang diberikan kepada setiap tubuh diharuskan sesuai dengan kondisi dan kemampuan setiap tubuh yang mana berbeda-beda satu dan yang lainnya.

Time

Lama atau waktu latihan memiliki hubungan yang berbalik dengan intensitas latihan. Jika intensitas latihan berat, maka lama waktu latihan dipersingkat. Sementara jika intensitas latihan ringan, maka waktu yang dibutuhkan diperpanjang.

Type

Tipe latihan merupakan bentuk-bentuk latihan yang dilakukan. Tipe latihan bisa berupa latihan aerobik yaitu latihan yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung. Sedangkan latihan anaerobik merupakan latihan yang bertujuan untuk menjaga berat badan dan menambah massa otot.

Bagi para orang tua yang sudah cukup umur atau juga lansia, pastinya harus bisa untuk tetap menjaga kesehatan mereka dengan tetap melakukan olahraga. Tentu saja jenis olahraga yang akan dipilih dan dilakukan nantinya harus disesuaikan dengan usia dan juga kemampuan dari orang tua tersebut. Seperti halnya dengan jenis olahraga yang mana sangat tepat dan juga cocok untuk dilakukan oleh para orang tua di usia senja mereka, yang pastinya aman bagi tubuh mereka, seperti olahraga yoga, senam, zumba, jalan pagi, lari-lari santai di sekitar taman atau lingkungan rumah, aerobik yang khusus untuk orang tua, melakukan gerakan seperti peregangan kecil dari setiap bagian tubuh serta jenis olahraga kecil dan mudah lainnya yang bisa dilakukan oleh para orang tua.

Rekomendasi Olahraga untuk Orangtua

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai konsep FITT, berikut beberapa rekomendasi olahraga untuk orang tua Anda. Tentunya, Anda juga dapat terlibat dalam olahraga itu untuk menemani mereka.

Berjalan Kaki

Walaupun kelihatannya sederhana bagi anak muda, namun bagi orang tua berjalan kaki cukup menguras tenaga dan membakar kalori. Apabila olahraga ini dilakukan secara rutin maka resiko pikun atau demensia menjadi berkurang.

Berenang

Berenang memiliki manfaat untuk latihan pernapasan orang tua, latihan ini pada akhirnya akan memperkuat jantung. Bukan hanya itu berenang juga dapat mengatasi radang sendi.

Tai Chi

Senam Tai Chi berfungsi untuk melatih keseimbangan, meningkatkan kekuatan tubuh serta fleksibilitas orang tua.

Yoga

Melakukan yoga secara rutin dapat dapat membantu orang tua mengontrol emosi mereka. Gerakan yoga yang cukup lembut membuat orang tua juga cenderung terhindar dari cedera.

Bersepeda

Bagian bawah tubuh orang tua dapat menjadi lebih kuat karena mengayuh pedal sepeda. Bukan hanya itu, dengan bersepeda kinerja jantung juga mengalami peningkatan.

Beberapa olahraga tadi tentunya dapat juga Anda lakukan sembari menemani orang tua Anda berolahraga. Dengan menemani orang tua Anda berolahraga, orang tua menjadi lebih terkontrol karena olahraga yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan serta orang tua menjadi lebih aman karena mendapatkan pengawasan.

Memiliki tubuh yang sehat baik dari luar maupun juga dari dalam di usia tua atau lansia tentu saja hal yang sangat mahal yang mana tidak bisa untuk di ulang kembali, karena semua itu didapatkan dari masa muda yang harus bisa memilih dan mengatur pola serta gaya hidup yang sehat untuk masa depan diri saat tua nanti.

Usia muda adalah usia dimana harus sadar akan pentingnya untuk berolahraga yang juga harus ditunjang dengan pola hidup yang sehat seperti menjaga makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya, pergaulan yang sehat yang nantinya bisa membawa hal yang baik pada saat usia Anda tua sehingga bisa hidup dengan kesehatan yang baik.

Popok Dewasa Confidence memiliki dua tipe varian yang memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan penderita inkontinensia; Popok Dewasa Confidence tipe perekat dan Popok Dewasa Confidence tipe celana. Popok Dewasa Confidence tipe perekat kini hadir Pertama di Indonesia dengan 3 Inovasi Terbaru yang memberikan kenyamanan lebih untuk para pemakainya.

3 Inovasi tersebut adalah:

  1. Soft Breathable Cotton Care, bahan selembut kain yang bersirkulasi udara.
  2. Extract Aloe Vera, mengandung aloe vera yang membuat lembut sehingga terhindar dari iritasi.
  3. Durable Absorbent Core, memiliki daya serap ekstra cepat yang membuat permukaannya tetap kering.

Jadi, Ayo jaga orang tua Anda untuk Tetap aktif, tetap bersosialisasi, dan orangtua Anda akan tetap sehat!