Olahraga

Jalan-jalan Dapat Memperpanjang Umur Orang Tua

5 menit baca

Kesibukan kadang membuat kita melupakan segalanya, termasuk jarang berkomunikasi atau mengunjungi orang tua. Terlebih sibuk dengan pekerjaan dan mengurus keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, tetapi tahukah kamu ternyata jarangnya berkomunikasi atau mengunjungi orang tua bisa mengakibatkan kesepian yang menyebabkan penurunan fungsional fisik dan bahkan kematian dini. Pasalnya kesepian bisa menjadikan orang tua depresi yang menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Sebuah penelitian menunjukan 1,600 orang dengan lanjutan usia dengan umur rata-rata 71 tahun. Hasilnya mengungkapkan bahwa hampir 23 persen peserta yang merasa kesepian meninggal dalam waktu enam tahun penelitian. Di samping itu, sebanyak 43 persen orang tua di atas 60 tahun didapati merasa terisolasi. Riset ini memperlihatkan pentingnya keberadaan kita sebagai anaknya untuk selalu ada di sisinya. Untuk itu, lakukan beberapa hal di bawah agar orang tua tidak merasa kesepian; 

1. Hubungi orang tua secara rutin

Dengan cara menghubungi orang tua secara rutin dan tingkatkan frekuensinya, yang tadinya menelpon seminggu sekali jadi seminggu tiga kali. Hal itu, tentunya dapat membuat orang tua senang mendengar suara anaknya dan meningkatkan suasana hatinya.

2. Kunjungi orang tua sesering mungkin

Buat jadwal untuk mengunjungi orang tua, minimal dua minggu sekali karena dengan anaknya berkunjung atau sekedar memeluk orang tua dapat meningkatkan oksitosin dalam tubuh yang bisa menimbulkan perasaan bahagia, nyaman dan tenang. 

3. Ajak orang tua jalan-jalan

Bersenang-senang dengan orang tua menjadi salah satu tips membahagiakan orang tua, contohnya menonton konser, piknik ke taman atau pergi makan ke restoran. 

4. Kenalkan dengan komunitas yang ada di lingkungan rumah

Mengenalkan dan ajak orang tua bergabung dengan komunitas yang ada di lingkungan rumah seperti komunitas menari, membaca buku dan yang lainnya. Hal itu, akan membuat ia tidak merasa kesepian dan mempunyai aktivitas setiap harinya.
 
Wah, ternyata mengerikan ya Caring People dampak dari orang tua yang merasa kesepian, jadi jangan biarkan ia sendiri, selalu jalin komunikasi, berikan ia rasa sayang dari kita sebagai anaknya, agar terciptanya percaya diri orang tua dalam menghadapi kehidupan.


Referensi 
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3226901/ini-cara-membuat-orang-tua-anda-panjang-umur