Olahraga

Cara Jitu Buat Mood Orang Tua Lebih Baik

5 menit baca

Seperti yang kita tahu secara umum orang yang lanjut usia sering mengalami mood swing atau emosi yang tidak stabil, kadang pagi-pagi mereka merasa cerita, siang bisa jadi mereka cemberut. Kira-kira apa sih yang membuat mereka mengalami hal itu? Apakah faktor usia? Apakah faktor keluarga? Atau malah faktor genetik? Dari pada kita bertanya-tanya soal penyebab terjadinya mood swing pada orang tua, yuk simak ulasan di bawah mengenai faktor menyebabkannya dan cara untuk menanganinya.

Faktor Lansia Mudah Tersinggung atau Mood Swing

Terbagi menjadi beberapa faktor kenapa orang dengan lanjut usia mudah merasa tersinggung, mudah marah atau mood swing, yaitu: 

1. Menopause

Memang sudah menjadi kodratnya manusia bertambah usia dan menua, selain fisik yang mengalami perubahan, secara emosi pun orang tua mengalami penurunan control, jadi secara biologis dan psikologis manusia memang mengalami perubahan pada fase ini.

2. Kurang aktivitas fisik

Ternyata kurangnya berolahraga atau aktivitas fisik pada orang tua bisa jadi menyebabkan emosi mereka tidak stabil, mudah tersinggung dan sering marah.

3. Berkurang interaksi sosial

Semakin lanjut usia, secara circle memang menyempit dan bahkan merasa ditinggalkan oleh anak-anak yang sudah berumah tangga. Orang tua yang merasa kesepian akan sangat mudah mengalami mood swing.

Daftar Makanan Sehat untuk Meningkatkan Mood

Setelah kita tahu beberapa faktor yang menyebabkan orang tua mengalami penurunan kontrol emosi, kira-kira ada tidak sih penanganan atau hal yang bisa meringankannya? Ya, jawabannya jelas ada, salah satunya dengan memberi makanan sehat yang bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Nah, ini dia makanannya; 

1. Pisang

Kok pisang, emang bisa pisang meningkatkan mood orang tua? Yap, dalam buah pisang ini banyak sekali kandungan vitamin B6 yang berperan penting dalam mengubah asam amino triptofan menjadi hormon serotonin dalam tubuh.

2. Kacang-kacangan

Makanan yang berserat tinggi memang mampu menyehatkan usus, karena prebiotic mampu meningkatkan bakteri baik dalam tubuh, hal tersebut dirasa mampu meningkatkan mood.

3. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan sumber asam lemak omega-3 yang dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa menjaga Kesehatan fisik dan mental.

4. Oatmeal

Makanan satu ini memiliki indeks glikemik yang rendah yang mampu melepas energi secara perlahan ke aliran darah, sehingga gula darah dan suasana hati menjadi lebih stabil.
 
Nah, itu dia beberapa penyebab sekaligus tips buat meningkatkan suasana hati orang tua, buat selalu orang tua kamu bahagia ya Caring People.
 
 
Referensi:
https://www.halodoc.com/artikel/5-makanan-sehat-yang-bisa-menjadi-mood-booster