Olahraga

Ayo Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan untuk Kesayangan!

5 menit baca

Semakin bertambahnya usia, semakin penting untuk memonitor kondisi kesehatan Kesayangan. Pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan secara rutin setiap tahun tanpa harus menunggu sakit atau mengalami keluhan gejala penyakit tertentu. Pasalnya, proses penuaan menyebabkan Kesayangan lebih rentan mengalami berbagai penyakit.

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dapat dijadikan sebagai momen pengingat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi Kesayangan. Caring People juga dapat memanfaatkan berbagai penawaran menarik dari beberapa laboratorium dan rumah sakit di momen HLUN ini.

Medical Check Up Rutin sebagai Skrining Kesehatan

Pemeriksaan rutin atau Medical Check Up yang perlu dilakukan Kesayangan tentu berbeda. Hal ini karena pada usia lanjut, pemeriksaan medis rutin yang perlu dilakukan juga semakin banyak. Setidaknya ketika menginjak usia 60 tahun, Kesayangan perlu menjalani skrining kesehatan berikut ini.

1. Tekanan Darah

Pemeriksaan ini harus selalu dilakukan setiap kali ke dokter untuk check-up dan dapat dilakukan secara rutin sendiri di rumah.

2.  Tinggi Badan

Caring People perlu tahu bahwa penurunan tinggi badan yang signifikan pada Kesayangan dapat mengindikasikan percepatan osteoporosis. Penurunan ini terjadi karena kompresi pada sumsum tulang belakang.

3. Berat Badan

Caring People perlu tahu bahwa penurunan tinggi badan yang signifikan pada Kesayangan dapat mengindikasikan percepatan osteoporosis. Penurunan ini terjadi karena kompresi pada sumsum tulang belakang.

Kenaikan berat badan yang signifikan dapat menjadi indikasi penyakit jantung, hati atau ginjal. Sementara penurunan berat badan yang signifikan dapat mengindikasikan adanya infeksi atau kanker.

4.  Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan ini mencakup penghitungan semua komponen darah secara lengkap untuk menghindari terjadinya masalah perdarahan, kadar glukosa, pemeriksaan fungsi tiroid, dan jumlah elektrolit dalam darah yang bisa mendeteksi masalah ginjal dan jantung.

5. EKG

EKG direkomendasikan untuk dilakukan pria maupun wanita khususnya yang telah berusia lebih dari 50 tahun. Selanjutnya, pemeriksaan ulang perlu dilakukan secara rutin setiap dua hingga tiga tahun atau lebih sering jika diperlukan.

6. Pemeriksaan Darah Gaib Feses

Tes ini perlu dilakukan setiap tahun. Karena adanya darah dalam feses bisa menjadi indikasi awal kanker kolorektal.

7. Fleksibel Sigmoidoskopi/Kolonoskopi

Pemeriksaan ini ditujukan untuk skrining kanker usus besar yang rata-rata dilakukan setiap lima tahun dengan sigmoidoskopi dan sekitar sepuluh tahun dengan kolonoskopi. Pemeriksaan ini kini direkomendasikan untuk dilakukan mulai usia 45 tahun, namun dapat dilakukan sesegera mungkin untuk orang-orang yang berisiko tinggi.

Pemeriksaan Kesehatan Tambahan Pria dan Wanita

Selain pemeriksaan general tersebut. Ada beberapa pemeriksaan tambahan yang perlu dilakukan sesuai gender Kesayangan, yaitu:

Pemeriksaan untuk Kesayangan Pria

Pemeriksaan Prostat

Menjelang usia 50 tahun, Kesayangan pria perlu menjalani pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah ada pembesaran prostat yang dapat mengindikasikan gejala dini kanker.

Prostat Spesifik Antigen (PSA)

Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan darah yang dapat menunjukkan kanker prostat. Jika kadarnya tinggi, biopsi prostat mungkin diperlukan sebagai tahapan pemeriksaan lanjutan.

Pemeriksaan untuk Kesayangan Wanita

Mammogram

Kesayangan wanita yang telah berusia lebih dari 50 tahun harus memeriksakan secara rutin setahun sekali sekaligus mendapatkan pemeriksaan payudara klinis. Lakukan juga pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulan untuk mendeteksi jika ada benjolan atau kelainan yang mencurigakan pada payudara.

Pap Smear dan Panggul

Tes ini perlu dilakukan setiap tiga tahun sekali atau setiap tahun jika Kesayangan berisiko lebih tinggi terkena kanker serviks. Risiko ini dapat dinilai salah satunya dari riwayat penderita kanker serviks pada anggota keluarga lainnya.

Pengukuran Massa Tulang dengan DEXA Scan

Perlu diketahui bahwa wanita memiliki risiko yang lebih tinggi terkena osteoporosis, sehingga penting untuk melakukan pemeriksaan ini meski belum ada standar frekuensi yang ditetapkan.

Meski Kesayangan merasa sehat, pemeriksaan tahunan ini tetap perlu dilakukan dan akan membantu Kesayangan termotivasi menjalani pola hidup sehat. Saat pemeriksaan, dapatkan juga vaksin ulang untuk Kesayangan yang direkomendasikan dokter. Mencegah dan mendeteksi lebih awal memang jauh lebih baik untuk memperbesar peluang kesembuhan.

Saat beraktivitas, Caring People selalu berikan Confidence popok dewasa untuk Kesayangan sebagai solusi inkontinensia urin. Pastikan pilih tipe popok yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Kesayangan ya.

Confidence memiliki dua tipe popok yaitu popok perekat dan popok celana. Untuk popok perekat yaitu Confidence Classic Day, Classic Night dan Premium Night. Sedangkan popok celana yaitu Confidence Pants Medium Flow dan Heavy Flow. Semua produk Confidence sudah tersertifikasi halal dan teruji klinis oleh Australian Dermatologist.

Referensi:
Halodoc - Medical Check Up untuk Lansia
Halodoc - Medical Check Up untuk Lansia, Ini Rangkaian Tesnya
Westerindo - Apa Saja Medical Check Up Lansia
Geriatri.id - Panduan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Lansia