Olahraga

8 Rekomendasi Kegiatan Seru Bersama Kesayangan

5 menit baca

Semakin bertambahnya umur, ruang sosialisasi akan perlahan semakin berkurang. Hal ini tidak jarang membuat Kesayangan merasa kesepian, terlebih jika Caring People sudah tumbuh dewasa dan berkeluarga. Tanpa kita sadari, momen berharga bersama Kesayangan semakin berkurang.

Untuk mendapatkan waktu berkualitas dengan Kesayangan, tak jarang kita begitu berupaya menyiapkan rencana liburan khusus. Padahal, menikmati momen berkualitas dengan Kesayangan tidak harus serumit itu. Nah buat Caring People yang mulai kebingungan dalam mencari kegiatan menarik agar tetap mendapatkan quality time bersama Kesayangan, ayo lakukan ragam pilihan berikut ini.

1. Olahraga

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan Kesayangan dan Caring People, namun juga menjadi momen berkualitas yang seru. Beberapa kegiatan olahraga yang dapat dilakukan bersama Kesayangan seperti jogging, bersepeda dan yoga. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan agar penerapannya tepat dan hasil optimal. 

2. Memasak

Memasak bisa jadi kegiatan yang menarik untuk bonding dengan Kesayangan. Apalagi jika Kesayangan memiliki hobi memasak. Caring People dapat membuat menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Kegiatan ini termasuk membuat kue yang juga jadi alternatif kegiatan yang menyenangkan. 

3. Menata Rumah

Memasak bisa jadi kegiatan yang menarik untuk bonding dengan Kesayangan. Apalagi jika Kesayangan memiliki hobi memasak. Caring People dapat membuat menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Kegiatan ini termasuk membuat kue yang juga jadi alternatif kegiatan yang menyenangkan.

4. Menonton Film

Menonton film memang bukan termasuk kegiatan produktif untuk Kesayangan, namun kegiatan ini dapat menjadi opsi untuk meningkatkan bonding dengan Kesayangan melalui interaksi. Ajak Kesayangan menonton film bertema keluarga atau topik yang disukainya. Ajak mereka berdiskusi mengenai film tersebut, tanyakan soal karakter, alur cerita dan solusi kisah film menurut versi mereka. 

5. Terapi Pijat dan Spa

Meski kegiatan yang dilakukan tidak sepadat usia produktifnya, bukan berarti Kesayangan tidak membutuhkan relaksasi. Memanjakan Kesayangan dengan relaksasi di spa dapat menjadi momen bonding yang akan Caring People dan Kesayangan nikmati bersama. Terapi pijat juga dapat membantu mengurangi keluhan Kesayangan yang mengganggu selama ini serta meningkatkan kualitas tidurnya.

6. Bermain Question Card

Question card dapat memancing interaksi yang seru antara Caring People dan Kesayangan. Pilih question card bertema keluarga yang dapat merangsang sel-sel otak Kesayangan untuk berpikir, mengenang memori masa lalu dan mengurangi perasaan kesepian. 

7. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan ini tidak hanya dapat dilakukan untuk bonding antara Caring People dan Kesayangan namun juga mengasah keterampilan dan sel-sel otak kreatif Kesayangan. Beberapa aktivitas kerajinan tangan seperti melukis, merajut atau membuat tembikar. Caring People juga dapat mengajak cucu Kesayangan untuk turut serta sehingga momen ini terasa lebih seru dan penuh warna.

8. Bermain Musik

Selain kerajinan tangan, kegiatan seni lainnya juga dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu yang seru bersama Kesayangan yaitu bermain musik. Menariknya, musik tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan bosan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Psychology mengungkapkan musik juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif Kesayangan. Ajak lebih banyak anggota keluarga untuk terlibat seperti ikut bernyanyi bersama sehingga suasana dapat lebih meriah.

Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi rekomendasi bonding yang seru antara Kesayangan dan Caring People bersama keluarga. Jangan lupa manfaatkan momen Hari Lanjut Usia Nasional pada tanggal 29 Mei untuk menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama Kesayangan.

Pastikan juga Kesayangan menggunakan Confidence Pants berbahan Lycra yang elastis serta pas di badan seperti memakai celana dalam biasa dan anti bocor dengan daya serap ekstra sehingga Kesayangan lebih nyaman berkegiatan bersama keluarga. Confidence Pants, solusi terbaik untuk inkontinensia urin.
 
Referensi : 
SehatQ Kemenkes RI - Pentingnya Melakukan Kegiatan untuk Lansia demi Menjaga Kesehatan
AsuransiNow - 25 Ide Kegiatan Lansia: Ajak Ortumu Tetap Aktif!
Hello Sehat - Rekomendasi Aktivitas Lansia agar Tetap Aktif, Aman dan Lebih Percaya Diri!