Olahraga

6 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga untuk Lansia

5 menit baca

Ketika Caring People atau Kesayangan ingin berolahraga, sebelum masuk ke gerakan atau kegiatan inti pastinya tidak lupa melakukan pemanasan. Akan tetapi apakah Caring People atau Kesayangan melakukan pendinginan juga setelah berolahraga? Padahal pendinginan memiliki manfaat yang nggak kalah penting lho dengan pemanasan, yuk kita coba kulik lebih lanjut!

Pendinginan? Siapanya Pemanasan Itu?

Pendinginan adalah serangkaian gerakan yang dilakukan setelah melakukan kegiatan atau aktivitas olahraga dengan tujuan untuk menurunkan ketegangan otot. Jika Caring People atau Kesayangan perhatikan, sebenarnya gerakan-gerakan yang dilakukan saat pendinginan tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan pemanasan, namun gerakan pada saat pendinginan dilakukan dengan lebih lambat dan intensitas yang lebih sedikit dari pemanasan.

Tahukah Caring People, bahwa pendinginan ternyata memiliki peranan yang penting untuk mengurangi risiko cedera yang dapat Kesayangan alami usai berolahraga. Selain itu pendinginan juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti yang ada di bawah ini:

1. Meredakan Kelelahan

Saat Kesayangan berolahraga, asam laktat akan terbentuk di otot dan tak jarang asam laktat ini menyebabkan nyeri otot serta kelelahan. Dengan melakukan pendinginan, otot dapat mempersiapkan dirinya untuk menerima penurunan suhu tubuh dan melakukan aktivitas seperti biasa.

2. Menghindari Cedera Otot

Seperti pemanasan, pendinginan memiliki manfaat untuk mencegah cedera seperti robekan otot. Dengan melewatkan pendinginan, Kesayangan secara langsung telah memperlambat pemulihan otot dan mengurangi manfaat dari berolahraga.

3. Melatih Fleksibilitas

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari pendinginan adalah peningkatan kelenturan otot. Ketika Kesayangan berolahraga, otot akan berkontraksi dan menegang.Hal ini akan menurunkan kelenturan otot, maka dari itu Kesayangan wajib melakukan pendinginan untuk mengembalikan otot yang sudah menegang tersebut.

4. Mengurangi Stres

Ketika Caring People atau Kesayangan berolahraga terjadi perubahan-perubahan pada tubuh, mulai dari suhu, peningkatan adrenalin, hingga pola pernapasan. Hal ini akan menimbulkan stres pada badan dan pikiran. Dengan melakukan pendinginan, tubuh serta pikiran Kesayangan akan lebih rileks sehingga dapat melepaskan hormon dopamine dan serotonin yang berguna untuk memperbaiki mood serta menurunkan stres.

5. Membuat Detak Jantung Menjadi Normal

Sebagian besar olahraga akan membuat detak jantung Kesayangan meningkat, contohnya adalah aerobik atau bermain sepak bola misalnya. Melakukan pendinginan setelah berolahraga akan membuat detak jantung menjadi kembali normal, karena gerakan pendinginan yang intensitasnya rendah akan membuat pernapasan menjadi lebih lambat dan badan lebih tenang. Hal ini akan berpengaruh kepada detak jantung yang akan menurun hingga kembali ke ritme normal.

6. Meningkatkan Pembuangan Limbah Metabolisme

Berolahraga menghasilkan zat sisa atau limbah metabolisme, seperti asam laktat atau hidroksiprolin. Produk limbah ini, akan menyebar ke seluruh tubuh melalui berbagai macam cara melalui vena, kapiler, atau paru-paru. Dengan melakukan pendinginan, Kesayangan dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuangan zat limbah ini.

Baca Juga: Tips Pola Hidup Sehat Lansia untuk Menghindari Gejala Stroke Ringan

Cara Melakukan Pendinginan yang Tepat 

Untuk melakukan pendinginan sempatkanlah waktu 5 hingga 10 menit setelah berolahraga. Kesayangan bisa melakukan bermacam-macam pendinginan yang bisa disesuaikan dengan olahraga yang Caring People atau Kesayangan lakukan.

Jika Caring People atau Kesayangan melakukan olahraga jogging, lakukan pendinginan dengan dengan cara jalan cepat dan jalan santai yang iramanya bisa disesuaikan. Kesayangan juga dapat melakukan peregangan tubuh total untuk meningkatkan rentang gerak dan melepaskan tekanan pada persendian setelah berolahraga.

Ada baiknya Kesayangan menyelesaikan pendinginan dalam posisi duduk dan meluruskan kaki atau selonjoran untuk memudahkan peredaran darah. Selain itu posisi ini akan membuat Kesayangan lebih mudah mencapai kondisi santai atau rileks untuk menurunkan ritme pernapasan dan detak jantung.

Berikan yang Terbaik Untuk Kesayangan Agar Berani Lebih Pede Berolahraga

Untuk mendukung Kesayangan bisa berolahraga dengan berani lebih pede tanpa takut berkemih secara tiba-tiba, berikan Confidence Pants untuk Kesayangan. 

Confidence Pants memiliki berbahan lycra dimana bentuk yang pas di badan sehingga membuat Kesayangan tidak terlihat seperti memakai popok. Dilengkapi dengan penyerapan hingga 6x lebih banyak, Confidence Pants menjaga kesayangan tetap kering saat beraktivitas.

Disertai dengan SAP antibakteri dan teruji secara klinis oleh dermatologis di Australia, Confidence Pants aman untuk kulit Kesayangan dan melindungi bagian sensitif Kesayangan dari infeksi bakteri karena keringat setelah berolahraga.

Berolahraga jadi berani lebih pede dengan menggunakan Confidence Pants!