Olahraga

5 Olahraga Ini Efektif Bakar Kalori Untuk Lansia

5 menit baca

Menjaga badan tetap ideal dengan tujuan kesehatan memang penting ya, Caring People. Tubuh yang ideal akan menghasilkan stamina dan tubuh kuat, tak terkecuali untuk lansia. Untuk menjaga tubuh tetap ideal, salah satunya dengan olahraga yang dapat membakar kalori.
 
Jika lansia yang mempunyai masalah berat badan berlebih akan rentan terhadap penyakit, terutama penyakit kardiovaskular. Dalam menjaga tubuh ideal pada lansia, tentu tidak mudah karena adanya perubahan hormonal akibat penuaan yaitu hormon testosteron dan pertumbuhan, serta penurunan massa otot, kekuatan, dan ketahanan anaerobik. 
 
Untuk itu, gaya hidup sehat harus diterapkan untuk Kesayangan yang ingin memiliki tubuh ideal dan prima. Salah satu gaya hidup yang dianjurkan yakni berolahraga dengan konsisten. Selain dapat bonus tubuh ideal, olahraga juga baik untuk kesehatan jantung.
 
Kesayangan disarankan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu atau 30 menit per hari selama lima hari. Tetapi dengan catatan, harus menyesuaikan kemampuan fisik lansia atau didampingi ahli jika dibutuhkan. Lalu, apa olahraga yang tepat untuk membakar kalori pada lansia? Yuk, kita bahas di bawah ini.

1. Berenang

Berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus mampu membakar banyak kalori untuk lansia. Dalam 30 menit berenang, dapat membakar sekitar 198 hingga 294 kalori. Selain menyehatkan, berenang juga dapat membangun lebih banyak massa otot karena tekanan yang diberikan pada air lebih tinggi bisa mencapai 800 kali dari udara.
 
Olahraga yang satu ini cukup ideal untuk lansia, mengingat dengan berenang dapat meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru sehingga baik untuk kesehatan kardiovaskular. Tak hanya itu, berenang juga cocok untuk lansia yang mempunyai penderita radang sendi.

2. Jalan Kaki

Olahraga sederhana yang bisa dilakukan kapan saja tanpa memerlukan peralatan khusus yaitu berjalan yang bisa dilakukan pada pagi atau sore hari. Kesayangan dapat berjalan sendiri atau bersama-sama Caring People. Berjalan kaki mampu memompa darah ke seluruh tubuh sehingga baik dalam merawat sistem peredaran darah dan menurunkan resiko stroke.
 
Selain itu, berjalan dapat meningkatkan kinerja jantung. Seperti halnya, olahraga jogging, berjalan juga membantu membakar kalori. Setiap berjalan sejauh 5 km selama 1 jam, maka lansia dapat membakar sekitar 314-391 kalori. 
 
Baca Juga: 9 Jenis Olahraga Paling Aman Untuk Senior 

3. Skuas atau Tenis Dinding

Di Indonesia, olahraga skuas atau tenis dinding memang kurang populer di kalangan masyarakat. Akan tetapi, olahraga yang menggunakan raket di dalam ruangan ini mempunyai banyak manfaat, seperti salah satunya membakar kalori.
 
Dalam 30 menit skuas dapat membakar 270 kalori lho, Caring People. Skuas juga dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 dan menjadi sarana terbaik untuk bersosialisasi dengan orang baru yang seusia.

4. Golf

Olahraga golf menjadi salah satu olahraga yang dapat membakar kalori dengan maksimal. Seseorang yang bermain golf dapat membakar rata-rata 721 kalori. Secara tidak langsung, olahraga golf membuat pemain berjalan kaki di yang luas. Kemudian tidak hanya itu, rumput yang hijau dan udara sejuk mampu memberikan kesegaran untuk pikiran serta perasaan. 

5. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang baik untuk lansia dalam membakar kalori. Setiap bersepeda selama 60 menit dapat membakar hingga 300 kalori. Selain itu, bersepeda dapat mengurangi penyakit kronis dan mempunyai dampak kecil pada persendian lansia.
 
Itu dia Caring People beberapa olahraga yang mampu membakar kalori dan menyehatkan lansia. Nah, untuk menunjang aktivitas olahraga Kesayangan lebih nyaman dan makin bersemangat, berikan mereka Confidence Heavy Flow dengan daya serap hingga 6x dapat menampung hingga 1200 cc, berbahan lycra yang elastis menyesuaikan bentuk tubuh dan dilengkapi dengan SAP anti bakteria sehingga anti ruam di kulit. Jadi, Kesayangan dapat lebih aktif dan percaya diri.