Olahraga

3 Hobi Anti Mainstream Ini Punya Segudang Manfaat untuk Lansia

5 menit baca

Apa yang ada di benak Caring People ketika mendengar istilah hobi? Pasti aktivitas menyenangkan dan penuh energi tanpa tekanan yang dapat membuat hidup lebih bahagia. Yap, mungkin hal itu yang dapat menggambarkan arti dari hobi, tetapi masing-masing orang memiliki pengertian yang pasti berbeda ya.
 
Setiap orang juga punya hobinya masing-masing, ada yang dibidang olahraga, seni, bahkan musik. Pentingnya aktivitas hobi dapat dilakukan sehari-hari oleh seseorang yang masih muda atau lansia, mengingat hobi ini dapat menimbulkan rasa bahagia dalam menjalani hari.
 
Terbayang dong bagaimana membosankan dan monotonnya, jika seseorang dengan lanjut usia tidak mempunyai hobi yang mereka sukai? Karena hal itu mempunyai dampak buruk untuk Kesayangan. Setidaknya ada beberapa dampak negatif dari gaya hidup monoton dan kurangnya aktivitas, diantaranya gangguan fungsi tubuh seperti sirkulasi tubuh kurang lancar, penurunan kekuatan fisik, gangguan metabolisme dan beresiko meningkatkan obesitas pada lansia.
 
Untuk itu, sangat penting sekali bagi lansia untuk tetap menjaga gaya hidup yang seimbang seperti salah satunya dengan menjalankan hobi yang melibatkan aktivitas fisik dan kognitif. Ada beberapa hobi anti mainstream yang bisa Kesayangan ikuti dengan manfaat yang baik untuk fisik dan kognitifnya. Apa aja? Simak di bawah ya! 

1. Hiking

Hiking menjadi salah satu aktivitas atau hobi yang bisa Caring People rekomendasikan untuk Kesayangan. Tentunya aktivitas yang lebih melatih fisik ini mempunyai ragam manfaat positif untuk yang melakukannya. Mungkin sebagian orang berpikir aktivitas luar ruang ini sangat sulit dilakukan untuk Kesayangan yang notabene sudah tidak lagi muda.
 
Tapi tenang, aktivitas ini juga dapat dilakukan dengan cara perlahan dimulai dari jalan kaki di jalanan yang rata, seperti keliling area gunung atau perbukitan yang sesuai untuk lansia. Adapun beberapa rekomendasi bukit yang mungkin bisa Caring People rekomendasikan untuk Kesayangan seperti Gunung Prau Dieng, Papandayan Garut, Bukit Teletubbies Bondowoso, atau Gunung Kalimutu Flores NTT.  
 
Hiking merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, terutama jika rute yang dilalui mencakup beberapa bukit yang akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras.
 
Melakukan hobi pendakian di permukaan jalan yang tidak rata adalah cara alami untuk melibatkan otot-otot inti tubuh dan mengasah keterampilan keseimbangan. Selain bagus untuk kesehatan jantung, aktivitas hiking juga baik untuk kesehatan otak pada lansia.
 
Penelitian yang dirilis bookingdokter.com menunjukkan bahwa seseorang yang menghabiskan lebih banyak waktu di alam dan lebih sedikit waktu dengan gawai menjadi lebih kreatif hingga 50% pada tugas-tugas pemecahan masalah. Tidak hanya itu mereka yang melakukan hobi hiking ini memiliki daya ingat lebih baik daripada mereka yang tidak sering pergi ke alam.

2. Panahan

Salah satu aktivitas fisik satu ini memang kurang diminati masyarakat Indonesia ya Caring People, namun ternyata olahraga ini cukup banyak manfaat yang bisa kamu rekomendasikan untuk Kesayangan.
 
Sebelumnya aktivitas panahan dikategorikan sebagai sebuah olahraga yang sudah ada sejak tahun 5000 SM dan berfungsi sebagai berburu hewan. Tetapi seiring berkembangnya zaman, memanah menjadi cabang olahraga yang sangat populer, bahkan ditampilkan di Olimpiade.
 
Panahan sangat cocok untuk Kesayangan yang punya jiwa berani. Adapun segudang manfaatnya yaitu membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengingat olahraga ini harus melepaskan anak panah dan membidik tepat sasaran tanpa adanya distraksi.
 
Kemudian manfaat berikutnya yakni membantu relaksasi karena ketika seseorang melepaskan anak panah dan tepat sasaran rasanya dapat melegakan perasaan. Terakhir, sebagai latihan fisik setidaknya memanah dapat membakar kalori hingga 280 kalori per jam. 

3. Memotret

Hobi yang terakhir adalah memotret atau fotografi. Hobi yang berhubungan dengan seni gambar ini sangat cocok untuk lansia karena tidak menggunakan fisik lebih dan alat yang tidak sulit seperti kamera. Caring People cukup memberikan Kesayangan dan ajak ke tempat-tempat bagus untuk hunting foto.
 
Pada dasarnya memang melakukan hobi fotografi tak hanya membawa kesenangan dan kepuasan saja, banyak sekali manfaat medis yang bisa didapatkan jika lansia memiliki hobi fotografi.
 
Medicareful Living menjelaskan bahwa hobi fotografi dapat membantu menjaga ketajaman daya pikir seseorang. Untuk itu, hobi fotografi dapat diartikan bisa membantu orang-orang lanjut usia untuk menstimulasi memori dan dapat menjaga otak untuk tetap dalam kondisi aktif.
 
Tidak hanya itu, fotografi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Kesayangan lho Caring People. Karena dengan aktivitas memotret mendapat kepuasaan dari hasil foto yang diambil sehingga bisa menekan rasa stres dan bahkan depresi. 
 
Nah, kira-kira hobi mana nih yang Caring People akan ajak untuk Kesayangan menjalankannya? Apapun hobinya mari dukung lansia tetap aktif dan produktif menjalani hari-harinya. Jangan lupa berikan mereka popok Confidence Heavy Flow untuk menunjang semua aktivitasnya agar mereka berani lebih percaya diri.
 
Baca juga: Latihan Perenggangan Badan, agar Tetap Sehat dan Bugar di Usia Senior
 
Dengan penyerapan ekstra hingga 8x jadi tak usah takut bocor jika digunakan dengan berbagai aktivitas, berbahan Lycra yang elastis bentuk tubuh nyaman digunakan seharian, serta dilengkapi SAP anti bakteria tanpa takut bakteri berkembang biak di area sensitif lansia dan anti ruam di kulit Kesayangan. Yuk, dapatkan produk Confidence di supermarket dan e-commerce favorit Caring People!