Nutrisi

Pentingnya Nutrisi Mikro Untuk Kesayangan

5 menit baca

Mengatur asupan untuk Kesayangan memang sangat penting Caring People. Memilih makanan atau nutrisi yang masuk ke tubuh orang tua harus teliti, mengingat usianya yang tidak lagi muda sehingga berbagai macam penyakit dapat timbul.

Seperti yang kita ketahui nutrisi dibagi menjadi dua, yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi makro atau makronutrien dibutuhkan tubuh kita dalam bentuk besar yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak sebagai energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Kenali Nutrisi Makro dan Manfaatnya Untuk Kesayangan

Sedangkan nutrisi mikro atau mikronutrien dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Adapun beberapa mikronutrien diantaranya vitamin dan mineral.

1. Vitamin

Vitamin adalah nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh manusia sebagai penunjang kinerja tubuh. Umumnya, vitamin berasal dari sifat organik seperti buah-buahan atau sayur-sayuran. Vitamin dibagi menjadi dua kelompok yaitu vitamin yang dapat larut ke dalam air dan vitamin yang larut ke dalam lemak. Adapun vitamin yang larut dalam air diantaranya vitamin B kompleks dan C, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E dan K.

Pada dasarnya kita membutuhkan vitamin, walaupun secara alamiah tubuh kita juga dapat memproduksi vitamin, salah satunya vitamin D yang kita dapat saat berjemur di pagi hari. Tetapi, tidak semua vitamin dapat diproduksi oleh tubuh kita, misalnya vitamin A, D, E dan K.

Kebutuhan vitamin harus tetap kita jaga ya Caring People! Jika kita tidak mendapatkan kadar vitamin yang cukup, hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya jika tubuh kita kekurangan vitamin C maka gejala umum yang akan terjadi seperti gusi berdarah, sariawan atau sistem imun menurun.

Adapun beberapa manfaat vitamin untuk tubuh kita berdasarkan tipenya yaitu vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, tulang, gigi, jaringan lunak, dan kulit. Vitamin B kompleks dapat membantu pembentukan energi, mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan jaringan.

Vitamin C sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan jaringan, gigi, gusi, dan kulit. Vitamin D fungsinya untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi serta menjaga kadar kalsium dan kalium normal dalam darah.

Vitamin E sebagai antioksidan dan membantu pembentukan sel darah merah. Terakhir, vitamin K fungsinya dapat membantu proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.

2. Mineral

Mineral adalah senyawa non-organik yang dibutuhkan tubuh kita agar dapat berkembang dan berfungsi dengan normal. Meskipun mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, fungsi mineral sangat beragam dan mencakup berbagai sistem serta organ tubuh kita. Mineral juga dibagi menjadi dua kelompok yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebanyak minimal 100 mg per hari (kalsium dan fosfor).

Sedangkan mikromineral (trace elements) adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg per hari (seng & zat besi). Ada pula jenis  mikromineral yang dibutuhkan dalam jumlah hanya beberapa mikrogram per hari, seperti cuprum dan molibdenum.

Fungsi mineral untuk tubuh kita penting ya Caring People. Adapun beberapa manfaat berdasarkan tipe mineral, diantaranya kalsium untuk membantu membentuk serta menjaga kekuatan tulang dan gigi. Kalium untuk menjaga fungsi normal otot dan sistem saraf.

Sementara, natrium dapat menjaga keseimbangan cairan dan fungsi saraf. Zat besi berfungsi membantu membentuk hemoglobin, protein pembawa oksigen pada sel darah merah. Terakhir, zinc bermanfaat untuk membantu fungsi sistem imun, saraf, dan reproduksi. Bagaimana Caring People? Pentingnya menjaga nutrisi mikro untuk tubuh Kesayangan, karena dari mikronutrien ini menghasilkan tubuh sehat, kuat dan prima.

Hindari kondisi dimana orang tua atau Kesayangan kekurangan mikronutrien ya, Caring People. Ketika Kesayangan kekurangan nutrisi mikro dapat meningkatkan resiko terserang beberapa penyakit menular seperti diare, campak, malaria dan paru-paru.

Berdasarkan data WHO mencatat bahwa lebih dari 200 juta penduduk di dunia menderita kekurangan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, yodium, besi dan seng. Yuk Caring People, atur pola makan Kesayangan misalnya memilih makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mikro.

Jangan lupa juga untuk berikan Confidence Heavy Flow untuk menunjang segala aktivitasnya. Dengan penyerapan maksimal hingga 8x tanpa takut bocor, perlindungan ekstra dengan SAP anti bakteria dimana anti ruam di kulit mesti digunakan seharian dan berbahan dasar Lycra yang elastis berkualitas tinggi mengikuti bentuk tubuh sehingga nyaman digunakan aktivitas apapun.