Kesehatan

Panduan Menjaga Pola Hidup Sehat Untuk Lansia

5 menit baca
Panduan Menjaga Pola Hidup Sehat Untuk Lansia

Memiliki tubuh sehat dan mampu diajak beraktivitas sehari-hari adalah dambaan semua lansia. Mengingat saat usia lanjut, banyak fungsi tubuh yang semula dapat melakukan banyak hal kini harus beradaptasi dengan umur.

Namun menjadi lansia bukan berarti harus langsung berhenti beraktivitas lho, ada banyak cara agar masa tua kita masih dianugerahi tubuh bugar yang siap diajak berkegiatan tanpa halangan berarti. Salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat.

Sebenarnya, ada baiknya jika menjaga pola hidup sehat untuk lansia dimulai sejak muda. Namun jika perubahan gaya hidup baru saja terjadi, maka ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan karena aktivitas ketika usia lanjut tidak bisa disamakan dengan saat kita masih berusia muda.

Beberapa jenis olahraga pun sebaiknya dihindari, dan mulai rutin melakukan olahraga kecil agar metabolisme tubuh tetap terjaga seperti senam kaki. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga pola hidup sehat:

1. Tidur cukup

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat sehingga memungkinkan sel, jaringan, dan organ bekerja lebih baik keesokkan harinya. Nah, menjaga kualitas tidur masuk dalam daftar menjaga pola hidup sehat yang perlu lansia terapkan.

Pada orang yang berusia 61-64 tahun, durasi tidur malam lansia sekitar 7-9 jam per hari. Kemudian, pada orang yang berusia 65 tahun ke atas, durasi tidur mereka berubah menjadi 7-8 jam per hari. (Hellosehat, 2021)

Kalau Anda susah tidur, hindari minum kafein misalnya kopi dan teh di sore atau malam hari. Kemudian, coba mandi air hangat sebelum tidur agar tubuh lebih rileks. Bila cara-cara tersebut tidak mempan, kemungkinan lansia mengalami gangguan tidur segera konsultasikan ke dokter.

2. Pola makan sehat

Menjaga pola hidup sehat juga berarti mengontrol asupan makanan untuk lansia. Tingkatkan asupan sayur dan buah-buahan, makanan sumber protein, vitamin B12, asam folat, zinc, dan kalsium. Ganti asupan lemak jenuh dengan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh dari alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, dan kacang-kacangan.

Kurangi juga kebiasaan makan yang buruk, seperti konsumsi makanan manis, makanan padat energi, dan minuman ringan. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan diabetes yang kalau diperparah bisa berlanjut pada gejala stroke pada lansia.

3. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh, serta mencegah terjadinya berbagai penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, jantung koroner, stroke, hipertensi, obesitas, dan berbagai kemungkinan penyakit lainnya yang umum dimiliki oleh lansia.

Olahraga yang dilakukan pun tidak harus berat. Senam kaki misalnya, bisa dilakukan selama 45 menit setiap hari. Manfaat senam kaki untuk diabetes pada lansia pun cukup ampuh meningkatkan imunitas dan fungsi otot dan sendi yang melemah.

Menjaga pola hidup sehat untuk lansia memang cukup menantang. Namun, semua akan terasa manfaatnya karena saat fungsi tubuh masih berjalan optimal, kita akan lebih semangat menjalani hari. Jangan lupa juga untuk selalu sedia popok dewasa Confidence agar Kesayangan menjalani keseharian dengan lebih aktif dan berani lebih percaya diri.

Pilih Confidence yang merupakan popok dewasa nomor satu berkualitas. Confidence memiliki dua jenis popok dewasa yaitu popok perekat untuk lansia dengan kondisi tirabaring dan popok celana bagi lansia yang masih aktif.

Untuk lansia yang masih aktif, gunakan Confidence Pants yang memiliki bahan Lycra sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh seperti memakai celana dalam biasa, daya serap hingga 6x dan dilengkapi SAP anti bakteria untuk menghindari dari iritasi kulit.

Sedangkan bagi lansia dengan kondisi berbaring atau bedridden, gunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night dimana 2 popok di siang hari dan 1 popok di malam hari. Dengan diamond core technology menyerap lebih cepat, halal dan teruji klinis, daya serap yang pas untuk kebutuhan siang dan malam, sehingga memberikan kenyamanan 24 jam bagi Kesayangan.

Hidup sehat saat lansia memang jadi dambaan semua orang. Kalau ingin hari-hari Kesayangan lebih nyaman, jangan lupa selalu sediakan Confidence ya, Caring People!