Nutrisi

Kesayangan, Hindari 6 Asupan Ini Saat Lebaran

5 menit baca

Metabolisme tubuh semakin menurun adalah fakta wajib yang penting diketahui Kesayangan seiring meningkatnya usia. Sehingga, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh perlu untuk dipilih secara berhati-hati. Khususnya di momen lebaran yang seringkali dalam kondisi berlimpah-ruah, suasana riuh dan menyenangkan dimana asupan makanan lansia tidak tersaring optimal.

Pantangan Makanan untuk Lansia saat Lebaran

Tentunya, Kesayangan perlu memenuhi kebutuhan gizi dengan tepat agar dapat menjaga tubuh tetap fit sehingga dapat beraktivitas secara aman dan nyaman. Beberapa makanan ini sebaiknya perlu dihindari oleh Kesayangan di momen lebaran karena dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

1. Daging dan Telur Mentah

Makanan yang tidak benar-benar matang dapat mengandung bakteri jahat yang seharusnya musnah melalui proses memasak. Dengan sistem imun tubuh yang lemah, Kesayangan lebih berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan jika mengkonsumsi makanan mentah.

Alih-alih konsumsi daging mentah, Kesayangan sebaiknya memilih untuk menyantap daging putih tanpa lemak seperti ayam dan ikan laut yang dimasak hingga matang. Berbagai olahan daging jika dimasak secara matang, juga masih boleh dikonsumsi.

2. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Kesayangan perlu menghindari minuman ini karena susu yang tidak melalui proses pasteurisasi berisiko mengandung bakteri lebih tinggi daripada susu yang dipasteurisasi. Susu harus dipanaskan terlebih dahulu untuk membunuh bakteri berbahaya di dalamnya. Apabila Kesayangan mengkonsumsi susu khusus lansia, tentunya boleh sesuai anjuran ya.

3. Makanan Tinggi Sodium

Jika Kesayangan memiliki riwayat hipertensi, maka terlalu banyak garam akan menjadi masalah yang serius. Gunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah alami tanpa garam untuk mengganti rasa gurih, asin dan umami.

Hal ini juga berlaku untuk makanan kemasan yang perlu ditinjau kadar natrium pada label nutrisi kemasannya. Kesayangan sebaiknya tidak mengkonsumsi natrium lebih dari 1,2 gram per hari.

4. Kafein

Tidur nyenyak adalah salah satu hal penting untuk Kesayangan. Selain dapat membuat sulit tidur, kafein dapat meningkatkan kecemasan serta membuat jantung berdetak lebih cepat atau tidak teratur.
Tentu hal ini akan mengkhawatirkan bahkan membahayakan lansia yang memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi dan stroke. Ingat pula bahwa kafein tidak hanya ada pada kopi namun juga pada teh, minuman soda, cokelat dan beberapa obat.

5. Soda dan Minuman Manis

Minuman soda adalah salah satu minuman yang mengandung tinggi kadar gula. Satu porsi minuman soda dapat mengandung 39 gram gula atau setara 10 sendok teh gula.

Padahal batasan konsumsi gula untuk lansia hanya 50 gram per hari menurut Kementerian Kesehatan. Jika lansia mengidap prediabetes, konsumsi minuman tinggi gula semakin meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

6. Makanan Rendah Lemak

Lemak ternyata penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan jantung khususnya lemak sehat. Menghindari makanan dengan lemak sehat akan merugikan Kesayangan yang membutuhkan nutrisi optimal dimana kondisi tubuh yang tidak seaktif dulu.

Lemak sehat dapat ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan minyak kanola. Selain itu, lemak sehat juga dapat membantu Kesayangan terhindar dari banyak penyakit karena memberikan perlindungan untuk otak dan sendi, serta memberikan cadangan energi.

Momen lebaran tentunya menjadi momen penting yang membahagiakan serta sarat dengan suasana berpesta, tetapi bukan berarti kurang memperhatikan kesehatan Kesayangan dalam jangka panjang.

Nah supaya acara silaturahmi lebih nyaman, Kesayangan dapat menggunakan Confidence Pants Heavy Flow dengan ekstra daya serap 6x, berbahan Lycra yang elastis seperti memakai celana dalam biasa dan SAP antibakteri agar terhindar dari iritasi.

Dengan meningkatkan status gizi dan tetap mempertahankan pola hidup sehat, kualitas hidup Kesayangan akan lebih meningkat. Pilih makanan yang tepat saat lebaran agar hati tetap ceria dan kesehatan selalu terjaga.


Reference :
Sunhealth Communities – 8 Foods Older Adults Avoid Eating
National Council on Aging – 8 Ways to Make Better Food Choices for Older Adults