Nutrisi

Kenali Nutrisi Makro dan Manfaatnya Untuk Kesayangan

5 menit baca

Seperti yang Caring People tahu nutrisi dibagi menjadi dua, yaitu nutrisi makro (makronutrien) dan nutrisi mikro (mikronutrien). Masing-masing dari nutrisi tersebut tentu mempunyai peran yang berbeda untuk tubuh. Maka dari itu, ada baiknya kita mengenal apa sih nutrisi tersebut dan manfaatnya untuk Kesayangan.
 
Pertama-tama, yuk kita kenalan dengan nutrisi makro. Nutrisi makro adalah makanan utama yang dibutuhkan sebagai sumber energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, nutrisi makro juga berperan dalam jumlah besar meliputi karbohidrat, lemak dan protein.
 
Berdasarkan penelitian Nestle Health Science, faktanya lansia adalah kelompok yang rentan mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Hal ini disebabkan oleh terjadinya infeksi, menurunnya kekebalan tubuh atau kemampuan untuk penyembuhan luka. Lalu, seberapa penting nutrisi makro untuk kebutuhan lansia atau Kesayangan? Untuk itu, ayo kita bahas jenis makronutrien berikut ini!
 
Baca Juga: 5 Gejala Kurang Nutrisi Pada Senior 

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi makro yang meliputi gula, pati dan serat. Gula dan pati memasok energi berupa glukosa yaitu sumber energi utama untuk sel-sel darah merah, otak dan sistem saraf pusat. Glukosa dapat pula disimpan dalam bentuk glikogen dalam hati dan otot, atau diubah menjadi lemak tubuh ketika energi dalam tubuh berlebih.
 
Idealnya, sekitar 45 – 65% dari total asupan kalori kita berasal dari karbohidrat. Jika asupan kalori sebesar 2.000 kkal, artinya karbohidrat menyumbangkan sekitar 900 – 1.300 kkal. Jumlah ini setara dengan 225 – 325 gram karbohidrat dari makanan.

Lemak

Lemak adalah nutrisi makro yang mencakup asam lemak dan trigliserida. Lemak mengandung padat energi sehingga penting untuk menjaga keseimbangan energi dan berat badan. Lemak menyediakan medium untuk penyerapan vitamin-vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, K.
 
Di dalam makanan, lemak berfungsi sebagai pelezat sehingga tak heran kita cenderung lebih menyukai makanan berlemak. Lemak idealnya menyumbang sekitar 20 – 35% dari total asupan kalori. Pada orang dengan asupan kalori 2.000 kkal per hari, jumlah ini setara dengan 400 – 700 kkal atau 44,4 – 77,8 gram lemak dari makanan.

Protein

Protein merupakan komponen struktur utama seluruh sel tubuh dan berfungsi sebagai enzim, hormon, dan molekul-molekul penting lainnya. Protein dikenal sebagai nutrisi unik, sebab menyediakan asam amino esensial untuk membangun sel-sel tubuh maupun sumber energi. Karena menyediakan "bahan baku" untuk membangun tubuh, protein sering disebut zat pembangun.
 
Kebutuhan protein harian berbeda-beda menurut usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan untuk masyarakat Indonesia berkisar antara 56 – 59 gram untuk perempuan dan 62 – 66 gram untuk laki-laki.
 
Itu dia Caring People, beberapa penjelasan mengenai nutrisi makro yang harus kamu ketahui. Jika sekarang sudah mengetahui kebutuhan nutrisi makro untuk Kesayangan, yuk mulai terapkan di rumah. Tetap cintai dan rawat Kesayangan dengan sepenuh hati.
 
Kemudian lengkapi juga kebutuhan Kesayangan lainnya, seperti memberikannya Confidence popok dewasa yang sudah dipercaya sejak lama. Dengan daya serap maksimal, aman digunakan karena menggunakan SAP anti bakteria dan terbuat dari bahan lycra yang pas digunakan mengikuti bentuk tubuh, pastinya Kesayangan tetap aktif, produktif dan lebih percaya diri.