Nutrisi

Ini 5 Nutrisi Penting Agar Lansia Tetap Aktif dan Percaya Diri

5 menit baca

Kesayangan dengan usia lanjut menjadi kelompok yang rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Tetapi Caring People dapat melakukan berbagai cara untuk melindungi Kesayangan dari penyakit. Mulai dari rutin mengajaknya berolahraga atau berekreasi untuk menurunkan stres.
 
Hal tersebut tentunya akan lebih efektif jika Caring People juga memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi Kesayangan. Seiring dengan pertambahan umur dan perubahan kondisi tubuh Kesayangan, kebutuhan nutrisi yang diperlukan tentunya akan berbeda. Kira-kira nutrisi apa yang dibutuhkan oleh Kesayangan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kebutuhan Nutrisi Kesayangan di Usia Tua

Ketika seseorang memasuki usia dewasa, nutrisi yang awalnya dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan akan sedikit bergeser fungsinya. Nutrisi pada orang dewasa atau lansia berfungsi sebagai pelindung dari berbagai macam penyakit dan menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.
 
Selain fungsi yang berubah, jumlah kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh orang dewasa, apalagi Kesayangan juga berubah lho Caring People. Sebagai contoh, kebutuhan karbohidrat untuk Caring People adalah 340 gram per hari, namun untuk Kesayangan jumlah ini berkurang menjadi 230-200 gram per hari karena Kesayangan membutuhkan lebih sedikit energi untuk melakukan aktivitasnya.
 
Ada beberapa jenis nutrisi lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi Kesayangan. Agar lebih jelas, coba lihat daftarnya di bawah ini.

1. Kalsium dan Vitamin D

Salah satu nutrisi yang penting dikonsumsi oleh Kesayangan adalah kalsium dan vitamin D. Kesayangan membutuhkan asupan ini lebih banyak ketimbang yang dibutuhkan oleh Caring People karena kalsium dan vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan jantung, otot, syaraf, serta tulang Kesayangan.
 
Dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D, Caring People dapat menurunkan risiko osteoporosis dan mempercepat pemulihan cedera tulang pada Kesayangan. Kalsium dan vitamin D merupakan satu kesatuan yang tidak bisa Caring People pisahkan. Untuk mendapatkan kalsium yang cukup, tubuh butuh vitamin D dalam menyerap mineral tersebut.
 
Jika penyerapan kalsium terganggu, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium yang terdapat pada tulang. Inilah yang dapat melemahkan tulang dan menghambat pemulihan pada Kesayangan. Kesayangan membutuhkan 1200 miligram kalsium dan 20 miligram vitamin D setiap hari untuk menjaga kondisinya.

2. Kalium [CC1] 

Untuk natrium, Kesayangan memiliki sebanyak 1100 miligram setiap hari. Sedangkan kalium, Kesayangan memiliki kebutuhan yang sama dengan Caring People yaitu sebanyak 4700 miligram setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium sendiri memiliki hubungan yang dekat dengan natrium, sebab kalium berfungsi untuk menjaga kadar natrium agar tidak berlebihan di dalam tubuh. Natrium biasanya ditemui pada garam dan menjadi pantangan bagi penderita hipertensi.
 
Selain itu, kalium juga berguna untuk mengatur volume cairan dalam tubuh kesayangan. Untuk Kesayangan yang mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium tinggi dapat menjaga tekanan darah Kesayangan tetap stabil.
 
Dalam memenuhi kebutuhan kalium, Caring People bisa memberikan kentang, pisang, bayam, tomat, susu kedelai, brokoli, selada atau apel, karena makanan dan buah tersebut memiliki kandungan kalium yang tinggi.

3. Serat

Nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh Kesayangan adalah serat. Serat memiliki manfaat untuk membuat perut Kesayangan kenyang dan menunda lapar lebih lama. Serat juga penting untuk menjaga kondisi pencernaan Kesayangan. Salah satu dampak dari kekurangan serat adalah buang air besar yang tidak lancar, Jika sudah cukup parah, hal ini bisa berlanjut hingga menjadi sembelit.
 
Bukan hanya menjaga kesehatan pencernaan, mengonsumsi cukup serat dapat menjadi salah satu cara untuk mengatur kadar gula darah bagi Kesayangan yang menderita diabetes serta dapat berguna mengatur berat badan.
 
Caring People pastinya sudah tahu dong untuk mendapatkan serat yang cukup, berikan Kesayangan berbagai buah, sayur hijau, kacang-kacangan, atau biji-bijian. Agar serat dapat terserap dan berguna lebih efektif, ada baiknya Caring People mengingatkan Kesayangan untuk banyak minum air putih.

4. Lemak

Lemak tidak selamanya buruk untuk kesehatan lho Caring People. Sebenarnya tubuh juga memerlukan lemak sebagai energi cadangan dan pelindung jantung. Namun lemak yang dibutuhkan oleh tubuh bukanlah sembarang lemak, apalagi untuk Kesayangan. Lemak baik ini disebut dengan lemak tidak jenuh dan dapat dibagi menjadi dua, yaitu lemak jenuh ganda dan lemak jenuh tunggal.
 
Caring People dapat memberikan kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan ikan pada Kesayangan sebagai sumber dari lemak baik ini. Lemak tak jenuh lekat manfaatnya dengan jantung dan pembuluh darah. Dengan mencukupi kebutuhan lemak tak jenuh, Kesayangan dapat mengurangi beberapa risiko penyakit seperti kanker, detak jantung tidak beraturan (aritmia), penumpukan plak pada pembuluh darah, serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Vitamin B12

Seperti kalium, jumlah vitamin B12 yang dibutuhkan Caring People dan Kesayangan tetap sama, yaitu 2,4 miligram setiap hari. Namun, pada Kesayangan dengan usia lebih dari 50 yang memiliki kondisi kesehatan tertentu membuat kesulitan menyerap nutrisi ini dari makanan. Padahal tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk menjaga fungsi saraf.
 
Selain menjaga fungsi saraf, vitamin B12 juga dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Jika kekurangan vitamin B12, Kesayangan dapat menderita anemia yang disebabkan oleh terhambatnya pembentukan sel darah merah.
 
Ikan salmon, tuna dan daging ayam adalah beberapa makanan yang bisa menjadi sumber vitamin B12 untuk Kesayangan. Caring People juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 Kesayangan dengan suplemen jika dibutuhkan dengan persetujuan serta konsultasi ke dokter.
 
Baca Juga: Mengenali Bahaya Malnutrisi Pada Usia Senior

Makanan Sehat yang Bisa Penuhi Kebutuhan Nutrisi Kesayangan

Salah satu menu makanan yang bisa memenuhi nutrisi Kesayangan adalah Ikan Woku Dabu-Dabu. Selain bergizi, resep ini mudah untuk dibuat dan lezat untuk dikonsumsi, baik oleh Kesayangan, Caring People atau orang tersayang lain di rumah.
 
Ikan woku mengandung beberapa nutrisi penting untuk Kesayangan seperti vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12. Ikan woku juga sehat karena tidak digoreng, jadi hidangan ini tidak mengandung lemak jahat. Jika Caring People ingin membuat ikan woku yang mudah dan enak, Caring People bisa melihat tutorial memasak dari salah satu chef legendaris Indonesia, William Wongso melalui link di bawah ini.
 
Baca Juga: Resep Ikan Woku Dabu-Dabu ala William Wongso 
 
Selain memperhatikan nutrisi seimbang, Caring People juga dapat mendukung kegiatan sehari-hari Kesayangan yang mengidap inkontinensia urine agar berani lebih pede dengan memberikan Confidence Pants.
 
Terbuat dari bahan lycra, Confidence Pants nyaman digunakan dalam perjalanan jauh dan berkegiatan. Dengan SAP antibacteria dan teruji klinis oleh dermatologis di Australia, Confidence Pants aman digunakan seharian, tidak menimbulkan alergi dan dapat mengurangi risiko infeksi bagian sensitif kesayangan karena pertumbuhan bakteri.
 
Jaga asupan nutrisi Kesayangan dengan memberikan makanan sehat yang tepat dan jangan lupa siap sedia Confidence Pants agar Kesayangan berani lebih pede beraktivitas.