Nutrisi

Asupan Protein Tercukupi, Kunci Orang Tua Kuat Berpuasa

5 menit baca

Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap umat Muslim. Tidak terkecuali Kesayangan kita yang ingin ikut serta menikmati berkah Ramadhan lewat berpuasa sebulan penuh. Kebutuhan nutrisi setiap fase usia berbeda-beda.
 
Asupan nutrisi berkaitan dengan kondisi tubuh dan metabolisme Kesayangan. Tetapi, berpuasa dapat memberikan manfaat, namun seringkali niat puasa Kesayangan terhalang oleh kondisi kesehatan yang menurun dan tidak memungkinkan untuk berpuasa. 
 
Kekurangan protein bagi Kesayangan juga hal yang perlu dihindari karena kekurangan protein, tubuh akan mengambil cadangan protein untuk memenuhi kebutuhannya. Masalah yang akan timbul seperti masalah kulit kering,kuku kusam dan mudah patah, perubahan tekstur rambut, hingga rambut rontok.
 
Agar Kesayangan dapat kuat berpuasa, konsumsi protein saat sahur dan berbuka karena sumber nutrisi baik ini penting agar kuat berpuasa seharian. Caring People bisa memberikan perhatian dengan menjaga imunitas tubuh Kesayangan agar tetap bisa berpuasa.
 
Caranya dengan memberikan konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi dan perbanyak asupan protein sebagai sumber energi agar tubuh tetap berstamina selama berpuasa. Dengan begitu, Kesayangan dapat menuntaskan puasanya hingga seharian penuh. 

Apa saja jenis protein yang baik dikonsumsi? 

Protein menjadi salah satu asupan yang paling penting untuk Kesayangan dalam perkembangan sel tubuh. Selain itu protein membantu menjaga daya tahan tubuhnya. Umumnya, protein yang dibutuhkan Kesayangan sekitar 10 - 35 persen dari total kebutuhan energi.
 
Kebutuhan protein Kesayangan tidak sama seperti dulu saat muda. Semakin menua, maka kebutuhan protein per hari akan semakin berkurang. Supaya kebutuhannya terpenuhi selama bulan puasa, ada beberapa cara yang bisa Caring People lakukan saat menyiapkan porsi makan sahur dan berbuka untuk Kesayangan. 
 
Salah satunya dengan memperbanyak takaran protein dalam satu porsi. Dalam satu piring semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, mineral, lemak dan protein. Pastikan kandungan protein dalam seporsi lebih banyak dibandingkan nutrisi lainnya.
 
Biasakan konsumsi protein di sahur dan buka puasa, sehingga Kesayangan akan kuat berpuasa selama bulan Ramadhan. Namun begitu, nutrisi lainnya juga perlu diperhatikan ya, Caring People. Berikut ini adalah jenis protein yang baik dikonsumsi Kesayangan:

1. Sumber protein nabati 

Untuk penuhi kebutuhan protein sehari-hari, jangan lupa konsumsi protein nabati. Protein nabati merupakan jenis protein yang bisa didapatkan melalui kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe dan oncom. Jenis makanan yang seperti ini mengandung serat yang tinggi dan bagus untuk menjadi camilan Kesayangan.
 
Lalu untuk Kesayangan yang sedang menjalankan pola makan vegetarian atau vegan, asupan protein nabati dapat menggantikan nutrisi dari sumber protein hewani. Menggabungkan antara protein nabati dan hewani juga efektif untuk dilakukan.

2. Sumber protein hewani

Untuk meningkatkan asupan protein, Kesayangan dapat mengonsumsi beragam makanan dari sumber protein hewani seperti unggas, daging merah, telur dan ikan. Meski kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati, sebaiknya Kesayangan tetap berhati-hati terhadap kandungan lemak pada setiap takaran protein hewani. 
 
Walau begitu, Caring People juga harus tetap memperhatikan pola makan yang teratur dan sehat untuk Kesayangan untuk menghindari resiko malnutrisi. Caring People juga bisa memberikan cemilan serta buah-buahan agar bisa membantu menjaga energi Kesayangan saat sedang berpuasa. Jangan lupa untuk memperhatikan pantangan makanan yang harus dijalankan oleh Kesayangan. 
 
Nah, Caring People apakah sudah benar dalam mempersiapkan porsi makan sahur dan berbuka untuk Kesayangan?