Nutrisi

5 Rahasia Tetap Sehat Sehabis Makan Makanan Tinggi Kolesterol

5 menit baca
5 Rahasia Tetap Sehat Sehabis Makan Makanan Tinggi Kolesterol

Pola hidup sehat lansia sangat penting untuk Caring People perhatikan. Untuk dukung orang tua sehat, Caring People bisa mulai dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terutama bagi Kesayangan yang memiliki gejala gula darah tinggi.

Agar tidak memicu gejala gula darah tinggi, sebaiknya hindari makanan yang mengandung kadar gula ataupun kolestrol tinggi. Kendati harus dihindari, di sisi lain, tubuh kita juga tetap membutuhkan makanan dengan kandungan zat besi, kalsium, protein, dan magnesium yang dikenal juga memiliki risiko kolestrol tinggi.

Untuk itu, agar tetap sehat dan tidak terdampak buruk saat mengonsumsi makanan dengan kandungan kolestrol tinggi, berikut 5 rahasia pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk Caring People maupun Kesayangan:

1. Olahraga

Melakukan kegiatan olahraga terbukti menjadi hal yang paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah tinggi yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin melakukan olahraga jalan, berlari, bersepeda, ataupun berenang dengan durasi 30 menit per hari.

2. Minum Air Hangat

Mengkombinasikan makan makanan berlemak dengan meminum air dingin ternyata dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Sangat disarankan untuk meminum air putih biasa atau lebih baik hangat karena dapat membantu tubuh dalam mencerna makanan dan juga membantu mengeluarkan kolesterol dari makanan kolesterol yang baru saja dimakan.

3. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Pola hidup sehat lansia lainnya yang tak kalah penting adalah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur. Selain dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan penyerapan lemak, buah dan sayur juga membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh. Beberapa buah yang dapat dikonsumsi setelah memakan makanan tinggi kolesterol yaitu jeruk, apel, pear, pepaya, dan juga stroberi.

4. Mengolah Makanan dengan Benar

Yang seting terlupakan dalam tahapan pola hidup sehat adalah tetang mengolah makanan dengan benar. Ya, dengan mengerti cara mengolah bahan makanan yang benar dapat membantu kita dan orang tua sehat, karena semua makanan yang kaya akan gizi jika diolah dengan cara yang salah makan akan merusak atau menghilangkan gizi yang terkandung. Seperti contohnya saat ingin memakan hidangan laut yang mengandung kolesterol tinggi lebih baik disajikan dengan cara direbus ataupun dikukus.

5. Hindari Berbaring Setelah Makan

Berbaring setelah makan dapat mengakibatkan asam lambung, juga berbahaya bagi pencernaan dalam tubuh. Energi dan kalori dari makanan yang baru masuk kedalam tubuh dapat berubah menjadi lemak dan juga kolesterol akan meningkat. Sangat disarankan untuk memberi jeda waktu dua sampai tiga jam jika ingin berbaring setelah makan.

Nah, itu dia rahasia pola hidup sehat yang bisa Caring People terapkan untuk membuat tubuh kita dan orang tua sehat setelah makan makanan yang berkolestrol tinggi. Yuk, dukung orang tua mencapai pola hidup sehat sekarang! Semoga bisa membantu, ya, Caring People.