Nutrisi

5 Alasan Pentingnya Tidur Berkualitas untuk Caring People

5 menit baca
5  Alasan Pentingnya Tidur Berkualitas untuk Caring People

Tidur adalah salah satu kebutuhan penting manusia. Tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk kesehatan. Tak hanya bagi diri sendiri namun juga akan berdampak pada keluarga lain yang kita rawat.

Tidur berkualitas adalah tidur dengan waktu cukup atau normal yaitu sekitar 7-8 jam sehari secara kuantitas dan tidur nyenyak secara kualitas. Tanda kita mendapatkan tidur yang berkualitas adalah merasa segar dan bugar saat terbangun dari tidur.

Kenapa Tidur Berkualitas Itu Penting?

Kurangnya tidur berkualitas untuk caregiver dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Saat kurang tidur, tidak hanya kesehatan fisik yang terganggu namun juga pikiran dan mental. Tak heran jika kurang tidur, kita sering merasa lebih mudah emosi. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya tidur berkualitas untuk Caring People.

Meningkatkan sistem kerja otak

Otak akan kelelahan jika kita sulit mendapatkan tidur yang cukup. Jika Caring People sudah merasa sering lupa, linglung dan bengong, mungkin saatnya untuk beristirahat sejenak. Salah satu tanda Caring People mendapatkan tidur berkualitas, maka banyak hal yang dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat.

Menstabilkan suasana hati tetap baik

Sebagai Caring People, menjaga suasana hati sangatlah penting untuk menemani Kesayangan. Banyak sekali keadaan Caring People harus menjaga emosi tetap stabil agar tenang merawat Kesayangan. Memiliki tidur yang berkualitas akan membuat Caring People bangun penuh semangat dan siap menjalani hari dengan senyuman.

Membuat lebih berenergi

Tidur cukup dapat membuat tubuh lebih siap untuk beraktivitas dan bekerja secara optimal. Kurangnya waktu tidur membuat tubuh merasa lemas dan malas untuk melakukan kegiatan dan berakhir menjadi sekedar wacana. Jika Caring People merasa sedang banyak kegiatan yang harus diselesaikan, maka mulailah memiliki tidur yang berkualitas dan bangun lebih bersemangat.

Menjaga berat badan tetap ideal

Menjaga tubuh tetap fit dan sehat sangat penting bagi Caring People. Kurangnya tidur yang berkualitas akan berdampak buruk pada berat badan Caring People khususnya menyebabkan risiko obesitas meningkat.

Melindungi imun tubuh

Saat mendapatkan tidur berkualitas, sistem kerja jantung bekerja lebih optimal, mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, banyak sel tubuh yang beregenerasi dan membuat sistem tubuh secara keseluruhan bekerja lebih baik.

Sebegitu pentingnya mendapatkan tidur cukup dan berkualitas. Apalagi untuk Caring People yang harus tetap fit, tidak hanya untuk dapat beraktivitas sehari-hari tetapi juga tetap mampu bersama-sama setiap hari dengan Kesayangan. Untuk mendapatkannya, Caring People dapat mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Batasi waktu tidur siang

2. Lakukan olahraga secara teratur

3. Hindari mengonsumsi makanan berat dan kafein sebelum tidur

4. Simpan perangkat elektronik

5. Buat suasana kamar lebih nyaman dengan cahaya redup

6. Jadwalkan waktu tidur yang konsisten

7. Merelaksasikan diri dan menenangkan pikiran sebelum tidur

8. Mandi air hangat

9. Gunakan pakaian, serta kasur, bantal dan guling yang nyaman

Pastikan Caring People mendapatkan cukup waktu tidur agar dapat tetap fit menemani Kesayangan melakukan berbagai aktivitas. Lakukan persiapan tidur lebih awal agar dapat mengondisikan tubuh lebih rileks dan segera tidur jika merasa lelah.

Namun, jika segala upaya telah dilakukan dan Caring People masih merasa kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau tenaga ahli lainnya untuk mendapatkan solusi dan terapi terbaik yang diperlukan.

Reference :

Klik Dokter – Inilah Teknik Pernapasan untuk Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Hello Sehat – Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Alodokter – 9 Manfaat Istirahat dan Tidur yang Cukup

Glints – 12 Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas Setiap Malam

Kementerian Kesehatan Indonesia – 5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidurmu Agar Esok Pagi Lebih Bugar