Nutrisi

10 Jus Buah dan Sayur untuk Kesehatan Kesayangan

5 menit baca

Kesayangan wajib mengatur jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Tidak hanya tentang gizi, namun juga perlu memperhatikan zat dan tekstur asupannya agar tidak menyebabkan masalah pada kesehatan.

Saat memasuki usia senior, beberapa jenis masalah kesehatan yang umum terjadi mulai mengintai seperti gangguan indera pengecap, kemampuan mengunyah menurun, kesehatan saluran pencernaan hingga penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, stroke dan lainnya menjadi alasan utama untuk menyediakan menu makanan yang ramah bagi Kesayangan. Berikut adalah daftar jus buah dan sayur yang dapat dijadikan pilihan untuk Kesayangan demi menjaga kesehatannya.

1. Jus Kale

Kale mengandung lutein dan zeaxanthin yang melindungi dan memelihara kesehatan mata Kesayangan seiring bertambahnya usia.

Sebuah studi dari Biomedical & Environmental Sciences menemukan bahwa mengkonsumsi jus kale selama 3 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dan peningkatan kadar kolesterol baik yang juga berperan penting pada kesehatan jantung.

2. Jus Semangka

Buah satu ini dikenal mampu menjadi penangkal kanker. Selain segar, lezat dan memuaskan dahaga, semangka juga mengandung likopen tinggi yang membantu melindungi dan mengurangi risiko kanker payudara serta prostat.

3. Jus Parsley

Jika Kesayangan mengalami gula darah tinggi atau ingin mencegahnya, ayo mulai rutin konsumsi jus ini. Parsley kaya akan apigenin, nutrisi yang dapat berperan dalam mengatur gula darah dan mencegah diabetes sehingga sangat baik dikonsumsi Kesayangan.

4. Jus Pakcoy

Caring People, pastinya sering mengonsumsi sayuran satu ini. Ya, pakcoy atau dikenal juga dengan bok choy mengandung tinggi kalsium yang dapat mendukung kesehatan tulang mengingat Kesayangan membutuhkan asupan kalsium yang lebih tinggi daripada saat muda dulu.

5. Jus Tomat

Jus tomat tinggi akan vitamin C, antioksidan kuat yang mendukung penyerapan zat besi dan meningkatkan kesehatan kulit serta kekebalan tubuh. Tomat juga merupakan sumber likopen dan karotenoid yang memberi tomat berwarna merah.

Kandungan likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke sehingga baik dikonsumsi Kesayangan. Namun, perlu diingat konsumsi yang cukup karena dapat meningkatkan tekanan darah jika dimakan secara berlebihan.

6. Jus Bit

Dikenal dapat menambah darah, jus bit kaya akan nitrat anorganik yang telah terbukti meningkatkan kinerja atletik, menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Bit juga merupakan sumber betalain yang bagus, yaitu pigmen yang memberi warna merah pekat pada sayuran yang bertindak sebagai antioksidan kuat, serta berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung, peradangan, dan jenis kanker tertentu.

7. Jus Prune

Prune kaya akan vitamin B yang berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh, produksi DNA dan sel darah merah, serta kesehatan kulit dan mata. Selain itu, prune juga banyak digunakan sebagai bahan obat untuk sembelit khususnya bagi lansia. Kandungan seratnya membantu melunakkan tinja dan bertindak sebagai pencahar alami yang ringan. Prune juga dipenuhi dengan antioksidan baik lho, seperti vitamin C dan senyawa fenolik.

8. Jus Bayam

Sayuran khas karakter Popeye ini memang terkenal mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral penting lho. Seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan vitamin K serta mineral penting yaitu zat besi, magnesium, potassium, asam folat, sodium, dan kalium yang baik untuk kesehatan.

Pada dasarnya, mengonsumsi jus bayam secara rutin dapat membantu menyehatkan tubuh Kesayangan secara keseluruhan, salah satunya adalah mencegah anemia. Untuk menambah rasa semakin lezat, Caring People bisa menambahkan campuran buah dan sayur lain dalam jus bayam.

9. Jus Belimbing

Belimbing banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Buah yang satu ini mengandung tinggi vitamin C dan rendah kalori. Mengonsumsi buah belimbing ukuran sedang saja sudah cukup untuk memenuhi 52% kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, belimbing juga mengandung mineral penting untuk tubuh seperti zat besi, mangan, potassium, magnesium, dan zinc yang membantu memperkuat sistem imun sekaligus berfungsi sebagai detoks bagi tubuh.

10. Jus Jeruk

Dalam penelitian yang dilakukan University of Reading di Inggris mengungkapkan jika konsumsi jus jeruk setiap hari selama delapan minggu berturut-turut terbukti meningkatkan fungsi kognitif global secara keseluruhan.

Kandungan zat flavonoid pada jeruk bekerja untuk meningkatkan memori Kesayangan melalui aktivitas jalur sinyal hippocampus di dalam otak. Hippocampus adalah bagian kecil di otak yang berperan penting dalam mengingat informasi baru dan menghubungkan emosi ke dalam ingatan tersebut. Kerusakan pada bagian hippocampus bisa menyebabkan gangguan pembentukan memori.

Kesayangan dengan inkontinensia urin tidak perlu khawatir makan buah, karena kandungan nutrisi pada buah sudah terbukti baik untuk kesehatan dan tidak akan membuat Kesayangan bolak-balik ke toilet. Gunakan Confidence popok dewasa dengan kemasan baru yang membuat kenyamanan lebih maksimal dan semakin percaya diri.

Pilih Confidence popok celana Tipis & Pas di Badan atau Confidence popok celana Ekstra Serap untuk Kesayangan yang aktif. Dengan bahan yang elastis dan pas di badan mengikuti bentuk tubuh, Kesayangan bebas bergerak dan beraktivitas.

Confidence popok celana juga melindungi kebocoran dari segala sisi dengan bahan yang lembut dan bersirkulasi udara. Confidence Ekstra Serap memiliki ekstrak aloe vera dan daya serap ekstra hingga 12 jam yang membuat Kesayangan semakin nyaman dan percaya diri.


Referensi :
Insan Medika - 10 Jus Buah dan Sayur untuk Meningkatkan Kesehatan Lansia
Homecare.id - 10 Minuman Kesehatan untuk Lansia, Nomor 7 Wajib Coba!
Lifestyle Bisnis - 3 Jenis Jus yang Cocok untuk Orang Berusia 50 Tahun ke Atas