Kesehatan

Wajib Tahu! Inilah Waktu Tidur Ideal Bagi Kesayangan

5 menit baca

Ketika seseorang bertambah usia, tanpa disadari mereka mengalami perubahan waktu tidur misalnya dulu mudah sekali tertidur, pada usia senja bahkan sering kali terbangun atau tidak nyenyak. Tentunya, hal ini akan berdampak pada aktivitas keseharian Kesayangan. Untuk itu, Caring People perlu tahu berapakah waktu tidur yang ideal bagi Kesayangan? Mengapa waktu tidur Kesayangan semakin berkurang?

Menurut Marie Bernard, MD, wakil direktur National Institute on Aging di Amerika menyatakan bahwa semakin tua seseorang maka organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi. Hal ini mempengaruhi kadar hormon yang ada di dalam tubuh Kesayangan, salah satunya adalah melatonin.

Hormon melatonin berperan dalam mengatur siklus bangun dan tidur seseorang.
Jika produksi hormon melatonin berkurang atau terganggu, maka siklus tidur akan berubah. Nah, hal inilah yang membuat Kesayangan memiliki durasi tidur yang lebih singkat jika dibandingkan dengan orang dewasa atau anak.

Berapa Jam Idealnya Kesayangan Tidur?

Kesayangan tetap memerlukan waktu istirahat yang cukup agar dapat menjaga kondisi badan serta kesehatannya. Idealnya pada Kesayangan yang berusia 61-64 tahun, durasi tidur malam yang dibutuhkan adalah 7-9 jam per hari. Sedangkan pada Kesayangan yang berusia 65 tahun, durasi tidur yang dibutuhkan adalah 7-8 jam per hari, seperti dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention.

Penyebab Kesayangan Sulit Tidur

Selain usia dan hormon yang terganggu, Caring People juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Karena bisa saja menjadi salah satu penyebab Kesayangan kurang tidur yaitu:

1. Inkontinensia Urine

Kesayangan yang mengidap inkontinensia urine biasanya akan sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Hal ini tentunya menjadi sebuah gangguan yang terjadi saat tidur dan bisa menyebabkan berkurangnya waktu serta kualitas tidur Kesayangan. Selain itu, rasa nyeri atau sakit pada tubuh yang muncul karena penyakit lain juga bisa menjadi gangguan saat Kesayangan hendak ingin tidur.

2. Insomnia

Insomnia juga menjadi salah satu penyebab yang cukup umum dikeluhkan oleh Kesayangan yang berusia di atas 50 tahun. Kondisi ini membuat waktu tidur menjadi tidak nyaman serta terganggu kualitasnya.

Dalam hal ini, insomnia biasanya terjadi karena stres yang tidak terkelola dengan baik atau efek samping dari penyakit mental Kesayangan, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Selain itu, insomnia juga bisa dialami karena obat-obatan yang dikonsumsi oleh Kesayangan.

3. Sleep Apnea

Gangguan tidur lain yang spesifik dan membuat Kesayangan terbangun di malam hari adalah sleep apnea. Sleep apnea adalah sebuah keadaan dimana napas seseorang dapat berhenti sejenak saat tidur.

Hal ini dapat membuat Kesayangan terbangun dalam kondisi kaget dan terengah-engah. Tentu saja, kondisi ini dapat membuat Kesayangan takut dan kesulitan untuk melanjutkan tidurnya. Jika Kesayangan mengalami hal ini, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Dampak Kurangnya Waktu Tidur Pada Kesayangan

Salah satu dampak pada Kesayangan yang mengalami kekurangan waktu tidur adalah berkurangnya kualitas hidup. Karena hal ini akan menyebabkan Kesayangan menjadi mengantuk di siang hari dan sulit untuk beraktivitas.

Mengantuk dan kelelahan di siang hari dapat menimbulkan resiko cedera pada Kesayangan, misalnya saat mengantuk Kesayangan menjadi hilang keseimbangan saat berjalan dan menyebabkan terjatuh. Akibatnya, akan ada bagian tubuh Kesayangan yang terluka dan proses penyembuhannya memakan waktu yang cukup lama.

Kesayangan juga menjadi tidak produktif saat hendak melakukan berbagai aktivitas yang dapat mendukung kesehatannya. Tanpa penanganan yang tepat, gangguan tidur dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit, seperti jantung atau hipertensi yang tentunya dapat berbahaya untuk Kesayangan.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Atasi Insomnia Pada Kesayangan

Cara Membuat Kesayangan Tidur dengan Nyaman

Ada beberapa cara yang Caring People dapat lakukan untuk membuat Kesayangan tidur cukup dan nyaman. Pertama, buatlah suasana kamar se-nyaman mungkin. Caring People bisa menyesuaikan suhu kamar terlebih dahulu, menggunakan kasur dan bantal yang lebih empuk, atau memasang wewangian relaksasi yang disukai Kesayangan agar mereka dapat tidur dengan nyaman dan tenang.
 
Selain itu, Caring People bisa membuat durasi tidur siang Kesayangan menjadi lebih pendek, sehingga tidak kesulitan saat ingin beristirahat di malam hari. Tidur siang yang berlebihan dapat mengakibatkan Kesayangan tidak mengantuk di malam hari dan mengalami kekurangan waktu tidur.
 
Tak lupa selalu dukung kenyamanan tidur Kesayangan dengan menggunakan Confidence Premium Night. Dengan bahan Cloth-like, Confidence Premium Night lembut dan nyaman digunakan oleh Kesayangan pada malam hari. Selain itu, Confidence Premium Night juga dilengkapi dengan ekstrak aloe vera yang mencegah iritasi saat digunakan. Dengan sirkulasi udara yang lebih baik, Confidence Premium Night memberikan kenyamanan maksimal untuk Kesayangan.