Kesehatan

Varian Omicron Bukan Gejala Ringan untuk Lansia

5 menit baca
Varian Omicron Bukan Gejala Ringan untuk Lansia

Dua tahun kita berada di masa pandemi dan melaluinya bukan perkara yang mudah ya tentunya buat kita semua. Virus Corona atau Covid-19 yang lebih kita kenal memang mampu mengubah kebiasaan, bahkan perilaku kita sehari-hari, mulai dari menjaga pola kesehatan hingga pola konsumsi makanan. Jika lengah, virus yang menginfeksi saluran pernafasan bagian atas dan bawah ini akan sangat cepat menular.

Sempat mereda dalam kurun beberapa bulan ini, tetapi tepat pada awal tahun ini varian Covid-19 yang bernama Omicron atau B.1.1.529 kian merebak. Lalu apa itu varian Omicron? Seberapa berat gejala yang dirasakan jika terkena Lansia? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti ada di kepala Caring People, yuk kita coba bahas satu per satu.

Virus Covid-19 Varian Omicron

Dilansir dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), B.1.1.529 adalah varian terbaru dari virus corona yang disebut berasal dari Afrika Selatan. WHO menetapkan varian tersebut sebagai varian yang menjadi perhatian atau variant of concern (VoC) yang diberi nama Omicron. Varian Omicron ini ini adalah termasuk VoC yang dapat menyebabkan peningkatan penularan, peningkatan kematian, dan disebut berkemampuan dalam mempengaruhi efektivitas vaksin.

Dampak Gejala untuk Lansia

Walau Omicron ini termasuk termasuk VoC, namun dalam beberapa penelitian varian ini memiliki resiko dan gejala lebih kecil untuk turun ke paru-paru dan menyebabkan pneumonia. Tapi hal ini tidak berlaku untuk orang yang lanjut usia, karena varian Omicron ini diketahui lebih cepat menyebar dibandingkan varian virus corona Covid-19 sebelumnya. Bahkan, lebih cepat memicu peningkatan jumlah lansia yang dirawat dengan pneumonia akut setelah terinfeksi.

Rumah sakit darurat Fujimino di Jepang mengalami peningkatan jumlah pasien usia 60 tahun ke atas. Lebih dari setengah pasien lansia yang dirawat di rumah sakit itu menderita pneumonia dan membutuhkan ventilator. Karena itu, Caring People harus lebih waspada lagi ya di masa pandemi varian Omicron ini, tetap jaga Kesayangan dengan sepenuh hati dan penuh cinta.

Secara lengkap, hal apa saja sih yang bisa Caring People lakukan untuk Kesayangan di masa pandemi ini? Ini dia beberapa hal yang harus Caring People lakukan untuk mencegah virus Corona pada Kesayangan;

  1. Untuk mencegah penyebaran virus, kurangi aktifitas di luar tapi ajak Kesayangan untuk tetap aktif meski di rumah, salah satunya melakukan hobi, olahraga ringan, berjemur atau berkebun.
  2. Tetap jaga protokol Kesehatan, ajak Kesayangan untuk sering mencuci tangan, memakai masker dan tetap jaga jarak.
  3. Tingkatkan imunitas, salah satunya dengan konsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, minum air mineral cukup, konsumsi multivitamin dan berolahraga ringan di rumah.
  4. Menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap bersih itu penting, karena dengan bertukarnya udara di dalam ruangan akan mencegah pertumbuhan virus, caranya bisa dengan membuka jendela setiap hari agar sinar matahari masuk.
  5. Mengikuti tes Covid-19 untuk mencegah dan meyakinkan bahwa Kesayangan aman dari virus Omicron

Yuk Caring People, ikuti beberapa hal di atas untuk menjaga Kesayangan tetap sehat dan terhindar dari virus Omicron. Untuk menunjang aktivitas sehari-harinya di rumah, Caring People juga bisa berikan Kesayangan Confidence Heavy dan Medium Flow yang punya daya serap 6x, berbahan Lycra yang elastis dan dilengkapi SAP anti bakteri, agar Kesayangan nyaman dan percaya diri.

Referensi: