Kesehatan

Tetap Aktif di Usia Senja, Kualitas Hidup Lansia Bisa Meningkat

5 menit baca

Semakin bertambah usia, memang kondisi kesehatan Kesayangan bisa jadi semakin menurun yang mengakibatkan produktivitasnya pun berkurang. Hobi dan kegiatan harian lainnya, lambat laun akan ditinggalkan oleh Kesayangan karena kurangnya kemampuan tubuh untuk bergerak seperti saat-saat muda. Namun hal ini tidak berarti bahwa kesayangan harus berhenti bergerak, jika badan tidak aktif bergerak akan banyak muncul keluhan-keluhan yang datang seperti lutut sering sakit, pinggang sering nyeri sulit tidur hingga sulit buang air kecil. 

Walaupun tidak segesit dulu lagi, aktivitas dan hobi yang ringan bisa meningkatkan mood dan kepercayaan diri Kesayangan sehingga kualitas hidupnya pun lebih baik. Karena memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar adalah impian semua orang. Caring People bisa mengajak Kesayangan untuk melakukan kegiatan ringan yang disukai Kesayangan untuk memastikannya tetap akfif bergerak. 

Berikut ini 3 pilihan kegiatan yang bisa Caring People lakukan bersama Kesayangan.

1. Olahraga

Olahraga menjadi satu bagian yang penting dilakukan oleh kesayangan agar tetap aktif. Selain membuat Kesayangan tetap aktif bergerak, olahraga juga memberikan dampak positif untuk memperbaiki mood dan membuat Kesayangan berani lebih percaya diri. Sesuaikan dan pilih jenis olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh Kesayangan. 

Jika Kesayangan masih dapat berjalan secara mandiri, sesekali Caring People bisa mengajaknya berjalan pagi. Lakukan secara rutin 3-4 minggu sekali selama 30 menit, berjalan kaki dapat meningkatkan kekuatan, stamina dan suasana hati Kesayangan. Lakukan olahraga ini bersama dengan keluarga lainnya agar olahraga terasa seru dan menyenangkan

2. Merawat tanaman atau hewan

Kehadiran tanaman atau hewan piaraan di sekitar rumah Kesayangan akan menambah kebahagiaan tersendiri. Dengan berkebun atau memelihara hewan peliharaan bersama, Caring People dapat membantu mengusir rasa kesepian yang dirasakan Kesayangan. Salah satu manfaat memelihara hewan kesayangan akan merasa ada yang menjaga dan menemani nya setiap saat. 

Berkebun dapat memenuhi kebutuhan vitamin kesayangan akan vitamin D dan sinar matahari. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan kognitif Kesayangan yang membuatnya kesehatannya pun lebih baik dan mendorong kesayangan agar tetap aktif bergerak. Caring People dapat mendukung kegiatan kesayangan ini dengan menyediakan peralatan berkebun apabila ingin merawat tanaman atau perlengkapan hewan peliharaan jika ingin merawat ‘anabul’ di rumah. 

3. Kerajinan tangan 

Salah satu masalah yang paling sering dialami kesayangan seiiring berjalannya waktu adalah penurunan daya ingat. Tetap lakukan beberapa kegiatan agar otak terstimulasi dan tetap aktif bergerak. Walaupun tidak banyak melakukan kegiatan aktivitas fisik, melakukan kerajinan tangan dapat melatih memori serta mengusir rasa jenuh. Melakukan kerajinan tangan juga dapat mengisi waktu agar tidak bosan dan kesepian. 

Caring People dapat memperkenalkan macam-macam kerajinan tangan praktis seperti crafting, merajut, atau melukis. Setelah itu, dorong semangatnya dengan menyiapkan peralatan kerajinan tangan yang Kesayangan sukai. Dengan mengerjakan kerajinan tangan, Kesayangan akan lebih produktif sehingga kualitas hidupnya pun meningkat.

Caring People juga harus memperhatikan kenyamanan Kesayangan dalam melakukan aktivitasnya. Berikan Confidence Pants yang sesuai dengan tingkat produktifitas Kesayangan agar tidak menganggu oleh inkontinensia urin yang dialami selama melakukan kegiatan. 

Jangan lupa, pastikan Kesayangan melakukan aktivitas dan kegiatan sesuai kesukaan mereka dimulai dari hal-hal kecil yang ada disekitar, selalu buat hati kesayangan menjadi tenang agar terhindar dari stress dan tertekan sehingga kesehatan fisik serta mental tetap terjaga. 

Nah Caring People, kalo kesayangan kamu udah melakukan aktivitas rutin yang mana?