Kesehatan

Tahukah Kamu? Merawat Gigi Bantu Tingkatkan Kualitas Hidup Kesayangan

5 menit baca
Tahukah Kamu? Merawat Gigi Bantu Tingkatkan Kualitas Hidup Kesayangan

Masalah kesehatan gigi seringkali diabaikan di usia senior. Padahal kesehatan gigi memiliki peran penting dalam kualitas hidup Kesayangan. Gigi berfungsi dalam pengunyahan makanan. Kehilangan atau kerusakan gigi dapat membuat pengunyahan menjadi sulit, akhirnya dapat mempengaruhi pencernaan dan asupan gizinya.

Kesehatan mulut yang buruk dapat berdampak pada kesehatan Kesayangan secara umum. Infeksi gigi atau penyakit gusi yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan pernapasan.

Kehilangan gigi pada Kesayangan dapat memiliki dampak psikologis yang signifikan, seperti malu, tegang, penurunan selera makan, risiko malnutrisi, tidur terganggu, kesulitan sosialisasi dan konsentrasi, bahkan ketidakmampuan untuk bekerja dengan optimal.

Perawatan gigi dan mulut yang dilakukan pada lansia, baik secara mandiri di rumah maupun klinik dokter gigi, berbeda dengan usia lainnya. Perbedaan ini dapat terjadi karena menurunnya kemampuan Kesayangan dalam merawat kebersihan gigi dan mulut secara maksimal, serta berkurangnya kemandirian untuk berkunjung ke dokter gigi.

Beberapa masalah gigi yang sering dialami Kesayangan antara lain:

1. Kehilangan Gigi

Sebagian besar lansia memiliki keluhan bahwa kondisi ompong menyulitkan mereka untuk mengunyah dan kurangnya percaya diri akibat menurunnya keindahan senyuman. Di samping itu, kehilangan gigi terutama di area depan membuat Kesayangan sulit berkomunikasi karena pengucapan yang kurang begitu jelas.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang dapat terjadi karena berkurangnya kemampuan Kesayangan dalam membersihkan gigi yang berujung pada nyeri gigi dan kerusakan gigi yang cukup besar sehingga tidak dapat dilakukan penambalan kembali. Lubang gigi yang berujung tajam juga berpotensi menyebabkan trauma di dalam mulut seperti sariawan.

3. Gigi Tidak Kokoh

Kehadiran karang gigi yang jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan, serta penggunaan beberapa gigi palsu secara berlebihan dapat membuat menjadi goyang akibat telah hilangnya banyak gigi lainnya. Kurangnya kemandirian Kesayangan untuk mengunjungi praktek dokter gigi juga membuatnya tidak dapat melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi secara berkala.

Melakukan upaya pencegahan adalah kunci untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada Kesayangan, seperti:

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur. Rutin juga membersihkan gusi dengan baik.

Jika gigi sudah tidak ada, membersihkan gusi dan lidah secara teratur dapat dilakukan dengan kapas yang dicelupkan dalam air hangat. Apabila Kesayangan memakai gigi palsu, bersihkan dengan lembut di bawah air mengalir atau dengan pembersih khusus yang telah disarankan oleh dokter dan rendam dalam air bersih saat tidur.

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Hindari makanan atau minuman dengan kandungan gula berlebih yang dapat merusak kesehatan gigi. Pilih makanan sehat untuk kesehatan gigi yang lebih baik. Selain dapat merawat gigi, Kesayangan pun jadi mampu mengontrol nutrisi yang dikonsumsi.

2. Pemilihan makanan yang tepat

Kesayangan harus memilih makanan yang mudah dikunyah atau dicerna. Pemilihan makanan yang tepat dapat membantu menghindari masalah pencernaan dan asupan gizi memadai.

3. Deteksi dini kelainan mukosa

Hal ini penting untuk mendeteksi perubahan atau kelainan pada mulut Kesayangan dan membantu mencegah penyakit yang lebih serius. Rutin berkonsultasi dengan dokter gigi setidaknya enam bulan sekali untuk mendeteksi kelainan mulut sejak dini akan berdampak besar pada kesehatan gigi dan mulut Kesayangan.

Dengan memiliki gigi yang optimal, Kesayangan dapat menjaga kemampuan pengunyahan yang baik dan asupan gizi seimbang. Pencegahan dan perawatan gigi yang tepat adalah kunci untuk menjaga kualitas hidup Kesayangan.

Selain merawat kesehatan gigi dan mulut, bantu tingkatkan kepercayaan diri Kesayangan dengan inkontinensia urin bersama Confidence. Kini dengan kemasan baru dan daya serap ekstra hingga 12 jam membuat Kesayangan lebih nyaman dan bebas bergerak beraktivitas sehari-hari.

Referensi :

Geriatri - Perawatan Gigi Kunci Jaga Kualitas Hidup Lansia

Geriatri - Penentu Kualitas Hidup Lansia, Jangan Sepelekan Kesehatan Gigi dan Mulut

Ayo Sehat Kementerian Kesehatan - Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan - Senyum indah dan Sehat pada Gigi Lansia

EMC Health Care - Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lanjut Usia