Kesehatan

Orang Tua yang Melek Teknologi Lebih Bahagia

5 menit baca
Orang Tua yang Melek Teknologi Lebih Bahagia

Perkembangan zaman semakin maju, terutama yang berhubungan dengan teknologi yang semakin canggih, semua hal menjadi mudah dan simple. Kebiasaan kita sehari-hari pun banyak berubah, sebagai contoh untuk membeli makanan, yang dulunya kita harus pergi ke restoran atau supermarket, sekarang tinggal pesan pakai jari. Dengan itu, mau tak mau kita harus mengikuti perkembangan tersebut, tidak terlepas orang tua kita yang notabenenya adalah orang lanjut usia. Walau sudah lanjut usia ada baiknya mereka mengerti teknologi atau sekedar bisa menggunakan gawai (gadget), karena tidak dipungkiri keberadaan banyak sekali manfaat positifnya.

Kenapa orang tua harus melek teknologi? Jawabannya sederhana, di era digital ini semua hal bisa kita dapatkan di gadget, memesan transportasi, menjalin komunikasi, membaca buku, menonton film, bermain game dan banyak lagi lainnya. Dengan itu, ketika orang tua kita ajarkan gadget sama saja kita memberikan kemudahan dan kebahagiaan untuk mereka, sebagai contoh ketika ia membutuhkan teman ngobrol ia akan menelpon untuk membunuh rasa kesepiannya. Bisa juga ia bertanya kepada dokter melalui website untuk penyakit yang ia derita. Masih banyak lagi hal positif jika kita mengenalkan gadget kepada orang tua.

Mengajarkan gadget ke orang tua tak semudah kita mengajarkan gadget ke anak-anak, karena secara nalar dan emosinya berbeda, lalu seperti apa tips mengajarkan gadget untuk orang tua?

Tips mengajarkan gadget kepada orang tua, yaitu:

  1. Berikan orang tua gadget dengan fitur sederhana, agar orang tua lebih mudah memahami dan menggunakannya.
  2. Berikan aplikasi yang dibutuhkan dan yang penting-penting saja, karena semakin banyak aplikasi yang diajarkan akan membuat mereka kebingungan.
  3. Ajarkan dengan singkat dan jelas, seperti bagaimana menulis pesan, melihat pesan masuk, dan cara melakukan panggilan.
  4. Mengulangi apa yang sudah diajarkan, karena memang tantangan mengajarkan gadget kepada orang tua adalah kesabaran dan ketelatenan.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat gadget untuk orang tua, yuk mulai dengan yang simple-simple saja, lakukan dengan sabar dan pelan-pelan. Tapi jangan lupa juga untuk mengontrol penggunaannya ya Caring People.

Referensi

https://www.tehpucukharum.com/pucuk-inspiration/tips/cara-mengajari-cara-pake-gadget-ke-orangtua