Kesehatan

Jangan Takut Jadi Tua, Tetap Pede dan Banyak Manfaatnya

5 menit baca

Usia dan waktu adalah dua hal yang tidak bisa dihindari, karena keduanya akan terus berjalan tanpa menunggu kita siap atau tidak. Rambut yang mulai memutih, kulit yang mulai berkeriput, inkontinensia urin, bahkan keadaan fisik yang tidak bugar bisa menjadi alasan Caring People atau Kesayangan merasa takut atau tidak suka ketika menjadi senior atau tua.

Padahal, bertambahnya umur bukanlah sebuah hal yang harus ditakuti dan tidak selalu buruk. Ada banyak hal yang bisa Caring People atau Kesayangan dapat lakukan di masa tua dengan baik, bahkan Caring People dan Kesayangan bisa membuatnya menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat serta dapat membuat Caring People atau Kesayangan menjadi lebih pede menjalaninya. Mau tahu alasannya kenapa Caring People dan Kesayangan tidak perlu takut dan harus lebih pede ketika menua? Ini dia alasannya.

Menua? Siapa takut! Tetap Pede, Ini Alasannya

Dengan bertambahnya usia, tak selalu dibarengi dengan penurunan atau pengurangan atas sesuatu ada banyak hal yang juga bertambah dalam diri Kesayangan atau Caring People selain usia, coba perhatikan hal-hal di bawah ini agar Caring People dan Kesayangan dapat memaknai usia tua dengan sudut pandang yang lain.

1. Lebih memahami diri sendiri

Seiring bertambahnya usia, Caring People atau Kesayangan akan lebih memahami diri sendiri. Caring People atau Kesayangan akan lebih tahu apa yang diinginkan dalam hidup dan menentukan tujuan hidup ke depannya. Dengan mengetahui hal apa yang diinginkan, Caring People atau Kesayangan dapat membuat perencanaan untuk mencapainya atau mengerjakannya di tahun-tahun atau waktu yang akan datang.

2. Lebih bijaksana dalam membuat keputusan

Seiring bertambahnya umur, bertambah pula pengalaman yang membentuk kebijaksanannya. Pengalaman hidup yang membentuk Caring People atau Kesayangan. Dalam hal ini contohnya ketika mendapat respon atau kejadian negatif, Caring People atau Kesayangan bisa lebih mudah memaafkan saat berinteraksi dengan orang. Selain itu dalam membuat keputusan, Caring People dan Kesayangan tidak akan terburu-buru dan lebih baik, karena memikirkan dampak serta manfaatnya terlebih dahulu berdasarkan pengalaman sebelumnya.

3. Dapat mengendalikan emosi dengan tepat

Seperti membuat keputusan, dengan bertambahnya usia dan pengalaman, Caring People dan Kesayangan dapat lebih baik dalam mengendalikan emosi. Bahkan seseorang yang tadinya mudah marah, dapat cenderung menjadi pendiam ketika usianya bertambah. Jika Kesayangan dan Caring People dapat memilah hal mana yang perlu dan tidak perlu dikonfrontasi secara emosional hal ini akan menjadi sesuatu yang positif karena Caring People atau Kesayangan tidak perlu membuat tenaga untuk hal-hal yang percuma.

4. Bahagia dengan bersyukur

Bersyukur dengan apa yang ada dan dipunya bisa menjadi salah satu kunci untuk memiliki masa tua yang menyenangkan dan tidak menakutkan. Sesekali Caring People atau Kesayangan dapat duduk dan berkontemplasi tentang hal-hal menyenangkan apa saja yang pernah dilalui dan bersyukur atas hal tersebut. Dengan memandang hidup lebih positif masa tua dan menjadi tua bukanlah sesuatu yang patut ditakuti

Baca Juga: 3 Hobi Anti Mainstream Ini Punya Segudang Manfaat untuk Lansia

Bisa jadi Privilege, Ini Kemudahan Saat Menjadi Tua

Menjadi tua juga punya beberapa manfaat yang sebenarnya menyenangkan jika dilihat kembali, ada beberapa hal yang memang dirancang untuk memudahkan kegiatan dan keperluan orang yang sudah memasuki usia senior. Mendapatkan fasilitas yang lebih baik dan penawaran khusus bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan saat memasuki usia senior, di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai contoh:

1. Punya jalur antrian sendiri

Di banyak tempat seperti bank, rumah makan, terminal, atau rumah sakit, biasanya menyediakan jalur khusus untuk orang dengan batas usia tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka dan mempercepat proses yang akan dilakukan, selain itu biasanya jalur antrian ini punya pelayanan khusus yang juga memudahkan kegiatan penggunanya, seperti asisten.

2. Mendapatkan duduk di setiap kesempatan

Sudah menjadi sebuah kode moral, bahkan peraturan, bahwa orang dengan usia tertentu mendapatkan prioritas duduk di berbagai tempat. Jangan melihat hal ini sebagai sebuah bentuk kasihan, tetapi jadikan sebagai sebuah apresiasi bagi senior yang masih pede tetap beraktivitas, seperti naik kendaraan umum, atau datang ke rumah sakit seorang diri untuk memeriksakan dirinya. .

3. Bisa dapat diskon atau gratisan

Mendapatkan diskon ketika ke tempat hiburan atau berbelanja adalah sesuatu yang menyenangkan, karena Caring People atau Kesayangan dapat berhemat dan mengalokasikan uang yang ada untuk keperluan lain. Bahkan tidak hanya berhenti pada diskon, beberapa tempat (biasanya museum atau tempat hiburan) juga menawarkan tiket gratis untuk pengunjung lansia. Menyenangkan bukan?

4. Punya tempat parkir sendiri

Seperti mendapatkan duduk, pandanglah hal ini sebagai suatu apresiasi karena masih menyetir sendiri. Pusat perbelanjaan dan mall biasanya menyediakan parkir khusus untuk senior yang akan memudahkan dalam mencari parkir, selain itu tempat parkir ini biasanya terletak dekat dengan pintu sehingga tidak menyusahkan Caring People atau Kesayangan berputar di tempat parkir untuk mencari pintu atau mencari mobil ketika akan pulang

Baca Juga: Orang Tua yang Melek Teknologi Lebih bahagia

Tetap Aktif Namun Tahu Batasan

Selain hal-hal di atas, Caring People atau Kesayangan dapat melakukan beberapa hal untuk memuat masa tua menjadi menyenangkan dan tidak menakutkan, beberapa diantaranya adalah:

1. Menekuni hobi

Gunakanlah waktu luang yang dimiliki untuk menekuni hobi atau kegiatan yang Caring People sukai. Selain menekuni, mempelajari atau mencari hobi baru. Aktivitas menjalankan hobi ini menyenangkan untuk dilakukan dan bisa menjadi sarana latihan agar terhindar dari beberapa penyakit.

2. Bersosialisasi

Meskipun sudah memasuki usia tua, Caring People dan Kesayangan tetap harus menjaga hubungan baik dengan teman dan kolega. Tetaplah bersosialisasi untuk mendapatkan kabar terbaru dari kawan, atau jadwalkan makan di luar bersama. Dengan bersosialisasi selain menjadi sarana refreshing, bisa saja Caring People atau Kesayangan mendapatkan tips & trick baru yang bisa diaplikasikan dari teman atau kolega.

3. Makin dekat dengan keluarga

Jika dulu Caring People atau Kesayangan disibukkan dengan aktivitas kerja, sekarang saatnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Caring People atau Kesayangan dapat membuat kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan sambil beraktivitas, seperti berolahraga bersama, jalan-jalan keluarga, atau sekedar ngobrol di kafe atau tempat makan bersama.

4. Membuat perencanaan

Seperti sudah dibahas di atas, buatlah sebuah perencanaan yang akan dilakukan secara berkala, baik bulanan, mingguan, atau tahunan. Dengan membuat perencanaan Caring People atau Kesayangan dapat menentukan prioritas. Buatlah jadwal yang nyaman dan bisa diikut serta dilakukan secara konsisten.

5. Aktif berkegiatan sosial

Aktif berpartisipasi dalam kegiatan kerelawanan bisa menjadi sebuah cara untuk mengisi waktu dan mengatasi kesepian di hari tua. Selain bisa bertemu dengan banyak orang, Caring People atau Kesayangan juga dapat memberikan sesuatu yang lebih untuk lingkungan sekitar dan orang lain.
Hadapi hari tua dan inkontinensia urin dengan Confidence Pants
Untuk mendukung tetap aktif di hari tua gunakan Confidene Pants, popok celana yang elastis dan bentuknya pas di badan dengan bahan lycra. Dilengkapi dengan SAP anti bakteri dan sudah teruji klinis aman untuk kulit yang sensitif dan dapat mengurangi risiko ruam popok. Selain itu Confidence Pants juga memiliki daya serap ekstra hingga 6x.

Menjaga untuk tatap aktif tanpa perlu takut usia tua atau inkontinensia, tetap bahagia di usia senja dengan Confidence Pants