Kesehatan

Jaga Kesehatan Kesayangan dengan Tetap Percaya Diri di Usia Senior

5 menit baca

Usia bisa menjadi salah satu hal yang dapat membuat kemampuan fisik Kesayangan menjadi berkurang. Namun jika Kesayangan bisa berdamai dengan hal ini dan menerimanya, bukan tidak mungkin tetap sehat meski usianya sudah lanjut.

Ada banyak kegiatan yang bisa Kesayangan lakukan di usia senior, mulai dari berolahraga hingga menjalankan hobi. Jika Kesayangan tetap beraktivitas, ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan baik secara fisik maupun psikis, seperti menurunkan risiko penyakit, hingga menjaga kebugaran badan Kesayangan.

Manfaat Kesayangan Aktif di Usia Senior

Caring People penasaran apa aja manfaat yang bisa dirasakan oleh Kesayangan ketika tetap aktif di usia senior? Coba deh perhatikan daftarnya di bawah ini!

1. Menjaga fungsi kognitif

Seiring dengan berjalannya usia, fungsi kognitif seseorang akan semakin menurun. Namun jika Kesayangan kamu tetap aktif menjalankan kegiatan, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kemampuan otak dan kognitifnya. Selain itu, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan risiko Kesayangan agar tidak terhindar dari alzheimer dan demensia.

2. Menurunkan risiko penyakit

Menurut Journal of American Family Physician, Kesayangan yang tetap aktif dapat mencegah atau meminimalisir risiko berbagai macam penyakit. Sebagai contoh memiliki sistem imunitas yang lebih baik. Hal ini membuat mereka tidak rentan dengan penyakit menular atau penyakit seperti hipertensi, obesitas, atau penyakit fungsi jantung.

3. Meningkatkan massa otot dan kesehatan tulang

Seperti kemampuan kognitif, dengan melakukan aktivitas Kesayangan dapat menjaga massa otot tubuhnya. Hal ini penting mengingat massa otot memiliki peran penting untuk menunjang kinerja organ dan anggota tubuh lainnya. Berkurangnya massa otot dapat membuat Kesayangan kesulitan untuk melakukan aktivitasnya.

4. Menjaga kesehatan mental

Menjaga Kesayangan tetap aktif juga mendukung kesehatan mental dan psikologisnya. Melakukan aktivitas, seperti berolahraga, jalan-jalan atau bermain bersama cucu dapat memiliki manfaat untuk menjaga mood yang lebih baik dan menghindarkan Kesayangan dari depresi serta serangan kecemasan. Karena saat beraktivitas tubuh Kesayangan mengeluarkan hormon endorfin yang berguna untuk memperbaiki mood.

Baca Juga: Panduan Menjaga Pola Hidup Sehat Untuk Lansia

Macam-macam Aktivitas Agar Kesayangan Tetap Aktif

Menyesuaikan kondisi Kesayangan, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan agar Kesayangan tetap aktif. Berikut ini aktivitas yang dapat Caring People lakukan bersama Kesayangan atau Kesayangan seorang diri:

1. Berolahraga

Salah satu kegiatan yang dapat membuat Kesayangan tetap aktif adalah berolahraga. Caring People juga dapat berolahraga bersama Kesayangan di akhir pekan. Dengan berolahraga, Kesayangan dapat menjaga kesehatan sendi dan melatih stamina serta pernapasan mereka. Ada baiknya Caring People dan Kesayangan berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan olahraga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Tetapi biasanya Kesayangan dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, senam, atau berenang.

2. Kerajinan tangan

Kesayangan dengan bakat artistik dapat membuat kerajinan tangan sepert imerajut, merangkai bunga, berkebun, hingga membuat tembikar. Dengan melakukan aktivitas ini, Kesayangan dapat melatih kemampuan motorik dan koordinasi. Aktivitas ini juga dapat menjadi sarana Kesayangan untuk membuatkan Caring People atau cucu Kesayangan sebuah benda buatan sendiri yang pastinya lebih bermakna jika diberikan sebagai hadiah.

3. Bermain alat musik

Aktivitas lain yang menyenangkan dan dapat dilakukan seorang diri oleh Kesayangan adalah bermain alat musik. Seperti membuat kerajinan tangan, dengan bermain alat musik Kesayangan dapat melatih koordinasi tangan, fungsi kognitif, serta ingatannya. Kesayangan juga dapat unjuk gigi dengan memperlihatkan kemampuannya bermain alat musik dalam pertemuan keluarga atau teman untuk menjaga rasa percaya diri dan mencairkan suasana.

4. Bermain dengan cucu

Bermain bersama cucu adalah kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh Kesayangan. Kesayangan dapat menceritakan pengalaman-pengalaman menarik semasa muda yang bisa dibagikan sebagai pelajaran kepada sang cucu. Selain itu bermain dengan cucu juga dapat mempererat hubungan keduanya. Selain itu, mengajak cucu untuk berjalan-jalan di taman atau sekitar komplek juga bisa menjadi alternatif olahraga untuk Kesayangan.

Baca Juga: Latihan Perenggangan Badan, agar Tetap Sehat dan Bugar di Usia Senior

Tips Melakukan Aktivitas untuk Lansia

Untuk mendukung aktivitas Kesayangan agar #BeraniLebihPede, ada baiknya Caring People juga memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Lakukan aktivitas fisik ringan
    Jangan melakukan aktivitas fisik yang berat tanpa ada anjuran dari dokter. Jika memaksakan melakukan aktivitas berat, Kesayangan akan rentan alami cidera dan membutuhkan waktu pemulihan yang lama.
  • Jadwalkan durasi aktivitas
    Jika mendapat persetujuan dokter, buatlah jadwal untuk Kesayangan kapan saja dia dapat melakukan aktivitas tersebut. Idealnya, aktivitas dilakukan sebanyak 2 kali seminggu atau 150 menit per minggu.
  • Mencukupi kebutuhan gizi
    Memberikan asupan gizi dan makanan yang dianjurkan utamanya Kesayangan dengan kondisi tertentu juga menjadi salah satu hal yang bisa Caring People lakukan untuk membantu Kesayangan beraktivitas.

Mendukung Kesayangan dengan Inkontinensia Urin #BeraniLebihPede

Sebagai popok dewasa nomor satu berkualitas di Indonesia serta mengerti kebutuhan Kesayangan, Confidence mengajak seluruh Kesayangan tetap aktif dan percaya diri di usia senior dengan gerakan #BeranilLebihPede.

Gerakan yang diinisiasi oleh Confidence ini mengajak para Kesayangan untuk tetap aktif bergerak dan berkegiatan dalam bentuk apapun, seperti berolahraga, berkebun, menyanyi, menari hingga bermain dengan cucu. Karena untuk tetap sehat dan berbahagia, usia ataupun kondisi inkontinensia urin bukanlah sebuah halangan besar.

Berikan Confidence Pants untuk mendukungnya tetap nyaman beraktivitas. Karena Confidence Pants terbuat dari bahan Lycra yang elastis sehingga pas di badan dan mengikuti bentuk tubuh, seperti memakai celana dalam biasa, bikin Kesayangan nggak khawatir terlihat memakai popok dewasa.

Selain itu, Confidence Pants juga memiliki daya serap hingga 6x, menjaga Kesayangan dengan inkontinensia urin tetap kering seharian. Dilengkapi dengan SAP antibacteria yang dapat menghambat pertumbuhan jamur serta bakteri di daerah sensitif Kesayangan, agar tidak menimbulkan infeksi. Confidence Pants juga teruji secara klinis hypoallergenic tested oleh dermatologis Australia, aman untuk kulit sensitif Kesayangan dan tidak menimbulkan alergi.

Tetap dukung Kesayangan untuk beraktivitas agar mendapatkan kualitas hidup yang tetap baik dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Kesayangan #BeraniLebihPede beraktivitas bareng Confidence!