Kesehatan

Inilah Efek Positif Dukungan Teman Sebaya untuk Kesayangan

5 menit baca

Bagi Kesayangan yang telah terbiasa aktif berkarya di usia produktif, memasuki masa pensiun menjadi hal yang meresahkan. Hal ini karena ketika masa pensiun tiba, beberapa dari mereka merasa hidupnya menjadi tanpa tujuan seiring bertambahnya usia.

Kesayangan yang tinggal sendiri seringkali tidak memiliki komunikasi yang teratur hingga merasa kesepian. Faktanya, perasaan kesepian dapat dikaitkan dengan peningkatan tingkat kematian, risiko penyakit jantung koroner, stroke, perilaku kesehatan yang buruk dan berkurangnya kualitas tidur.

Manfaat Dukungan Teman Sebaya untuk Lansia

Dukungan teman sebaya melalui kegiatan bersama maupun konseling memberikan berbagai keuntungan untuk meningkatkan kualitas hidup Kesayangan. Dukungan teman sebaya tidak hanya berupa dukungan secara psikologis dan mental, tetapi juga berpengaruh positif pada aspek lain kehidupan Kesayangan. Berikut ini manfaatnya: 

Mempengaruhi Pilihan dan Sikap

Interaksi dan komunikasi tentang berbagai hal yang didiskusikan Kesayangan pada teman sebayanya akan mempengaruhi pola pikir dan sudut pandangnya. Hal ini akan memunculkan inspirasi tentang tujuan baru Kesayangan saat memasuki masa pensiun. Seperti menemukan hobi baru, menjalani gaya hidup sehat, memulai bisnis baru dan lain sebagainya.  

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Berkaitan dengan poin sebelumnya, jika Kesayangan dikelilingi oleh komunitas yang menjalani pola hidup sehat, hal ini akan berpengaruh terhadap kebiasaan Kesayangan sehari-hari. Selain itu, dengan adanya interaksi dengan teman sebaya sehingga mengurangi perasaan kesepian dan resiko depresi dimana secara tidak langsung memberikan dampak positif pada kesehatan Kesayangan. 

Membantu Mengelola Stres

Dukungan emosional dari teman sebaya dapat membantu Kesayangan terhindar dari stres. Dukungan informasi berupa tips yang nyata juga dapat memberikan Kesayangan panduan yang mungkin diperlukan untuk menghadapi situasi tersebut. 

Mampu Meminimalisir Trauma

Dukungan sosial teman sebaya dan penerimaan secara baik membawa Kesayangan mampu menerima dirinya secara lebih baik, melewati pengalaman yang kelam sehingga muncul persepsi positif dari Kesayangan terhadap dirinya guna menjadi pribadi yang lebih positif dan dapat menjalani hidup dengan lebih legowo.  

Mendapatkan Kesejahteraan Psikologis

Selain itu, berbagai topik lain yang hanya dapat didiskusikan dengan teman sebaya juga akan membantu Kesayangan agar bisa mendapatkan kesejahteraan psikologis. Kontak rutin dengan seseorang pada usia yang sama memiliki dampak yang efektif untuk membantu mengatasi perasaan.

Kemudian, Kesayangan juga jadi bisa mengeksplorasi keputusan-keputusan hidup yang lebih bijak. Interaksi-interaksi ini menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi dalam meningkatkan kesejahteraan Kesayangan.

Sejahtera secara psikologis bukanlah hal yang mudah untuk dicapai bagi lansia. Sejahtera artinya individu itu sehat secara fisik maupun psikologis. Kesejahteraan psikologis sendiri berhubungan dengan harapan, keterikatan, rasa syukur, stabilitas suasana hati, harga diri, kebahagiaan serta kepuasan dalam diri Kesayangan.

Kesejahteraan psikologis sendiri bukan hanya tentang jauhnya perasaan akan hal negatif, tetapi juga tentang keterikatan aktif dalam kehidupan, bagaimana memahami arti dan tujuan hidup serta bentuk hubungan yang terjalin pada seseorang dengan lingkungan sekitar.

Terhubung dengan orang lain yang dapat diandalkan dapat membantu Kesayangan mengelola stres dan meningkatkan suasana hati dan kesehatan fisiknya. Mengetahui Kesayangan memiliki dukungan sosial yang dapat diandalkan, tidak hanya dapat memberi Caring People ketenangan pikiran. Akan tetapi juga berusaha menciptakan gaya hidup yang lebih sehat untuk Kesayangan.

Pastikan Kesayangan selalu menggunakan Confidence popok celana agar semakin aktif dan percaya diri saat berkumpul bersama teman. Confidence popok celana atau Confidence Pants berbahan Lycra yang elastis sehingga pas di badan seperti memakai celana dalam biasa, ekstra daya serap hingga 6x dan dilengkapi SAP antibakteri untuk cegah iritasi.

Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional pada 29 Mei ini, mari kita mendorong terciptanya dukungan sosial bagi Kesayangan dan sebayanya agar dapat saling memberikan manfaat untuk kesejahteraan satu sama lain. 
 
Reference : 
It's Time Texas - How Does Social Support Affect Your Health?
Whitney Center - Psychological Benefits of Socialization for Aging Adults
Harvard Health Publishing - Broader social interaction keeps older adults more active
Seasons.com - Benefits of peer counseling amongst seniors
Psikologia Umsida - The Relationship Between Peer Social Support and Psychological Well-Being of the Elderly in Surabaya