Kesehatan

Inilah 7 Vitamin Penting untuk Kesayangan

5 menit baca

Kesayangan perlu mendapatkan perhatian ekstra terhadap pola makan dan apa yang dikonsumsi agar tetap sehat serta aktif di usia senior. Selain itu, kondisi Kesayangan juga lebih rentan terkena penyakit karena usia sehingga benar-benar harus menjaga kesehatannya, utamanya imunitas tubuh.

Vitamin adalah nutrisi esensial untuk menjaga sistem imunitas dan mempertahankan fungsi organ tubuh. Sayangnya, nutrisi ini tidak diproduksi sendiri dari dalam tubuh dan penyerapannya semakin sulit seiring bertambahnya usia. Untuk itu, penting untuk Kesayangan memenuhi kebutuhan vitamin dari apa yang dikonsumsi setiap hari.

Konsumsi vitamin tambahan dari suplemen atau sumber asupan makanan setiap hari sangat diperlukan. Penting untuk Caring People memahami apa saja vitamin dan mineral yang dibutuhkan Kesayangan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Manfaat Vitamin bagi Kesehatan Kesayangan

Selain membantu menjaga kekebalan tubuh, vitamin dan mineral juga mencegah berkembangnya penyakit karena usia seperti osteoporosis, radang sendi, masalah pendengaran dan penglihatan, gangguan kognitif, kanker hingga kondisi malnutrisi.

Kesayangan berusia 50 tahun ke atas membutuhkan asupan nutrisi yang jauh lebih lengkap dibandingkan usia dewasa yang lebih muda. Hal ini karena tubuhnya semakin rentan karena usia.

Sayangnya, Kesayangan seringkali memiliki nafsu makan yang lebih rendah sehingga asupan nutrisinya juga kurang maksimal. Hal ini membuat Kesayangan rentan mengalami masalah kesehatan.

Kebutuhan Vitamin Usia Senior

1. Vitamin A

Vitamin A akan membantu membangun pertahanan alami dan sistem imun untuk mencegah infeksi serta penyakit. Selain itu, seperti yang sudah banyak kita ketahui bahwa vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

Asupan harian vitamin A yang direkomendasikan adalah 900 mikrogram untuk Kesayangan pria dan 700 mikrogram untuk Kesayangan wanita. Namun, konsumsi vitamin A juga sebaiknya tidak melebihi 1,5 mg sehari. Vitamin ini bisa didapatkan dari wortel, semangka, ikan, keju, udang, telur, pepaya ubi, brokoli, bayam dan labu.

2. Vitamin B Kompleks

Untuk menjalankan berbagai fungsi organ tubuh termasuk memproduksi sel darah merah dan fungsi penting lainnya, tubuh membutuhkan vitamin B kompleks.
Berikut adalah detail fungsi vitamin B untuk tubuh:

  • Vitamin B1 (Thiamin): mengolah makanan menjadi energi
  • Vitamin B2 (Riboflavin) dan B3 (Niacin): memproses makanan menjadi energi dan menjaga kesehatan sistem saraf, mata dan kulit
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat): membantu memecah protein, lemak dan karbohidrat, dan nutrisi lain dalam makanan serta memprosesnya menjadi energi
  • Vitamin B6 (Piridoksin): mengolah protein dan karbohidrat menjadi energi, serta memproduksi hemoglobin yang bertugas untuk menyalurkan sel darah merah penuh oksigen ke seluruh tubuh
  • Vitamin B7 (Biotin): mengolah lemak dan karbohidrat makanan menjadi energi, serta membantu menghasilkan protein untuk tubuh
  • Vitamin B12: memproduksi sel darah merah dan melancarkan fungsi sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 akan memicu anemia pada orang dewasa.

Penuhi kebutuhan vitamin B kompleks dengan konsumsi daging unggas, buah, sayuran, daging merah, tempe dan susu.

3. Vitamin C

Kesayangan membutuhkan sekitar 75 - 90 miligram vitamin C setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C bisa didapatkan dari sayur dan buah seperti jeruk, tomat, stroberi, brokoli, labu dan lainnya.

4. Vitamin D

Banyak Kesayangan yang memiliki keluhan pada kesehatan tulang dan sendi karena usia. Vitamin D mendukung kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Vitamin D juga ternyata dapat mencegah penyakit yang memicu masalah kognitif, kardiovaskuler dan diabetes tipe 2. Konsumsi 20 - 25 mikrogram vitamin D per hari dari produk olahan susu, telur, ikan, dan yogurt.

5. Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk kesehatan mata, kulit dan sistem imun. Vitamin E bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, buah, makanan laut dan minyak nabati. Penuhi asupan vitamin E sebesar 3 mg vitamin untuk Kesayangan wanita dan 4 mg untuk Kesayangan pria.

6. Vitamin K

Vitamin K berperan untuk proses pembekuan darah, percepatan penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tulang. Beberapa ahli juga mengklaim manfaat vitamin K untuk kesehatan jantung dan fungsi kognitif yang penting untuk Kesayangan. Konsumsi vitamin K dari bayam, kale, brokoli, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

7.  Vitamin B9

Memenuhi kecukupan vitamin B9 atau asam folat harian dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir Kesayangan dan menurunkan gejala depresi. Penuhi kebutuhan 400 mikrogram asam folat perhari dari konsumsi biji-bijian, daun bayam, telur, brokoli dan asparagus.

Jika dirasa konsumsi dari makanan sehari-hari masih kurang untuk memenuhi kebutuhan vitamin, tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen tambahan. Tapi, pastikan konsultasikan dahulu dengan dokter untuk rekomendasi yang tepat ya, Caring People.

Selain itu, jangan lupa selalu siap sedia memenuhi kebutuhan popok dewasa berkualitas seperti Confidence untuk Kesayangan agar tetap aktif dan lebih percaya diri. Gunakan popok celana Confidence untuk menunjang berbagai kegiatan Kesayangan sehari-hari.


Referensi :
HelloSehat - Daftar Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Kesehatan Lansia
KlikDokter - Apa Saja Suplemen yang Sebaiknya Dikonsumsi Lansia?