Kesehatan

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

5 menit baca

Tahukah kamu kalau ternyata wanita itu lebih rentan terkena infeksi saluran kemih dibanding pria? Ini disebabkan karena secara anatomi saluran kandung kemih wanita ke tempat urine keluar (uretra) lebih pendek daripada pria. Kondisi bukaan uretra wanita yang lebih dekat ke vagina dan anus ini memungkinkan bakteri lebih mudah masuk ke dalam kandung kemih wanita. Infeksi saluran kemih pada wanita bisa menyerang bagian dari sistem saluran kencing seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Penyebab terjadinya infeksi saluran kemih pada wanita bisa karena berbagai hal. Seseorang yang aktif secara seksual memiliki kemungkinan untuk terinfeksi lebih banyak; maka dari itu diperlukan tindakan preventif setelahnya. Infeksi juga berpotensi terjadi pada penderita diabetes dan pasien yang tingkat imunitasnya sedang dalam kondisi tidak baik. Wanita lanjut usia yang sedang dalam masa menopause atau wanita hamil pun punya kemungkinan terinfeksi.

Gejala infeksi saluran kemih pada wanita bisa dilihat dari beberapa faktor. Yang paling terlihat adalah rasa nyeri yang terasa saat buang air. Frekuensi buang air yang meningkat dari biasanya juga bisa menjadi faktor penting yang bertanda bahwa ada infeksi pada saluran kemih. Sulit menahan rasa ingin kencing serta perasaan tidak tuntas saat buang air pun sering kali dirasakan pasien yang menderita infeksi saluran kemih. Jika semua ini terasa, mungkin sudah saatnya periksa keadaan ke dokter.

Gejala infeksi saluran kemih pun bisa jadi lebih parah ketika infeksi sudah menjalar lebih kuat. Mulai dari nyeri pinggang yang dapat terasa walau sebelumnya tidak pernah merasakan hal tersebut. Yang lebih parah adalah saat buang air kecil urine kita mengandung darah disertai dengan keinginan untuk terus muntah dan merasa mual sebelum dan setelah buang air. Urine yang masih berwarna keruh (tanpa darah) dan berbau tajam pun bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih pada wanita yang harus ditanggulangi dengan serius. Serta yang paling menakutkan, adalah ketika kita sudah mengalami demam karena infeksi sudah mencapai ginjal.

Mencegah terjadinya infeksi saluran kemih pada wanita bisa dilakukan dalam beberapa tahap. berbagai tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah ISK pada wanita, yaitu: banyak minum air putih, jaga kebersihan vagina, jangan sering menahan kencing, pemberian antibiotik profilaksis, minum jus atau suplemen cranberry, penggunaan probiotik, mengganti alat kontrasepsi yang sesuai, dan terapi estrogen.

Infeksi saluran kemih pada wanita harus ditangani sesegera mungkin. Sebab jika tidak, infeksi tersebut akan berkembang menjadi kronis dan menyebabkan komplikasi. Maka itu, segera konsultasikan ke dokter urologi untuk di diagnosa dan mendapatkan penanganan. Umumnya dokter akan memberikan beberapa jenis obat infeksi saluran kemih, yaitu antibiotik, esterogen, terapi supresif, dan obat pereda nyeri. Apabila telah mengalami beberapa gejala diatas, segera berobat ke dokter urologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Infeksi saluran kemih pada lansia biasanya disertai dengan keinginan untuk buang air kecil terus menerus. Diapers confidence untuk dewasa adalah pilihan tepat agar mereka dapat beraktivitas lebih nyaman. Berikan kenyamanan ekstra bagi lansia dengan Confidence Diapers untuk dewasa terbaik.

Disesuaikan dengan kebutuhannya Confidence Diapers untuk dewasa punya 2 jenis diapers. Untuk kondisi lansia tirah baring gunakan diapers dengan perekat dan Confidence Classic Day, Classic Night dan Premium Night.

Confidence tipe perekat memberikan kenyaman ekstra bagi lansia kondisi tirah baring karena memiliki permukaan bersirkulasi udara dan dilengkapi diamond core technology yang menyerap ekstra cepat, sehingga membuatnya sangat nyaman digunakan. Kenyamanan ekstra adalah hadiah kecil untuk para lansia.

Untuk kondisi lansia yang masih aktif beraktivitas Confidence diapers celana cocok mendukung aktivitas sehari hari lansia aktif. Dengan daya serap hingga 6x, SAP antibakteri yang cocok untuk kulit sensitif lansia dan bahan lycra elastis serta pas di badan, Kesayangan jadi berani lebih pede beraktivitas.

Berikan yang terbaik bagi Kesayangan dengan Confidence, agar mereka selalu aktif dan Berani Lebih Pede.