Kesehatan

Confidence Adult Care Mendukung Lansia Indonesia Melalui Acara Bertajuk “Lansia Sehat, Indonesia Kuat”

5 menit baca

Seperti yang kita ketahui, Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap pada 29 Mei. HLUN merupakan hari spesial dalam mengapresiasi peran penting para lansia di Indonesia.

Peringatan HLUN ini diinisiasi oleh Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945 sebagai anggota paling sepuh. Menurut laman Kementerian Sosial (Kemsos), HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada 29 Mei 1996 di Semarang.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, terdapat 29,3 juta lansia di Indonesia atau setara 10,82 persen dari total populasi. Maka dari itu, penting bagi Indonesia dalam menjaga sekaligus memberikan perlindungan untuk orang-orang lanjut usia.

Kehadiran negara ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, dimana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada lanjut usia.

Mandat Peraturan Presiden tersebut ditujukan kepada kementerian atau lembaga untuk mewujudkan lanjut usia Sejahtera, Mandiri, dan Bermartabat. Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian dalam bentuk peringatan Hari Lanjut Usia Nasional pada 29 Mei. 

Dengan adanya peringatan yang diadakan setiap 29 Mei ini, Confidence Adult Care sebagai popok dewasa nomor satu di Indonesia mengadakan acara bertema “Lansia Sehat, Indonesia Kuat” yang dilaksanakan di Kecamatan Koja, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, pada 23-25 Mei 2022.

Acara ini diselenggarakan Confidence Adult Care bersama Kimberly-Clark Softex dan HOPE Worldwide Indonesia. Selain sebagai apresiasi lansia, acara ini juga menjadi wadah mengekspresikan diri. Sejumlah rangkaian acara diadakan sebagai dukungan Confidence Adult Care dalam mengajak lansia untuk berani percaya diri.

Berikut ini rangkaian acara yang memeriahkan 450 lansia di Kelurahan Rawa Badak Selatan:

1. Senam Lansia

Salah satu rangkaian acara ini adalah senam lansia. Dalam mewujudkan lansia yang sehat, tentu perlu yang namanya olahraga. Terlebih olahraga yang pas mengingat lansia tidak memiliki tenaga atau kekuatan lebih dibandingkan ketika mereka masih muda.

Senam lansia menjadi olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan membangun kepercayaan dirinya. Senam ini dilakukan pada pukul 08.40 WIB dimana semua peserta mengikutinya dengan penuh suka cita dan semangat.

2. Hiburan Menari dan Bernyanyi

Tidak hanya olahraga, hiburan juga penting untuk lansia. Salah satunya dengan adanya hiburan seperti menari dan bernyanyi bersama bintang tamu Nowela Elizabeth Auparay.

Sebagai persembahan untuk Kesayangan, hiburan ini memberikan energi dan membangkitkan hormon kebahagiaan. Pada acara ini, Confidence Adult Care mengajak lansia untuk tetap bahagia dan positif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu menjadi pemicu agar Kesayangan tetap percaya diri untuk aktif berkarya. 

3. Talkshow Kesehatan

Talkshow kesehatan ini bertujuan dalam memberikan pemahaman terkait kesehatan yang penting bagi lansia. Untuk itu, Nowela sebagai host bersama dokter dari RS Bina Medika Bintaro menyampaikan serangkaian topik menarik seputar kesehatan lansia. Pada sesi ini, peserta sangat antusias mendengarkan dan memahami pemaparan dari dokter.

4.  Pemeriksaan Kesehatan

Selanjutnya, dilaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk lansia sebagai wujud antisipasi dalam mencegah berbagai penyakit yang dirasakan lansia atau proses identifikasi penyakit yang dapat dilanjutkan penanganan yang benar.

5. Pembagian Sembako dan Popok Dewasa Confidence

Untuk memenuhi kebutuhan keseharian lansia, Kimberly-Clark Softex, Confidence Adult Care dan HOPE Worldwide Indonesia pun berkesempatan membagikan sembako dan popok dewasa Confidence untuk menunjang aktivitas lansia sehari-hari. Dengan pemberian ini diharapkan lansia tetap aktif, kuat, sehat dan percaya diri dalam beraktivitas.

Itu dia lima rangkaian acara yang seru dan menarik dalam HLUN “Lansia Sehat, Indonesia Kuat” di Kecamatan Koja, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara. Semoga lansia Indonesia tetap aktif dan berani lebih percaya diri dalam berkarya pada usia senja.