Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Ruam Pada Lansia

5 menit baca
Cara Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Ruam Pada Lansia

Seiring dengan berjalannya usia, tentunya seseorang akan mengalami penurunan kondisi atau fungsi pada organ dan tubuhnya. Salah satu organ atau bagian yang yang cukup penting dan dapat terlihat perbedaannya adalah kulit. Sebagai salah satu bagian yang melindungi tubuh, tentunya kulit harus diperhatikan kesehatannya untuk menghindari Kesayangan terkena berbagai macam penyakit kulit atau penyakit yang dapat menyerang atau masuk ke dalam tubuh melalui kulit.

Salah satu tanda-tanda menurunnya fungsi kulit Kesayangan sebenarnya dapat Caring People perhatikan secara langsung seperti timbulnya kerutan atau keriput, berkurangnya elastisitas, hingga kulit Kesayangan terlihat kering dan kasar. Bila hal ini tidak dijaga dengan baik, maka Kesayangan bisa mengalami risiko penyakit kulit yang cukup berbahaya lho Caring People, mulai dari kulit terlihat bersisik, munculnya bintik hitam, hingga kanker kulit.

Penyebab-penyebab Ruam Kulit Kesayangan

Selain masalah-masalah serius yang ada di atas, salah satu masalah yang cukup sering ditemukan pada kulit Kesayangan adalah timbulnya ruam. Ruam atau bercak merah yang muncul pada kulit Kesayangan adalah perubahan warna dan tekstur yang disebabkan oleh peradangan, biasanya ruam juga disertai dengan rasa gatal, benjolan/bentol, dan kulit mengelupas.

Hal ini biasanya disebabkan oleh gesekan dengan permukaan kasar pada kulit Kesayangan yang terlalu kering atau lembab, gigitan binatang, atau efek yang ditimbulkan karena kulit Kesayangan alergi kepada sesuatu.

Tapi Caring People tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Caring People lakukan untuk menjaga kulit Kesayangan dari ruam ataupun masalah kulit lainnya seperti yang ada di bawah ini!

1. Gunakan pelembab

Jika Caring People pernah memegang kulit Kesayangan dan membandingkannya dengan kulit sendiri. Pasti Caring People bisa merasakan bahwa kulit Kesayangan biasanya memiliki tekstur yang lebih kering dan kasar. Hal ini disebabkan oleh produksi kolagen dan kelenjar minyak di kulit yang menurun. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Caring People secara rutin memakaikan produk pelembab pada Kesayangan di bagian-bagian yang tidak tertutup oleh pakaian untuk menjaga kelembaban kulit Kesayangan dari sinar matahari, hawa panas, atau angin kering.

Selain itu Caring People juga bisa melengkapi ruangan atau rumah dengan humidifier, alat uap ini berguna untuk membuat udara pada sebuah ruangan menjadi lebih lembab dengan mengeluarkan uap air. Caring People bisa menggunakan alat ini jika tinggal di daerah yang kering atau ruangan dengan pendingin udara/AC yang biasanya memiliki kelembaban yang rendah.

2. Hindari mandi dengan air panas

Jika Kesayangan kamu di rumah senang mandi menggunakan air panas, ada baiknya hal ini segera Carin People kurangi, karena mandi dengan air panas dapat membuat kulit Kesayangan menjadi semakin kering. Ketika Kesayangan mandi dengan air panas, air yang digunakan dapat melunturkan minyak kulit yang berguna untuk melembabkan tetapi sudah tidak dapat diproduksi dengan maksimal oleh kelenjar di kulit Kesayangan.

Maka dari itu, Kesayangan dianjurkan mandi dengan menggunakan air hangat atau dingin untuk mencegah hal ini terjadi. Selain itu Caring People juga perlu memperhatikan lama mandi Kesayangan, waktu mandi yang dianjurkan untuk Kesayangan yang dikutip dari Asosiasi Dermatologi Amerika adalah 10 – 15 menit.

3. Jangan terlalu sering menggunakan sabun antiseptic

Sabun antiseptic memang dapat lebih maksimal untuk menghilangkan kotoran atau kuman pada saat mandi, tetapi hal ini juga memiliki dampak negatif pada kulit, terutama untuk Kesayangan. Formula sabun antiseptic yang kuat akan mudah mengikis kulit Kesayangan yang sudah tipis. Selain itu ada baiknya Caring People juga mengganti sabun yang digunakan menjadi sabun cair yang memiliki tekstur lembut. Hal ini berguna untuk menghindari gesekan atau kontak langsung permukaan sabun batang yang biasanya lebih keras dengan kulit Kesayangan dan menghindari iritasi.

Selain itu Caring People juga bisa menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembab alami. Hal ini berguna untuk menjaga kelembapan kulit Kesayangan setelah mandi agar tidak terasa kering dan bersisik. Selain itu kandungan pelembap dalam sabun juga dapat menguatkan pelembab salep yang biasanya akan dipakai setelah mandi.

4. Mengonsumsi makanan anti-aging

Caring People, selain menggunakan berbagai produk perawatan, Caring People juga bisa memberikan Kesayangan makanan yang mengandung zat anti-aging. Pilihlah makanan yang mengandung antioksidan, vitamin E, vitamin C, zinc, dan selenium untuk menjaga kesehatan kulit Kesayangan. Beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Kesayangan adalah wortel, brokoli, bayam, tomat, alpukat, serta berbagai jenis biji-bijian dan kacang-kacangan.

Caring People dapat mengkombinasikan makanan-makanan di atas dengan protein, karbohidrat atau kalsium. Hal ini relatif lebih mudah dilakukan dan menyenangkan untuk Kesayangan karena mereka dapat memakan berbagai macam hidangan bermanfaat yang dikombinasikan menjadi satu kesatuan.

Baca Juga: Pintar Memilih Makanan Supaya Kesayangan Tetap Sehat

5. Atur suhu ruangan dan kamar Kesayangan

Seperti sudah dibahas sedikit di atas, menjaga suhu dan kelembaban ruangan bisa menjadi salah satu kunci untuk merawat kulit Kesayangan agar tetap sehat. Disarankan agar Kesayangan tidak terlalu sering berada di ruangan yang ber AC. Ruangan ber-AC memang memiliki suhu yang lebih dingin tetapi hal ini juga memiliki satu permasalahannya sendiri, yaitu kelembapan udara yang rendah.

Untuk Kesayangan, disarankan memiliki ruangan atau rumah dengan tingkat kelembaban 45 sampai 60 persen. Hal ini akan membuat minyak alami di kulit Kesayangan tidak cepat kering yang dapat menyebabkan kulit terlihat bersisik, gatal, serta mudah menimbulkan ruam jika bergesekan dengan permukaan kasar.

6. Berikan popok Confidence untuk menjaga kulit Kesayangan

Untuk menjaga kulit dan kenyamanan Kesayangan, seluruh popok Confidence sudah mendapatkan sertifikasi dari dermatologis Australia dan aman digunakan oleh Kesayangan dengan kulit yang sensitif dan mengurangi resiko iritasi pada kulit Kesayangan. Selain itu Popok Confidence juga dilengkapi dengan SAP antibacterial yang dapat mencegah irutasi pada Kesayangan yang disebabkan oleh jamur atau bakteri pada area sensitif Kesayangan yang lembap.

Bukan hanya itu, untuk menjaga kulit Kesayangan tetap lembab dan nyaman saat beristirahat, Confidence Premium Night dan Classic Night juga memiliki ekstrak aloe vera, yang dapat memberikan kenyamanan maksimal saat tidur di malam hari serta menjaga kelembaban kulit Kesayangan. Selalu berikan popok dewasa Confidence untuk Kesayangan di rumah, karena Confidence mengerti yang dibutuhkan oleh Kesayangan.