Kesehatan

Cara Mendukung Lansia Lebih Pede Menjalani Hari

5 menit baca

Menjadi senior adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari. Caring People pun seiring bertambahnya usia akan berangsur menjadi Kesayangan. Selain bertambahnya usia, bertambah juga keluhan dan permasalahan kesehatan yang biasanya dialami oleh Kesayangan.
 
Bukan hanya masalah atau keluhan kesehatan, tetapi tak sedikit juga Kesayangan yang mengeluhkan kondisi kesehatan mental karena emosi-emosi negatif, baik yang terjadi secara alami, efek pengobatan, atau efek dari suatu penyakit, seperti rasa sedih, kesepian, bosan, hingga stress dan depresi.

Permasalahan Rasa Percaya Diri pada Kesayangan

Keluhan-keluhan tersebut tentunya membuat Kesayangan menjadi kurang nyaman menjalani harinya. Salah satu dampaknya adalah turunnya rasa percaya diri karena merasa sudah mengalami banyak hambatan dan tantangan saat ingin melakukan sesuatu.
 
Sebagai orang yang paling dekat dan paling sering berinteraksi dengan Kesayangan, Caring People memiliki kewajiban dan kesempatan untuk meningkatkan percaya diri Kesayangan, agar mereka dapat berani lebih pede menjalani harinya.
 
Ada banyak hal yang bisa Caring People lakukan untuk membantu Kesayangan meningkatkan rasa percaya dirinya agar berani lebih pede kembali, misalnya sesederhana membantu mereka berpakaian, menyiapkan makanan, atau menemani mereka melakukan kegiatan yang memang disukai oleh Kesayangan.
 
Selain itu Caring People juga dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk membuat Kesayangan kalian tetap #BeraniLebihPede untuk beraktivitas dan menjalankan kegiatannya:

1.  Membangun Pola Pikir Positif

Untuk membangun kepercayaan diri Kesayangan agar berani lebih pede, salah satu cara yang harus Caring People lakukan adalah membangun pola pikir positif pada Kesayangan. Jika Kesayangan sudah mulai mengalami kesulitan dalam bergerak untuk melakukan sesuatu, besarkan hatinya dan ajak Kesayangan untuk menerima hal tersebut, serta menjadikannya suatu hal yang wajar dan tidak perlu dirisaukan.
 
Selain itu memberikan semangat & apresiasi jika Kesayangan berhasil melakukan sesuatu atau ingin menjalankan sesuatu juga dapat membantu membangun pola pikir positif pada Kesayangan dan mencegahnya merasakan rasa kesepian atau kurang diapresiasi.

2.  Fokus pada Perubahan Kecil

Rayakan dan apresiasi setiap pencapaian yang didapatkan oleh Kesayangan, contohnya jika Kesayangan mengalami kemajuan dalam pengobatan atau kondisi kesehatannya membaik. Berikan juga pemahaman kepada Kesayangan bahwa setiap proses, sekecil apapun kemajuannya adalah hal yang baik.
 
Hal ini bisa menjaga Kesayangan dari rasa berkecil hati jika keadaan kesehatan atau fisiknya tidak membaik atau sembuh secepat yang diharapkan. Dengan memberikan dukungan seperti ini, Kesayangan akan berani lebih pede dan tetap semangat untuk menjalani harinya.

3.  Menjalani Hobi

Memiliki kesenangan atau hobi juga baik untuk membangun kepercayaan diri Kesayangan. Dengan begitu, Kesayangan memiliki waktu luang dan tetap sibuk tanpa harus memikirkan hal-hal yang negatif. Jika memungkinkan ajaklah Kesayangan untuk mencoba berbagai hobi baru, terutama yang melibatkan gerakan fisik. Selain dapat mencegah kebosanan, hal ini juga bisa menjadi sebuah latihan yang menyenangkan untuk Kesayangan.
 
Caring People juga bisa ajak Kesayangan bergabung dengan komunitas hobi juga dapat membantunya untuk tetap berani lebih pede serta aktif. Komunitas ini juga bisa menjadi support tambahan yang mendukung kegiatan Kesayangan.
 
Baca Juga: Hobby Memasak Bisa Jaga Kesehatan Mental dan Kebahagiaan Lansia

4.  Menerapkan Pola Hidup Sehat

Disadari atau tidak, ternyata menjalankan pola hidup sehat dapat membantu Kesayangan untuk tetap aktif dan berani lebih pede menjalani harinya. Memiliki pola makan yang sehat dan seimbang tentunya akan memiliki banyak manfaat, apalagi jika ditambah dengan melakukan olahraga ringan.

Selain membuat Kesayangan menjadi berani lebih pede, menerapkan hidup sehat juga dapat menjaga kondisinya agar bisa tetap bugar, aktif dan bisa beraktivitas. Tak hanya manfaat secara fisik, menerapkan pola hidup sehat juga memiliki dampak pada kesehatan mental Kesayangan yaitu dapat mengurangi perasaan cemas serta depresi.

5.  Berhenti Membandingkan Keadaan Kesayangan

Jika Kesayangan sering mengeluhkan kondisinya dengan membanding-bandingkan keadaan dulu dan sekarang, baik secara fisik, kemampuan atau pencapaian, ada baiknya Caring People berusaha mengingatkan Kesayangan untuk tidak melakukan hal tersebut.
 
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menjadi tua adalah hal yang tidak dapat dihindari dan Kesayangan harus dapat menerima hal tersebut. Dengan berhenti membandingkan diri, Kesayangan dapat menghindari risiko stres dan depresi yang terjadi akibat ekspektasi yang tidak bisa terpenuhi.
 
Baca Juga: Inkontinensia Urin Bukan Halangan untuk Tampil Percaya Diri

Cara Menjaga Kesayangan dengan Inkontinensia Urin agar #BeraniLebihPede

Jika Kesayangan di rumah sudah mengalami inkontinensia urin, hal ini juga bisa menjadi penyebab berkurangnya rasa percaya diri Kesayangan karena harus sering ke toilet atau tidak dapat melakukan kegiatan berat serta perjalanan jauh.
 
Untuk mengatasinya, berikan Kesayangan Confidence Pants, popok celana yang didesain untuk mendukung Kesayangan tetap #BeraniLebihPede apapun aktivitas dan kesibukannya, mulai dari hobi, olahraga, hingga jalan-jalan.
 
Dengan penyerapan hingga 6 kali lebih banyak, Confidence Pants menjaga Kesayangan tetap kering apapun kegiatannya. Confidence Pants yang terbuat dari bahan Lycra yang elastis dan pas di badan, seperti memakai celana dalam biasa. Tentunya mendukung segala gerakan dan aktivitas Kesayangan. Dilengkapi dengan SAP antibacteria dan teruji klinis oleh dermatologist di Australia, Confidence Pants aman untuk kulit sensitif Kesayangan.
 
Yuk tunjukkan kalau Kesayangan kalian tetap #BeraniLebihPede dan tidak terhalang oleh usia atau inkontinensia urin dengan mengikuti Gerakan #BeraniLebihPede bersama Confidence dan buktikan kalau usia apalagi inkontinensia urin bukanlah sebuah halangan untuk kesayangan tetap bisa berkegiatan secara aktif!