Tipe Inkontinensia Urin

Apa Saja Jenis Inkontinensia Urine? Yuk, Lihat!

5 menit baca
Kalau ditanya soal penyakit apa yang sering dialami oleh para lansia, mungkin kebanyakan orang akan bilang inkontinensia urine atau sering buang air kecil. Sebenarnya, apa sih inkontinensia urine itu? Inkontinensia urine merupakan kondisi ketidakmampuan seseorang dalam menampung banyak urine. Urine dapat keluar melalui saluran kemih tanpa dikendalikan secara sadar atau justru mengalami kesulitan saat mengeluarkan urine.

Banyak lansia menganggap bahwa inkontinensia urine merupakan bagian dari proses penuaan alami, sehingga sebagian besar dari mereka tidak mengunjungi rumah sakit. Sesungguhnya, terdapat beberapa kondisi dimana jenis inkontinensia urine bukan disebabkan oleh proses penuaan, yakni disebabkan oleh penyakit tertentu. Obesitas, diabetes, infeksi, maupun kelainan mental tertentu dapat menyebabkan terjadinya gangguan tersebut. Diperlukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari terjadinya inkontinensia urine. 

Nah, jenis inkontinensia urine inilah yang perlu diperhatikan. Karena jika ini tidak ditindaklanjuti, takutnya ada komplikasi yang menyebabkan penyakit lain untuk mengidap di tubuh. Jenis inkontinensia apa ya yang kira-kira berbahaya?

1. Stress Incontinence atau mengompol ketika sudah penuh

Kandung kemih berfungsi untuk menampung urine hingga penuh. Penderita stress incontinence memiliki otot pengatur proses berkemih yang lemah. Sehingga ketika sudah terisi penuh dan memberikan tekanan pada otot tersebut, urine dapat keluar.

Proses ini dapat terjadi saat batuk, bersin, tertawa, maupun mengangkat beban berat. Kelainan ini dapat disebabkan oleh penuaan, kehamilan, dan operasi.

2. Urge Incontinence atau ingin berkemih secara berkala

Jenis inkontinensia urine ini sering memiliki keinginan untuk berkemih secara tiba-tiba dan terjadi pada interval yang singkat (kurang dari 30 menit). Kandung kemih belum terisi penuh, namun penderita urge incontinence ingin segera ke toilet. Hal ini terjadi karena adanya kontraksi dinding pembuluh darah yang tidak teratur sehingga menekan urine yang ditampung. Kemudian penderita merasakan keinginan untuk berkemih secara tiba-tiba dan mengeluarkan volume urine yang sedikit. Kelainan ini dapat disebabkan oleh infeksi, ketidakstabilan otot dinding pembuluh darah, dan tumor.

3. Overflow Incontinence atau mengeluarkan urine sedikit dan tiba-tiba

Penderita jenis inkontinensia urine overflow incontinence justru memiliki hambatan dalam mengeluarkan urine. Urine pada kandung kemih akan menumpuk dan hanya dapat keluar saat tekanannya sangat tinggi. Urine yang dapat keluar pun hanya sedikit, namun terjadi secara tiba-tiba. Jenis ini lebih banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan. 

Mencegah inkontinensia urine memang seharusnya dilakukan secara bertahap, bahkan jauh sebelum seseorang menginjak masa lanjut usia. Selain itu, cara mencegah inkontinensia urine lainnya adalah melakukan pengobatan. Pengobatannya sendiri dilakukan berdasarkan penyebab, gejala yang muncul, serta tingkat keparahan gejala yang dialami. Beberapa jenis pengobatan inkontinensia urine yang dapat dilakukan adalah: 

  • Terapi memperkuat otot dasar panggul
  • Obat penghambat alfa
  • Pemasangan Perangkat Medis
  • Operasi

Kalau sedang aktif mencari cara mencegah inkontinensia urine, tentunya perlu pilihan pampers untuk orangtua yang dapat memberi keamanan saat beraktivitas. Berikan kenyamanan ekstra bagi lansia dengan Confidence Popok untuk dewasa terbaik.
 
Confidence Popok Dewasa merupakan popok dewasa nomor satu di Indonesia dengan kualitas terbaik menjadi solusi untuk para lansia yang memiliki masalah inkontinensia urine. 

Confidence Popok Dewasa terdiri dari tipe perekat yaitu Confidence Premium Night, Classic Day, dan Classic Night. Dimana popok tipe ini cocok bagi para penderita usia lanjut yang terbatas aktivitasnya atau tira baring. Confidence tipe perekat memiliki daya serap hingga empat hingga enam kali.

Untuk tipe celana, Confidence Popok Dewasa hadir dengan beberapa varian yaitu Confidence Pants, dengan daya serap hingga enam kali bagi para penderita inkontinensia urine yang memiliki aktivitas bergerak rendah hingga sedang. Confidence Popok Dewasa tipe celana sangat nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari karena berbahan lycra yang pas di badan dan mengikuti bentuk tubuh.

Confidence Popok Dewasa juga dilengkapi dengan anti bacteria dan teruji klinis hypoallergenic oleh Australian Dermatologist, sehingga aman untuk digunakan pada kulit sensitif sekalipun. Confidence Popok Dewasa, kenyamanan ekstra buat penderita yang mengalami gangguan inkontinensia urine. Confidence Popok Dewasa bisa dibeli di e-commerce, minimarket atau supermarket terdekat.