Tentang Inkontinensia Urin

Apa Itu Retensi Urine? Yuk Cari Tahu Lebih Lanjut!

5 menit baca

Kalau Caring People sudah sering mendengar seseorang sulit menahan buang air kecil, mungkin kita lebih jarang mendengar istilah retensi urine. Sebenarnya, apa itu retensi urine? Retensi urine adalah kondisi dimana tidak merasa puas saat telah melakukan buang air kecil. Perasaan ini bisa digambarkan saat kita buang air kecil, namun merasa masih ada yang mengganjal padahal urine sudah tidak keluar lagi.

Gangguan pada kandung kemih yang membuat penderitanya kesulitan untuk mengeluarkan urine ini terkadang bisa menyebabkan keluhan, berupa buang air kecil tidak tuntas. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, meski cenderung lebih banyak dialami pria dibandingkan wanita. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kondisi ini bisa terasa menyakitkan dan mengganggu kenyamanan penderitanya.

Penyebab retensi urine dapat dibagi dalam beberapa faktor, yakni salah satunya bisa diakibatkan oleh penyumbatan saluran kemih. Berbagai hal yang menyumbat aliran urine dari kandung kemih ke saluran kemih dapat menyebabkan retensi urine. Pada pria, kondisi ini sering diakibatkan oleh pembesaran prostat. Sementara pada wanita, penyumbatan aliran urine kerap disebabkan oleh kandung kemih yang turun.

Retensi urine juga bisa terjadi karena gangguan sistem saraf. Proses buang air kecil terjadi ketika otak mengirim sinyal ke kandung kemih agar otot-otot kandung kemih bekerja untuk mengeluarkan urine dari tubuh. Jika terjadi gangguan pada saraf kandung kemih atau otak, maka proses ini akan terganggu dan menimbulkan kesulitan buang air kecil.

Pada kasus tertentu, retensi urine bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, seperti obat pelemas otot, antidepresan, antihistamin, anti kejang, obat penurun tekanan darah nifedipine, obat asma, dan anti nyeri golongan opioid. Efek samping tersebut lebih berisiko terjadi apabila obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam jangka panjang atau dosis yang tinggi.

Lalu, sebenarnya ada berapa banyak jenis retensi urine? Retensi urine terbagi dalam dua kelompok. Pertama adalah retensi urine akut. Retensi urine akut adalah retensi urine yang muncul secara tiba-tiba dan ditandai dengan rasa ingin buang air kecil yang mendesak, tetapi urine tidak bisa keluar.

Retensi urine akut dapat terjadi dalam waktu beberapa hari hingga minggu. Kondisi tersebut mengakibatkan munculnya rasa tidak nyaman dan nyeri di perut bagian bawah, serta perlu segera ditangani oleh dokter karena bisa menimbulkan rasa nyeri berat dan komplikasi berbahaya apabila tidak ditangani.

Kedua, retensi urine kronis yang muncul secara bertahap dan menetap hingga beberapa bulan. Retensi urine kronis biasanya tidak menyebabkan nyeri. Gejala utama retensi urine kronis adalah munculnya rasa ingin buang air kecil lebih sering, namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit.

Retensi urine kronis lebih banyak terjadi pada orang yang memiliki penyakit kronis, seperti stroke, diabetes, kelumpuhan, atau mengalami penurunan kesadaran dalam waktu yang lama. Pada kasus tertentu, retensi urine kronis bisa terjadi karena retensi urine akut yang tidak tertangani.

Desakan retensi urine ini bisa diantisipasi dengan menjaga pola hidup sehat sehingga komplikasi yang terjadi tidak dalam tahap mengkhawatirkan. Namun jika gejala retensi urine sudah terasa, ada baiknya kita mulai menyiapkan popok dewasa agar mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dengan Confidence.

Confidence merupakan brand popok dewasa nomor satu berkualitas untuk Kesayangan atau lansia. Confidence diperuntukkan bagi lansia dengan kondisi tirah baring atau lansia dengan kondisi aktif, agar nyaman seharian dan berani lebih pede meskipun mengalami retensi urine atau inkontinensia urine.

Inkontinensia urine adalah kondisi dimana Kesayangan tidak mampu menahan buang air kecil yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Confidence Popok Dewasa terdiri dari beberapa jenis disesuaikan dengan kebutuhannya. Confidence tipe perekat untuk kondisi tirah baring atau bedridden yaitu Confidence Classic Day, Classic Night dan Premium Night.

Dengan diamond core technology menyerap cepat kering, daya serap hingga 6x, serta dilindungi pelindung samping. Khusus varian night atau malam, dilengkapi ekstrak aloe vera sehingga aman bagi kulit sensitif.

Untuk tipe celana, Confidence Pants memiliki daya serap hingga 6x dan berbahan Lycra yang elastis sehingga pas di badan dan mengikuti bentuk tubuh seperti memakai celana dalam biasa. Confidence Pants juga dilengkapi oleh SAP antibakteri yang mencegah tumbuhnya bakteri pada area sensitif Kesayangan.

Seluruh produk Confidence sudah teruji klinis hypoallergenic tested oleh Australian Dermatologist, sehingga aman untuk digunakan pada kulit sensitif sekalipun. Confidence juga telah tersertifikasi halal. Confidence Popok Dewasa menjadikan Kesayangan tetap aktif dan Berani Lebih Pede setiap harinya. Dapatkan produk Confidence melalui toko terdekat, e-commerce, minimarket dan supermarket.