Penyebab Inkontinensia Urin

Stroke Iskemik dan Hubungannya dengan Inkontinensia Urine pada Lansia

5 menit baca

Dilansir dalam laman web Helloswhat tahun 2021, salah satu jenis stroke yang paling umum adalah stroke iskemik (ischaemic stroke). Jenis stroke yang satu ini terjadi saat aliran darah pada pembuluh arteri di dalam otak mengalami penyumbatan. Oleh sebab itu, stroke ini juga dikenal sebagai stroke sumbatan. 

 

Stroke Iskemik Adalah

Stroke iskemik adalah penyakit yang disebabkan terhambatnya pasokan darah ke otak karena ada gangguan di pembuluh darah. Gejala awal penyakit stroke iskemik biasanya ditandai dengan Inkontinensia Urine.

Mengutip artikel dari Hellosehat pada tahun 2021, Stroke iskemik bisa terjadi akibat adanya pembentukan gumpalan darah di bagian lain pada tubuh. Namun, penumpukan plak pada arteri juga bisa menyebabkan penyumbatan karena jika pecah bisa membentuk gumpalan darah. 

Mengutip dari Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Purwitasari pada laman tanya jawab alomedika.com, “Stroke iskemik yang terjadi akibat kerusakan langsung pada lobus frontal atau pons yang mengatur kontrol mikturisi, kelemahan kontraksi otot detrusor atau gangguan fungsional yang menghambat akses. Perlu dipertimbangkan juga faktor pre-morbid kontinensia.”

Sehingga dapat dikatakan Inkontinensia Urine pada lansia terjadi karena faktor lemahnya otot yang berhubungan dengan kandung kemih membuat para penderita stroke iskemik pada lansia memiliki risiko lebih tinggi ketimbang penderita stroke iskemik bukan lansia.

 

Overflow Incontinence Adalah

Overflow Incontinence adalah jenis Inkontinensia Urine yang sering terjadi pada lansia. Dimana kondisi kandung kemih tidak bisa berfungsi secara normal karena adanya gangguan otot detrusor yang terletak di kandung kemih. 

Dilansir dari Hay-Smith et.al tahun 2002, Overflow Incontinence pengeluaran urin yang tidak disadari sebagai akibat dari overdistensi bladder dan pengosongan bladder yang tidak sempurna. Tanda gejala yang dikeluhkan klien bermacam-macam urin yang menetes kadang-kadang atau terus menerus, dapat juga disertai tanda gejala stress atau urge incontinence.

Dalam sebuah buku karya Doughty Dorothy, tahun 2006 dalam tajuk “Society for Continence, Singapore. Urinary & Fecal. Incontinence: Current Management” menyatakan bahwa Overflow disebabkan oleh detrusor yang tidak aktif atau tidak berkontraksi, atau sumbatan pada uretra. Tidak aktifnya detrusor juga dapat disebabkan oleh efek samping obat, diabetic neuropathy, injury spinal segment bawah, operasi radikal pelvis yang menyebabkan terputusnya inervasi motorik otot detrusor, idiopati. Pada laki- laki biasanya terjadi pada klien yang mengalami pembesaran prostat.

 

Penggunaan Pad Dewasa dengan Perekat

Inkontinensia Urine pada lansia yang menderita stroke iskemik memang tidak terelekkan, tapi hal tersebut bukan berarti dibiarkan begitu saja. Support keluarga dalam memilih diapers yang tepat dan nyaman untuk para penderita stroke iskemik, bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Sebagai salah satu bentuk dukungan psikologis, Caring People bisa menggunakan pad dewasa dengan perekat yang nyaman dan punya daya serap tinggi sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan kulit.

Pilihlah pad dewasa dengan perekat yang punya daya serap tinggi dan teruji secara klinis yang direkomendasikan adalah Confidence diapers Dewasa untuk gangguan inkontinensia Urine pada lansia.

Pilih Confidence yang merupakan diapers dewasa nomor satu berkualitas. Confidence memiliki dua jenis diapers dewasa yaitu pad dewasa dengan perekat untuk lansia dengan kondisi tirah baring dan pad celana bagi lansia yang masih aktif.

Untuk lansia yang masih aktif, gunakan Confidence Pants yang memiliki daya serap 6x lebih banyak bahan lycra sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh dan SAP anti bakteri untuk menghindari dari iritasi serta cocok untuk kulit sensitif.

Sedangkan bagi lansia dengan kondisi berbaring atau bedridden, gunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night di mana 2 pad di siang hari dan 1 pad di malam hari. Dengan Diamond Core Technology menyerap lebih cepat, halal dan teruji klinis, daya serap yang pas untuk kebutuhan siang dan malam, sehingga memberikan kenyamanan 24 jam bagi Kesayangan.

Berikan yang terbaik bagi Kesayangan dengan Confidence, agar mereka selalu aktif dan Berani Lebih Pede.