Penyebab Inkontinensia Urin

Penasaran dengan Penyebab Sering Buang Air Kecil? Coba Cari Tahu Sekarang

5 menit baca
Setiap orang memang memiliki kadar urine yang berbeda. Kadang mereka bisa dengan mudah merasa harus buang air kecil, dan tidak mengalami masalah. Kadang mereka jarang buang air kecil walau sering mendapat asupan cairan. Kondisi yang menjadi penyebab sering buang air kecil memang bervariasi, dan tidak selamanya sering buang air kecil itu buruk. Namun jika terjadi secara konsisten dan dalam jangka waktu lama, plus mengganggu aktivitas sehari-hari, mungkin kita harus mulai hati-hati.

Dikenal pula sebagai poliuria, buang air terlalu sering dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebabnya terkadang bisa berasal dari penyakit kandung kemih atau penyakit tertentu yang mempengaruhi pembentukan urine. Ini juga bisa menjadi indikator kalau kita terkena berbagai jenis inkontinensia urine yang harus ditindaklanjuti dengan lebih serius. Apa saja kira-kira penyebab sering buang air kecil?


Penyebab Umum Sering Buang Air Kecil/Poliuria

Produksi urine dapat dipengaruhi oleh makanan dan minuman, obat, serta gangguan kesehatan yang Anda alami. Pada beberapa kasus, penyebab poliuria juga bisa berasal dari kondisi psikologis seperti rasa gugup atau kecemasan berlebih. Ada banyak sekali kondisi yang menjadi penyebab sering buang air kecil atau poliuria. Berikut yang paling umum:

1. Terlalu banyak minum

Air putih penting bagi kesehatan, tapi terlalu banyak minum justru bisa menjadi penyebab sering buang air kecil. Ini disebabkan karena ginjal berusaha mengeluarkan cairan berlebih untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minumlah sedikitnya delapan gelas air putih dalam sehari. Tidak perlu cemas kekurangan cairan, sebab Anda dapat menambah asupan cairan dari makanan berkuah, sayuran, dan buah-buahan.

2. Diabetes

Penderita diabetes sering buang air kecil dengan jumlah banyak. Hal ini terjadi karena penderita diabetes mempunyai kadar gula darah yang tinggi. Ginjal berusaha keras menyaring darah dan menyerap kembali gula yang masih diperlukan tubuh. Lambat laun, ginjal akan kesulitan menyaring darah sehingga gula ikut keluar bersama urine. Gula dalam urine menarik lebih banyak cairan sehingga urine yang terbentuk pun lebih banyak. Akibatnya bisa jadi mengalami satu dari banyak jenis inkontinensia urine yang ditemukan pada pengidap diabetes.

3. Infeksi saluran kemih

Penyebab sering buang air kecil lainnya adalah infeksi pada sistem perkemihan. Ketika terjadi infeksi, kandung kemih tidak dapat menampung urine secara optimal. Kandung kemih pun menjadi cepat penuh sehingga Anda terus-menerus ingin kencing. Jika Anda terkena infeksi kandung kemih, Anda kemungkinan akan mengalami gejala lain seperti rasa nyeri saat buang air kecil, mendadak ingin buang air kecil dengan interval sering yang bisa mengindikasikan terkena salah satu jenis inkontinensia urine, serta urine yang berbau menyengat. 

Gejala-gejala tersebut dapat menandakan masalah kesehatan yang lebih serius. Jika mengalaminya, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui kenapa gejala ini terjadi. Bisa jadi juga ini waktunya memakai pad dewasa dengan perekat. Seperti Confidence yang memiliki dua jenis popok yang nyaman digunakan, yaitu popok perekat untuk lansia dengan kondisi tirah baring dan popok celana bagi lansia yang masih aktif.
 
Untuk lansia yang masih aktif, gunakan Confidence Pants yang memiliki bahan lycra sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh, daya serap hingga 6x lebih banyak dan SAP anti bakteri untuk menghindari dari iritasi.
 
Sedangkan bagi lansia dengan kondisi berbaring atau bedridden, gunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night di mana 2 popok di siang hari dan 1 popok di malam hari. Dengan Diamond Core Technology menyerap lebih cepat, halal dan teruji klinis, daya serap yang pas untuk kebutuhan siang dan malam, sehingga memberikan kenyamanan 24 jam bagi Kesayangan.
 
Confidence Popok Dewasa juga teruji klinis hypoallergenic oleh Australian Dermatologist, sehingga aman untuk digunakan pada kulit sensitif sekalipun. Confidence Popok Dewasa, kenyamanan ekstra buat pasien pengidap gangguan inkontinensia urine. Confidence Popok Dewasa bisa dibeli di minimarket, supermarket dan e-commerce pilihan Caring People.