Penyebab Inkontinensia Urin

Alasan Gejala Infeksi Saluran Kemih Rentan Terjadi Pada Wanita

5 menit baca

Walaupun dapat terjadi pada kedua gender, infeksi saluran kemih memang faktanya lebih rentan terjadi pada wanita. Ini semua disebabkan oleh beberapa alasan, dan dalam artikel kali ini kita akan mengupas alasan gejala infeksi saluran kemih rentan terjadi pada wanita. Selain itu, kita juga akan membahas satu per satu faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab menyebarnya bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran kemih pada wanita.

Infeksi Saluran Kemih pada wanita terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke dalam traktus urinarius melalui uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih. Meskipun sistem berkemih telah didesain untuk menghambat masuknya bakteri, kadang-kadang mekanisme pertahanan tersebut gagal. Hal ini dapat terjadi pada saat kondisi tubuh Anda sedang tidak fit. Akibatnya, terjadi infeksi di dalam saluran kemih.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Melansir Healthline, infeksi saluran kemih adalah penyakit yang muncul karena infeksi bakteri E.coli di kandung kemih dan uretra. Sebenarnya, bakteri E.coli membantu sistem pencernaan manusia, tetapi ketika bakteri tersebut masuk ke area saluran kemih, justru bisa menimbulkan infeksi. 

Ketika gejala infeksi saluran kemih menyerang, umumnya penderita akan mengalami beberapa indikasi. Seperti muncul sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil, meningkatnya frekuensi buang air kecil namun setiap dilakukan urine yang keluar tidak banyak, atau yang lebih kronis adalah urine yang keluar berwarna pekat atau bahkan berdarah. 

Penyakit ini tak bisa disepelekan karena bisa mengancam keselamatan jiwa jika bakteri yang menginfeksi kandung kemih berpindah ke ginjal. Sebab, bakteri bisa menginfeksi ke dalam darah. Ketika hal ini terjadi, penderitanya bisa mengalami tekanan darah rendah yang berbahaya, syok, hingga akhirnya mengakibatkan kematian. Mari kita bahas penyebab infeksi saluran kemih pada wanita bisa terjadi.

Yang pertama adalah karena bentuk anatomi dari tubuh wanita itu sendiri. Wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih karena memiliki uretra yang lebih pendek ketimbang pria. Letak uretra wanita sangat dekat dengan vagina dan anus. Dengan jarak uretra yang lebih pendek, maka bakteri juga lebih mudah berpindah dari vagina dan anus ke kandung kemih sehingga menjadi penyebab infeksi saluran kemih.

Selain itu, infeksi saluran kemih pada wanita juga sering terjadi pada istri di pernikahan akibat hubungan seksual. Saat berhubungan, penis akan melakukan penetrasi ke dalam lubang vagina. Penetrasi memberikan tekanan ke kandung kemih dan bisa turut memindahkan bakteri dari sekitar anus ke dalam kandung kemih. Untuk mengurangi risiko ini, sebaiknya wanita buang air kecil setelah melakukan seks, sehingga bisa mendorong bakteri yang mungkin ada keluar dari saluran kemih. Dan yang mungkin sering dilupakan oleh sebagian wanita adalah kondisi kebersihan vagina itu sendiri. 

Terkadang, gejala infeksi saluran kemih juga muncul karena kebersihan area kewanitaan yang kurang terjaga. Hal ini sangat rentan menimbulkan bakteri yang bisa masuk ke kandung kemih. Selain itu, pola membilas yang tidak tepat juga bisa memungkinkan bakteri bukannya keluar dari tubuh justru masuk ke tubuh. Contohnya, membilas area kewanitaan dari belakang ke depan. Hal ini memungkinkan bakteri di anus masuk ke vagina.

Pampers Dewasa Confidence, Solusi untuk Penderita Infeksi Saluran Kemih

Jika infeksi sudah mengganggu kegiatan sehari-hari, ada baiknya kita persiapkan pampers terbaik untuk dewasa yang bisa melindungi kita saat beraktivitas. Confidence memiliki dua jenis popok dewasa yaitu popok perekat untuk lansia dengan kondisi tirah baring dan popok celana bagi lansia yang masih aktif.

Untuk yang masih aktif, gunakan Confidence Pants yang memiliki bahan lycra sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh, SAP anti bakteri untuk menghindari dari iritasi dan ekstra daya serap 6 kali sehingga tahan bocor.

Sedangkan bagi yang harus mengalami kondisi berbaring atau bedridden, gunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night di mana 2 popok di siang hari dan 1 popok di malam hari. Dengan Diamond Core Technology menyerap lebih cepat dan daya serap yang pas untuk kebutuhan siang serta malam.

Dapatkan Confidence di minimarket, supermarket atau e-commerce pilihan untuk aktivitas seharian super nyaman dan bikin pede!