Stroke

Waspada Penyebab Gejala Stroke Ringan Pada Lansia

5 menit baca

Salah satu efek dari bertambahnya usia adalah melemahnya fungsi tubuh seperti tungkai kaki yang tidak kuat berjalan jauh atau ingatan yang berkurang. Namun jika hal ini terjadi setiap hari dan mulai mengganggu aktivitas, bisa jadi itu adalah indikasi gejala stroke ringan. Kalau tidak dilakukan tindak preventif secepatnya, ini bisa merembet ke mana-mana. Stroke ringan juga bisa terjadi dari inkontinensia urine pada lansia yang jadi penyebab tidak dapat menahan kencing.

Saat umur bertambah, memang ada beberapa hal yang dari tubuh kita yang melemah. Lemahnya tubuh ini memang natural terjadi. Namun ada beberapa hal di mana penurunan fungsi tubuh ini menjadi indikasi dari masalah yang lebih krusial. Salah satu yang sering kita acuhkan namun sebenarnya penting untuk diantisipasi lebih dalam adalah munculnya gejala stroke ringan.

Mungkin beberapa hal dari gejala stroke ringan sering dianggap sesuatu yang normal. Misal tungkai kaki yang tidak lagi mudah dipakai jalan, kandung kemih menua yang menjadi penyebab tidak dapat menahan kencing, hingga sering lupa akan sesuatu. Namun jika gangguan ini sering datang dan mengganggu aktivitas, ada baiknya kita mulai melakukan konsultasi ke dokter.

Mengenal Stroke Ringan pada Lansia

Stroke pada lansia adalah penyakit yang perlu diwaspadai. Pasalnya, stroke bisa berakibat fatal, termasuk inkontinensia urine pada lansia hingga kematian. Maka dari itu, perawatan dengan segera sangat penting untuk mengurangi kerusakan otak dan komplikasi lainnya. Ketahui penjelasan lengkap mengenai penyebab, gejala, hingga pengobatannya. Menyepelekan indikasi terjadinya stroke ringan malah akan memperparah implikasi penyakit ini kedepannya.

Stroke adalah kondisi medis serius, saat suplai darah ke bagian otak terputus. Penyebab utamanya adalah ketika pembuluh darah tersumbat atau karena perdarahan otak. Mengutip Medical University of South Carolina, 75% kasus stroke terjadi pada lansia berusia 65 tahun ke atas. Sementara itu, risiko gejala stroke ringan meningkat dua kali per dekadenya setelah seseorang menginjak usia 55 tahun.

Penyebab Gejala Stroke Ringan dan Resikonya

Penyebab lansia lebih berisiko mengalami gejala stroke ringan adalah karena semakin banyak penyakit kronis yang dialami. Misalnya, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi. Belum lagi, fungsi tubuh yang semakin menurun juga turut menyumbang naiknya risiko penyakit kronis. Penyakit seperti inkontinensia urine pada lansia juga bisa menjadi gerbang awal sebelum gejala stroke ringan muncul, sehingga ketika sudah merasa sering sulit menahan kencing harus diwaspadai.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang meningkatkan potensi terkena stroke ringan, seperti jenis kelamin. Pria memiliki potensi mengalami stroke yang lebih tinggi ketimbang wanita. Namun, wanita lansia lebih berisiko mengalami stroke. Seseorang juga akan lebih berisiko mengalami stroke apabila memiliki orang tua atau anggota keluarga lainnya dengan riwayat penyakit yang sama. Gaya hidup tidak sehat seperti kelebihan berat badan (obesitas), merokok, dan jarang berolahraga turut meningkatkan risiko gejala stroke ringan pada lansia.

Gejala stroke ringan memang harus ditangani dengan serius, karena efeknya akan melebar ke mana-mana jika luput ditangani. Gejala stroke ringan juga jadi penyebab tidak dapat menahan kencing bagi lansia. Supaya tetap lancar beraktivitas dan tidak merasa risih saat mengompol, langsung aja gunakan Confidence.

Confidence memiliki dua jenis popok terbaik untuk dewasa yaitu popok perekat untuk lansia dengan kondisi tirah baring dan popok celana bagi lansia yang masih aktif.

Untuk lansia yang masih aktif, gunakan Confidence Pants yang memiliki daya serap 6x lebih banyak. Confidence Pants dengan bahan Lycra yang elastis sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh seperti memakai celana dalam biasa dan SAP anti bakteri untuk menghindari dari iritasi serta cocok untuk kulit sensitif.

Sedangkan bagi lansia dengan kondisi berbaring atau bedridden, gunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night di mana 2 popok di siang hari dan 1 popok di malam hari. Dengan Diamond Core Technology menyerap lebih cepat, halal dan teruji klinis, daya serap yang pas untuk kebutuhan siang dan malam, sehingga memberikan kenyamanan 24 jam bagi Kesayangan.

Jadi, ketika Anda sedang mengobati gejala stroke ringan, selalu gunakan Confidence aja. Biar aktivitas lancar seharian!