Diabetes

Yuk Ajak Kesayangan Rasakan Manfaat Senam Kaki Untuk Diabetes

5 menit baca
Yuk Ajak Kesayangan Rasakan Manfaat Senam Kaki Untuk Diabetes

Mungkin kita sering meremehkan manfaat dari berolahraga. Padahal, banyak sekali efek baik yang bisa kita dapatkan jika berolahraga secara rutin. Namun olahraga sering dinilai menyusahkan karena banyaknya waktu yang harus dialokasikan. Salah satu olahraga yang baik untuk lansia yaitu senam kaki.

Senam Kaki, Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes

Tahukah Anda bahwa salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk pengidap diabetes adalah senam kaki? Nah, gerakan senam tertentu pada kaki tak hanya bermanfaat untuk mengatasi gejala diabetes, tetapi juga mengurangi risiko terkena komplikasi.

Senam kaki pun tidak harus dilakukan dalam jumlah waktu lama, cukup 20-30 menit selama 5 kali seminggu. Manfaat senam kaki untuk diabetes juga banyak dan bisa menjadi alternatif dalam mengatur kadar gula bagi pasien diabetes.

Dilansir dari situs American Diabetes Association, berikut adalah efek berolahraga untuk penderita diabetes yaitu sensitivitas insulin akan meningkat sehingga sel otot lebih mampu memproses insulin yang tersedia untuk menggunakan glukosa selama dan setelah aktivitas.

Ketika otot berkontraksi selama olahraga, sel tubuh dapat mengambil glukosa dan menggunakannya sebagai energi, baik dengan adanya insulin atau tidak. Singkatnya, kedua efek tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, energi serta daya tahan tubuh akan meningkat sehingga terhindar dari risiko berbagai komplikasi diabetes seperti masalah jantung dan gejala stroke ringan pada lansia. Menurut P2PTM Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut manfaat senam kaki untuk diabetes:

● Meningkatkan sirkulasi darah

● Memperkuat otot-otot kecil kaki

● Mencegah kelainan pada bentuk kaki

● Menjaga kelenturan sendi agar tidak kaku

● Menurunkan risiko komplikasi diabetes seperti penyakit jantung dan hipertensi

Langkah-Langkah Senam Kaki untuk Diabetes

Sebenernya, bagaimana sih gerakan yang dianjurkan untuk meraup manfaat senam kaki untuk diabetes? Senam kaki biasanya membutuhkan waktu 20-30 menit saja. Tak hanya mudah, Anda pun tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk melakukan aktivitas fisik ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti saat melakukan senam kaki untuk diabetes:

  • Posisikan tubuh terlebih dahulu. Senam kaki ini bisa dilakukan dengan posisi duduk. Pilih posisi yang paling nyaman bagi Anda.
  • Selanjutnya, pastikan telapak kaki menyentuh lantai. Tahan tumit di lantai dan gerakkan jari-jari kaki ke atas dan bawah. Ulangi langkah ini setidaknya 20 kali.
  • Setelah itu, tetap pertahankan tumit di lantai. Gerakkan telapak kaki dengan arah memutar sebanyak 20 kali.
  • Kemudian, angkatlah kedua kaki dengan posisi sejajar. Tidak perlu terlalu tinggi. Lalu, turunkan lagi kaki ke lantai. Ulangi langkah ini sebanyak 20 kali.
  • Langkah berikutnya, angkat kembali kedua kaki. Namun kali ini usahakan untuk menahan kedua kaki di udara. Gerakkan telapak kaki ke depan dan belakang seperti sedang berenang. Ulangi setidaknya 20 kali.
  • Turunkan satu kaki saja, dan biarkan kaki yang lainnya tetap terangkat dengan posisi lurus. Gerakkan pergelangan kaki dengan cara memutar sebanyak 20 langkah.

Menjaga pola hidup sehat seperti mendapatkan manfaat senam kaki untuk diabetes adalah penting, karena bisa mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut seperti gejala stroke pada lansia. Untuk menunjang aktivitas Kesayangan, sebaiknya sedia popok dewasa Confidence.

Confidence merupakan brand popok dewasa nomor satu di Indonesia dengan kualitas terbaiknya, menjadi solusi untuk para lansia yang memiliki masalah inkontinensia urine.

Confidence Popok Dewasa terdiri dari beberapa jenis disesuaikan dengan kebutuhannya. Confidence tipe perekat untuk kondisi tirah baring atau bedridden yaitu Confidence Classic Day, Classic Night dan Premium Night. Dengan diamond core technology menyerap cepat kering, daya serap hingga 6x, serta dilindungi pelindung samping. Khusus varian night atau malam, dilengkapi ekstrak aloe vera sehingga aman bagi kulit sensitif.

Untuk tipe celana, Confidence Pants memiliki daya serap hingga 6x dan berbahan Lycra yang elastis sehingga pas di badan dan mengikuti bentuk tubuh seperti memakai celana dalam biasa. Confidence Pants juga dilengkapi oleh SAP antibakteri yang mencegah tumbuhnya bakteri pada area sensitif Kesayangan.

Seluruh produk Confidence sudah teruji klinis hypoallergenic tested oleh Australian Dermatologist, sehingga aman untuk digunakan pada kulit sensitif sekalipun. Confidence juga telah tersertifikasi halal. Confidence Popok Dewasa menjadikan Kesayangan tetap aktif dan Berani Lebih Pede setiap harinya. Dapatkan produk Confidence melalui toko terdekat, e-commerce, minimarket dan supermarket.