Diabetes

Kenali Gejala Gula Darah Tinggi dengan Mudah

5 menit baca
Kenali Gejala Gula Darah Tinggi dengan Mudah

Kita sering mendengar istilah gula darah tinggi. Namun, kalau kita perhatikan dengan lebih jauh banyak dari mereka yang memiliki gula darah tinggi tidak terlihat sakit - setidaknya secara fisik. Ada dari mereka yang sering berolahraga dan memiliki figur badan ideal namun masih juga mengalami kadar gula darah di atas ambang normal. Karenanya, penting untuk kita mengenali gejala gula darah tinggi.

Kadar Gula Darah Tinggi Adalah

Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi yang umum terjadi pada pasien diabetes melitus. Oleh karena itu, hendaknya setiap orang, baik Anda yang memiliki diabetes, prediabetes, maupun yang masih merasa sehat sekalipun, mengenali dengan baik seperti apa ciri-ciri gula darah tinggi. Pemahaman tentang apa itu gula darah juga bisa menjadi basis pengetahuan yang penting sebelum kita mulai mengatasi gejala gula darah tinggi.

Sedikit pengertian mengenai gula darah. Darah di dalam tubuh tidak hanya mengandung oksigen tapi juga glukosa. Glukosa adalah gula sederhana yang terbentuk dari pemecahan karbohidrat dalam makanan. Glukosa akan dialirkan dalam darah menuju setiap sel dan jaringan untuk dipecah menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas.

Batasan Gula Darah Normal

Batasan kadar gula yang normal dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 140 mg/dl dalam 2 jam setelah makan. Kadar gula darah bisa saja naik dan turun tergantung waktu, perubahan kondisi tubuh, atau pemicu lainnya. Angka kadar gula darah sudah melonjak tinggi lebih dari batas wajar dapat menandakan kondisi prediabetes, atau memasuki diabetes tahap awal. Penting untuk kita menurunkan gula darah tinggi saat sudah terindikasi mengalami gejala gula darah tinggi.

Cara Mengenali Gejala Gula Darah Tinggi

Nah, sebenernya gimana sih cara mengenali gejala gula darah tinggi?

1. Sering Merasa Haus dan Harus Buang Air Kecil

Ciri-ciri gula darah tinggi yang mungkin pertama kali Anda sadari pada awalnya adalah cepat haus. Haus adalah sensasi yang wajar, pertanda tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan asupan cairan. Namun, cepat haus dapat menjadi gejala gula darah tinggi jika tidak juga hilang meski Anda sudah banyak dan sering minum.

Glukosa yang berlebihan akan membuat urine mengental. Maka sebagai cara mengencerkan urin yang mengental, otak akan mengirimkan sinyal “rasa haus” agar Anda cepat minum. Karena kadar gula dalam darah sudah terlalu banyak, Anda otomatis akan ingin untuk minum lebih banyak. Semakin banyak Anda minum, semakin sering pula buang air kecil. Gejala gula darah tinggi ini juga sering terjadi di malam hari sehingga mengganggu tidur.

2. Sering Merasa Lelah

Gejala gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai selain merasa haus terus-menerus adalah mudah lelah. Gula adalah sumber utama energi di dalam tubuh. Jika gula darah tinggi, harusnya energi yang dimiliki tubuh semakin banyak.

Pada kenyataannya, tubuh justru tidak mampu untuk mengolah gula darah yang sudah berlebih karena fungsi hormon insulin yang membantu menyerap gula dalam darah terganggu. Akhirnya, gula malah menumpuk terlalu banyak dalam darah dan tidak bisa terpakai sebagai energi.

3. Penglihatan Kabur

Gejala gangguan mata yang paling sering dirasakan orang dengan kadar gula tinggi adalah pandangan kabur. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penglihatan kabur secara sementara. Hal ini disebabkan oleh lensa mata yang membengkak. Jika gula darah dikendalikan, kemampuan penglihatan pun akan membaik.

Lalu, bagaimana cara kita menurunkan gula darah tinggi? Gejala gula darah tinggi bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Apabila mengalami salah satu atau beberapa gejala yang dicurigai sebagai tanda-tanda gula darah tinggi, segera cek gula darah Anda. Selain itu, perubahan yang konsisten terhadap gaya hidup bisa menjadi cara menurunkan gula darah tinggi.

Contohnya dengan rutin berolahraga. Terdapat jenis olahraga yang cukup baik untuk membantu menurunkan gula darah tinggi seperti berjalan atau berlari santai; berenang karena kita bisa menggerakkan seluruh anggota tubuh kita secara bersamaan; atau bersepeda untuk melatih ketangguhan fisik. Menjaga pola makan dengan selalu berpusat pada nutrisi seimbang juga bisa jadi cara yang ampuh. Kalau sudah tervonis mengidap diabetes, maka mengonsumsi obat dengan teratur dan cek gula darah secara berkala bisa menurunkan gula darah tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu gejala gula darah tinggi adalah sering buang air kecil. Hal ini akan cukup sulit diatasi oleh para orangtua sehingga informasi popok dewasa sebaiknya didapat untuk berjaga-jaga. Selalu sediakan juga popok dewasa untuk orang tua yang aman.

Pilihlah popok untuk dewasa yang terbaik bagi orang tercinta. Confidence popok untuk dewasa terbaik yang memberikan kenyamanan ekstra bagi para lansia. Confidence popok untuk dewasa memiliki 2 jenis popok, yaitu popok dengan perekat dengan kondisi lansia yang tirah baring, serta popok celana bagi lansia yang masih aktif.

Untuk lansia yang masih aktif, gunakan Confidence Pants yang memiliki bahan lycra sehingga dapat bergerak bebas mengikuti bentuk tubuh dan SAP anti bakteri untuk menghindari dari iritasi.

Sedangkan bagi lansia dengan kondisi berbaring atau bedridden, gunakan Confidence Classic Day dan Confidence Classic Night di mana 2 popok di siang hari dan 1 popok di malam hari. Dengan Diamond Core Technology menyerap lebih cepat, halal dan teruji klinis, daya serap yang pas untuk kebutuhan siang dan malam, sehingga memberikan kenyamanan 24 jam bagi Kesayangan.

Berikan yang terbaik bagi Kesayangan dengan Confidence, agar mereka selalu aktif dan Berani Lebih Pede.