Diabetes

Jaga Tekanan Gula Darah, Jaga Pola Hidup Sehat

5 menit baca
Jaga Tekanan Gula Darah, Jaga Pola Hidup Sehat

Pengendalian kadar gula darah penting untuk menjaga pola hidup sehat. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah komplikasi yang dapat timbul akibat kadar gula darah tinggi, seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, hingga kerusakan ginjal. Cara menurunkan gula darah pun bisa dengan berbagai metode. Bagi orang yang sehat atau memiliki risiko rendah terkena diabetes, cara mengendalikan gula darah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Sementara itu, bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi terkena diabetes, cara menurunkan gula darah umumnya dilakukan dengan penerapan gaya hidup sehat dan konsumsi obat-obatan. Ini karena ada perlakuan khusus yang harus diberikan agar kadar gula darah tetap seimbang untuk para pengidap diabetes. Seperti apa caranya menjaga pola hidup sehat yang juga berfungsi sebagai cara menurunkan gula darah?

1. Menjalani pola makan dengan gizi seimbang

Konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, tidak hanya baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian tetapi juga metode tepat sebagai cara menurunkan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Rekomendasi asupan serat yang perlu dipenuhi adalah 25–32 gram untuk wanita dan 30–35 gram untuk pria.

2. Berolahraga secara rutin

Olahraga merupakan bagian penting dalam mengendalikan gula darah. Saat berolahraga, hormon insulin membawa gula darah ke dalam otot agar bisa mendapatkan energi untuk bergerak. Alhasil, kadar gula darah pun akan turun. Namun, bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung, disarankan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik Anda.

3. Mengurangi stress

Stress akibat pekerjaan? Atau ada sesuatu yang harus diurus? Jangan sampai kemudian ini mengganggu kesehatanmu! Stress berkepanjangan berdampak pada peningkatan kadar gula darah karena hormon kortisol yang dikeluarkan tubuh saat seseorang sedang stress dapat mempengaruhi kinerja insulin. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengendalikan stres agar kadar gula darah tetap normal.

4. Kendalikan dengan obat-obatan

Untuk para pengidap diabetes, kadang memang diharuskan untuk mengonsumsi obat-obatan antidiabetes jika berbagai cara di atas ternyata tidak berhasil sebagai cara menurunkan gula darah. Namun, penggunaan obat antidiabetes tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter. Obat ini biasanya dianjurkan pada penderita yang sudah terdiagnosis diabetes untuk mencegah komplikasi, misalnya gagal ginjal, kerusakan mata, atau kerusakan saraf pada kaki dan tangan.

Mengatur kadar gula darah dan menjaga pola hidup sehat ini memang penting kita lakukan agar saat kita menapaki fase lanjut usia kita tidak perlu mengalami gangguan kesehatan, terutama dalam aspek pengendalian urine saat buang air. Namun jika terdapat gejala tersebut, jangan khawatir! Karena Confidence ada dengan berbagai ukuran diapers dewasa yang siap menjaga aktivitas sehari-hari lansia.

Pilih dengan bijak diapers dewasa untuk lansia. Berikan kenyamanan ekstra bagi lansia dengan Confidence Diapers untuk dewasa terbaik. Disesuaikan dengan kebutuhannya Confidence Diapers untuk dewasa punya 2 jenis diapers. Untuk kondisi lansia tirah baring gunakan diapers dengan perekat dan Confidence Pads.

Confidence Pads memberikan kenyaman ekstra bagi lansia kondisi tirah baring karena memiliki permukaan berbahan Lycra membuatnya sangat nyaman digunakan. Kenyamanan ekstra adalah hadiah kecil untuk para lansia.

Untuk kondisi lansia yang masih aktif beraktivitas Confidence diapers celana cocok mendukung aktivitas sehari hari lansia aktif. Berikan yang terbaik bagi Kesayangan dengan Confidence, agar mereka selalu aktif dan Berani Lebih Pede.