Alzheimer

Perlu Tahu! Inilah Tips Merawat Kesayangan dengan Alzheimer

5 menit baca
Perlu Tahu! Inilah Tips Merawat Kesayangan dengan Alzheimer

Alzheimer umumnya terjadi pada seseorang yang berusia di atas 60 tahun atau kelompok lanjut usia. Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku.

Penurunan daya ingat tentu akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari Kesayangan dengan alzheimer. Penanganan yang tepat dapat memperlambat pergerakan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

Merawat dan berkomunikasi dengan Kesayangan yang mengalami alzheimer tentu membutuhkan kesabaran, pemahaman dan keterampilan untuk mendengarkan dengan baik apa yang diinginkan. Caring People yang merawat Kesayangan dengan alzheimer juga membutuhkan tenaga dan ketelitian.

Tak perlu bingung, coba simak beberapa tips merawat Kesayangan yang menderita alzheimer dari Confidence berikut ini.

Merawat Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh Kesayangan tentu adalah hal utama yang harus diperhatikan agar selalu merasa nyaman, bersemangat dan percaya diri dalam beraktivitas. Kesayangan dengan alzheimer mungkin saja jarang mandi, gosok gigi dan sebagainya karena lupa. Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, perhatikan juga kebersihan gigi dan gusi Kesayangan untuk membantu makan dan minum dengan nyaman. Memastikan kondisi gigi atau gusi dapat dilakukan dengan mengontrol secara rutin kepada dokter gigi.

Beberapa hal yang bisa Caring People terapkan antara lain:

  1. Mandi setiap hari
  2. Gunakan sabun yang lembut untuk kulit Kesayangan yang sensitif agar tidak menimbulkan iritasi kulit
  3. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut
  4. Cukur kumis dan jenggot secara rapi bagi Kesayangan pria
  5. Setelah selesai mandi, keringkan tubuh dengan handuk

Perhatikan Pola Makan

Salah satu gejala alzheimer yang terlihat jelas adalah sering lupa. Karena itu, memperhatikan pola makan penderita alzheimer sangat penting agar tetap memenuhi nutrisi harian. Dengan memperhatikan pola makan akan menghindarkan Kesayangan dengan alzheimer dari dehidrasi dan kekurangan nutrisi atau malnutrisi.

Beberapa hal yang perlu Caring People perhatikan antara lain:

  1. Buat jadwal makan harian
  2. Dampingi Kesayangan saat makan
  3. Berikan makanan yang mudah dicerna seperti sup, bubur atau nasi tim
  4. Sisipkan asupan sayur, buah dan ikan kaya nutrisi agar terhindar dari komplikasi alzheimer dan penyakit lain.
  5. Berikan suasana yang kondusif saat makan, seperti mematikan televisi dan radio sementara waktu

Rutin Latihan dan Aktivitas Fisik

Kesayangan dengan alzheimer membutuhkan latihan dan aktivitas fisik rutin. Hal ini untuk mendorong mobilitas, meningkatkan sirkulasi, mencegah kekakuan otot, membantu relaksasi dan mengurangi depresi Kesayangan. Konsultasikan dengan dokter, terapis okupasi atau ahli fisioterapi untuk menentukan jenis latihan yang tepat.

Caring People juga dapat mengajak Kesayangan melakukan kegiatan sehari-hari seperti melipat baju. Lakukan juga beberapa kegiatan yang dapat menyenangkan Kesayangan seperti berjalan santai di lingkungan sekitar rumah, bermain kata atau puzzle, mendengarkan musik atau tebak lagu.

Tidur Malam yang Cukup

Kesayangan dengan alzheimer membutuhkan istirahat cukup dan berkualitas. Namun, kondisi alzheimer seringkali menyebabkan kesulitan tidur. Agar durasi tidur malam tetap terjaga, batasi tidur siang, kurangi asupan cairan di malam hari, serta hindari memberikan minuman berkafein seperti teh atau kopi.

Jaga Kesehatan Mental

Untuk menjaga kesehatan mental Kesayangan dengan alzheimer, Caring People dapat memastikan mereka mendapatkan kasih sayang dan dipedulikan oleh orang-orang terdekatnya. Meski sulit, seringlah berkomunikasi dengan Kesayangan dan beri motivasi agar tetap bersemangat.

Ciptakan Kehangatan

Kedinginan adalah salah satu risiko kesehatan yang serius bagi Kesayangan yang tidak aktif dan memiliki sirkulasi buruk. Karena itu, pastikan Kesayangan dengan alzheimer mengenakan pakaian sesuai cuaca. Periksa kondisi ruangan atau kamar agar tidak terlalu dingin.

Bagi Kesayangan dengan kondisi alzheimer yang juga memiliki keluhan inkontinensia urin, selalu sediakan Confidence sebagai solusi terbaik inkontinensia urin. Gunakan Confidence Pants untuk Kesayangan yang aktif dan Confidence Perekat untuk Kesayangan dengan kondisi tirah baring.

Confidence Pants Ekstra Serap dan Confidence Perekat Classic Night Ekstra Serap & Kering sekarang kemasannya baru, Caring People! Dengan ekstra daya serap hingga 12 jam, Kesayangan bisa lebih percaya diri saat menjalani aktivitas atau tidur di malam hari. Pilih yang terbaik untuk Kesayanganmu ya.

Referensi :

Geriatri.id - Tips Merawat Lansia Penderita Alzheimer

Halodoc - Inilah Cara-Cara Berinteraksi dan Merawat Pengidap Alzheimer

Liputan6.com - 7 Tips Merawat Lansia Penderita Alzheimer Perhatikan Gaya Hidup

Sehatq.com - Berbagai Tips Penting untuk Membantu Anda Merawat Pasien Alzheimer