Alzheimer

Merawat Lansia dengan Demensia Tidak Rumit, Ini Tipsnya!

5 menit baca
Merawat Lansia dengan Demensia Tidak Rumit, Ini Tipsnya!

Merawat Kesayangan yang mengidap demensia bukanlah hal yang mudah. Banyak hal seperti fungsi kognitif, fisik, dan mental Kesayangan yang berkurang dan membuat mereka sulit melakukan sesuatu. Terkadang hal-hal ini juga dapat membuat Caring People jengkel, lelah, kesal, hingga putus asa.

Tetapi jangan khawatir, hal ini adalah wajar dan harap diingat Caring People tidak sendiri menghadapi hal ini. Jika Caring People sudah mulai merasakan hal-hal negatif di atas, ada beberapa cara yang sebenarnya dapat dilakukan agar dapat merawat Kesayangan dengan demensia menjadi lebih mudah

Tantangan Merawat Kesayangan dengan Demensia

Seperti sudah dijelaskan di atas, demensia adalah kondisi yang menyebabkan penurunan fungsi otak berkelanjutan pada Kesayangan di usia tua. Salah satu akibat yang ditimbulkan kondisi ini adalah kehilangan ingatan pada Kesayangan, serta sulitnya berkomunikasi dengan orang lain.

Selain itu, demensia juga dapat mempengaruhi aspek psikologis Kesayangan, misalnya perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan perubahan perilaku. Hal-hal ini tentunya dapat mengganggu kehidupan sehari-hari Kesayangan dengan demensia dan menyebabkan mereka tidak dapat hidup secara mandiri.

Adapun tantangan-tantangan tersebut bisa menyebabkan Caring People mengalami kelelahan, kebingungan, sedih, frustasi, cemas, hingga depresi. Hal ini tidak hanya bisa terjadi kepada Caring People, tetapi hal ini juga dapat memengaruhi Kesayangan.

Tips Merawat Kesayangan dengan Demensia yang Bisa Dilakukan

Kesayangan yang mengidap penyakit demensia atau alzheimer tahap awal biasanya tidak membutuhkan banyak bantuan perawatan untuk melakukan kegiatan. Caring People dapat memenuhi peran sebagai support system pada tahap ini dengan membantu mereka menerima keadaan, merencanakan masa depan, serta menjaga Kesayangan tetap sehat dan positif.

Namun pada tahapan alzheimer dan demensia lanjutan, peran yang Caring People lakukan akan lebih bersifat membantu Kesayangan menjalankan kesehariannya. Sebab dalam kondisi demensia atau alzheimer tingkat lanjut, Kesayangan akan mulai mengalami kesulitan berkomunikasi, kebingungan, atau perubahan perilaku.

Agar dapat menghadapi tantangan dalam merawat Kesayangan dengan kondisi demensia atau alzheimer, berikut ini adalah beberapa cara dan tips yang bisa Caring People terapkan untuk mempermudah perawatan Kesayangan.

1. Ciptakan Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Perubahan perilaku pada Kesayangan dengan demensia atau alzheimer muncul karena memiliki sebuah pemicu, seperti rasa takut, bosan, atau mendengar suara bising. Caring People perlu memahami pemicu ini agar dapat membuat langkah antisipasi dan meminimalisir pemicu yang akan membuat Kesayangan mengalami perubahan mood atau perilaku.

Caring People bisa mengajak Kesayangan untuk melakukan kegiatan jika Kesayangan bosan atau mengajaknya mendengarkan musik. Selain itu, ada baiknya Caring People juga mengunci lemari yang berisi barang-barang berbahaya guna menghindari cedera.

Harap diingat ya Caring People, hal ini terjadi karena adanya gangguan syaraf. Ada baiknya Caring People membuat langkah-langkah preventif seperti di atas terlebih dahulu untuk menghindari cedera atau membuat Kesayangan menjadi lebih tenang.

2. Buat Cara Berkomunikasi Semakin Mudah dan Menyenangkan

Kesulitan berkomunikasi yang dialami Kesayangan dengan demensia dapat membuat Caring People dan Kesayangan sama-sama menjadi stres karena saling tidak dapat menangkap apa yang dimaksud.

Agar hal ini tidak berlarut dan membebani Caring People atau Kesayangan, ada baiknya mencoba beberapa hal ini untuk menemukan cara berkomunikasi yang tepat:

  • Bersabar dan jangan terbawa emosI, serta biarkan Kesayangan berbicara atau memberi respons
  • Berbicara dengan lembut, jelas, perlahan dan hindari meninggikan suara Caring People
  • Gunakan kalimat pendek dan kata sederhana, serta terapkan gestur isyarat atau nonverbal seperti menunjuk barang untuk membantu mengerti maksud Kesayangan
  • Jaga fokus Kesayangan saat berkomunikasi dengan mematikan suara televisi atau berhenti melakukan kegiatan
  • Jangan menanyakan memori jangka pendek Kesayangan

3. Bantu Mengatasi Gejala yang Timbul

Meskipun sulit, masalah memori atau ingatan yang dirasakan oleh Kesayangan dengan demensia atau alzheimer dapat Caring People bantu dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Membuat rutinitas harian sederhana, seperti makan, mandi, atau jadwal bertemu dokter
  • Berikan waktu lebih lama untuk Kesayangan menyelesaikan kegiatan yang dirasa sulit
  • Buat sebuah jadwal yang bisa Caring People lihat dan Kesayangan lakukan setiap hari sebagai rutinitas
  • Biarkan Kesayangan melakukan kegiatannya sendiri sesekali
  • Meletakkan benda-benda yang familiar atau memutarkan lagu yang disukai oleh Kesayangan
  • Ajak Kesayangan menjalani pola hidup sehat

4. Carilah Pertolongan jika Diperlukan

Merawat Kesayangan yang memiliki kondisi demensia atau alzheimer memang tidak mudah. Caring People pastinya juga memiliki kesibukan dan kepentingan yang harus dilakukan. Oleh karena itu, peran orang lain baik keluarga maupun lingkungan sekitar sangat penting.

Jangan pernah sungkan untuk meminta pertolongan kerabat atau tetangga untuk sekedar menunggu Kesayangan sembari Caring People menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan. Selain itu membuat kesepakatan dengan sanak saudara untuk bergantian mengurus Kesayangan juga dapat membantu Caring People untuk sekedar beristirahat sejenak.

5. Perhatikan Juga Diri Sendiri

Jika dirasa perlu dan Caring People merasakan burn out, jangan sungkan untuk menyewa jasa perawat atau pergi ke psikolog untuk mengkonsultasikan masalah ini, karena hal ini akan berpengaruh kepada perilaku dan mental Caring People.

Sempatkan untuk memperhatikan diri Caring People sehingga dapat memberikan perawatan dan perhatian yang terbaik untuk merawat Kesayangan dengan demensia atau alzheimer. Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke psikolog, Caring People dapat curhat kepada teman dekat atau sekedar ngobrol untuk bersantai dan mengeluarkan keluh kesah.

Cara lain yang juga bisa Caring People lakukan adalah bergabung dengan komunitas Kesayangan dengan demensia. Dengan mengikuti komunitas, Caring People dapat bertukar pikiran dengan lebih leluasa, mendapatkan saran dan tips untuk permasalahan merawat Kesayangan, atau hanya sekedar memberi dukungan kepada Caring People lain yang sedang merawat Kesayangan.

Baca Juga: Aktivitas Membantu Lansia Merdeka dari Demensia

Berikan Confidence Pants untuk Kesayangan dengan demensia

Jika Caring People merawat Kesayangan yang memiliki demensia atau alzheimer tetapi masih dapat beraktivitas. Caring People dapat memberikan Kesayangan Confidence Pants, popok celana dari Confidence.

Dengan menggunakan Confidence Pants, Caring People tidak perlu khawatir Kesayangan berkemih secara tiba-tiba. Confidence Pants memiliki penyerapan hingga 6x lebih cepat dan terbuat dari bahan lycra sehingga pas di badan dan mengikuti bentuk tubuh Kesayangan.

Confidence Pants juga aman untuk Kesayangan dengan kulit sensitif karena dilengkapi oleh SAP antibakteri dan telah teruji klinis oleh dermatologis di Australia, tidak menimbulkan ruam dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur pada area sensitif Kesayangan.

Demensia bukanlah sebuah pilihan, tetapi Caring People dapat membuat pilihan untuk Kesayangan dalam menjalani hari-hari.