Penyakit Umum Yang Sering Dialami Oleh Lansia

#Health
Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa semakin tua seseorang semakin mudah terserang penyakit? Memang tak bisa dipungkiri jika seandainya usia menjadi salah satu faktor banyak penyakit yang menyerang tubuh manusia. Bukan tanpa alasan, melainkan karena kemampuan organ-organ tubuh juga semakin berkurang atau turun, diimbangi lagi dengan gaya hidup yang kurang sehat di masa-masa muda. Sehingga mungkin beberapa organ dalam tubuh manusia mulai mengalami kerusakan di usia tua jadi mudah terserang penyakit. Penyakit orang tua lanjut usia ini juga terbilang sangat beragam.
Diantaranya adalah jenis penyakit ringan yang masih bisa disembuhkan, namun banyak juga diantaranya adalah penyakit berbahaya yang sudah sulit mendapatkan penanganan, sehingga terkadang di usia tua mereka hanya bisa dihabiskan dengan duduk atau berbaring di atas ranjang saja. Tentunya masih ada cara untuk bisa terhindar dari penyakit yang menyerang saat lansia tersebut, tak lain diantaranya adalah dengan mulai mengubah pola hidup saat ini menjadi lebih sehat.
Penyakit yang Umum Menyerang Lansia
Supaya semangat hidup sehat ada baiknya mengenal dulu ragam penyakit yang menyerang para lansia, dan berikut adalah yang paling sering dijumpai:
Penyakit hipertensi
Tidak dapat dipungkiri jika selama ini banyak orang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Faktanya penderita penyakit ini didominasi oleh mereka yang sudah lanjut usia, dan memang sebagian besar akan berakhir dengan kelumpuhan akibat stroke. Maka penting untuk melakukan pencegahan yakni mengurangi asupan garam dan rajin berolahraga agar jantung sehat
1. Penyakit stroke
Stroke juga banyak dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut dan biasanya diawali dengan hipertensi. Ada pula yang tidak menyadari memiliki hipertensi dan mendadak mengalami stroke, penyakit ini sebenarnya bisa sembuh. Yakni dengan konsumsi obat dan menjalani fisioterapi secara rutin, obat yang dikonsumsi pun baiknya dari dokter syaraf. Anda bisa menghindari stroke dengan menjaga kesehatan jantung sebagaimana mencegah hipertensi, sehingga terapkan gaya hidup sehat sejak dini.
2. Penyakit kanker
Apa yang Anda pikirkan tentang kanker? Kanker merupakan proses pertumbuhan sel asing dan bersifat merugikan sel lain di dalam tubuh. Pertumbuhan sel kanker ini mudah dijumpai pada mereka yang sudah berusia lanjut, hanya saja beberapa tahun terakhir memang lebih mudah dialami semua kalangan. Termasuk anak-anak dan remaja sehingga bukan hanya orang dewasa, penyebabnya disinyalir merupakan gaya hidup yang serba instan sehingga tubuh dicekoki zat kimia berbahaya. Baiknya kurangi mengkonsumsi makanan instan dan makanan cepat saji agar punya hari tua berkualitas
3. Penyakit diabetes melitus tipe 2

Dulunya para lansia kerap terancam mengalami diabetes melitus tipe 2 dan baru diketahui ketika penderita mengalami komplikasi. Inilah alasan mengapa zaman dulu banyak pasien diabetes terpaksa harus menjalani operasi amputansi. Menariknya di zaman sekarang penderita diabetes jenis ini malah terjadi secara acak dan acap kali dijumpai pada anak-anak dan juga remaja. Berhubung penyakit ini termasuk generative maka penting untuk menjaga pola makan agar tidak mengkonsumsi gula berlebihan.
4. Penyakit osteoporosis

Kurangnya kalsium membuat para lansia mudah mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Sehingga menjadi pemandangan lumrah melihat lansia berjalan sambil membungkuk karena tulang punggungnya sudah keropos. Kebanyakan dialami para wanita karena memang mengalami proses kehamilan dimana kalsium di dalam tubuhnya diserap bayi dalam kandungan. Bahkan kalsium di dalam tulang dan gigi diserap oleh jabang bayi, maka penting sekali untuk rutin minum susu dan memperbanyak asupan kalsium agar terhindar dari penyakit ini.
5. Malnutrisi
Semakin bertambah usia berat badan semakin turun bahkan kurus kering, hal ini bisa saja terjadi ketika mereka mengalami yang namanya malnutrisi, penyebabnya adalah tidak mau makan, terjadinya depresi atau mungkin pada beberapa orang kecanduan dengan alkohol, sehingga penyerapan nutrisi pada tubuh juga mengalami penurunan. Akibatnya berat badan terus turun.
6. Penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer memiliki diagnosis yang menantang, sulit untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak orang yang hidup dengan kondisi kronis ini. Kerusakan kognitif memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan lansia di seluruh spectrum, dari masalah keamanan dan perawatan diri hingga biaya beban perawatan.
7. Penyakit pernafasan
Penyakit pernapasan kronis yang lebih rendah, seperti penyakit paru obstructive kronik (PPOK), adalah penyebab kematian paling umum di antara orang berusia 65 dan lebih tua. Meskipun memiliki penyakit pernapasan kronis meningkatkan resiko kesehatan lansia dan membuat Anda lebih rentan terhadap pneumonia dan infeksi lainnya.
8. Penyakit jantung
Penyakit jantung tetap menjadi pembunuh utama orang dewasa di atas usia 65 tahun. Sebagai kondisi kronis, penyakit jantung mempengaruhi 37% pria dan 26% wanita berusia 65 tahun atau lebih. Seiring bertambahnya usia, mereka semakin hidup dengan faktor resiko, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, yang meningkatkan kemungkinan terkena stroke atau penyakit jantung.
Semakin menua usia seseorang maka tubuhnya akan semakin lemah sehingga mudah terserang penyakit. Baiknya selagi masih mudah melakukan investasi untuk mendapatkan kesehatan di usia senja yakni dengan gaya hidup yang sehat. Cobalah untuk terbiasa menikmati makanan sehat dan kenali berbagai penyakit yang mudah mengancam masyarakat zaman sekarang kemudian melakukan pencegahan. Pada dasarnya tidak tertutup kemungkinan menikmati hari tua tanpa embel-embel penyakit orangtua lanjut usia asalkan menjalani gaya hidup yang tidak merugikan.

Temukan produk yang tepat untuk Anda
dan dapatkan Free Sample nya

Tanya via WhatsApp